Catatan: Artikel ini bersifat subjektif dan bersih dari spoiler

Halo minna-san, kembali lagi bersama Nippon Club. Kali ini kami akan melakukan review salah satu film yang sebentar lagi akan menghiasi bioskop tanah air pada tanggal 3 Mei (3/5) mendatang yaitu film Koe no Katachi. Koe no Katachi atau di Indonesia ditayangkan dengan judul A Silent Voice merupakan adaptasi dari manga karya Yoshitoki Oima. Film yang diproduksi oleh Kyoto Animation ini telah dirilis di Jepang pada 2016 lalu dan berhasil menjadi box office dengan pendapatan sekitar 3,6 miliar yen (sekitar 426 milyar rupiah).

Shoya Ishida, seorang siswa SMA yang dulunya terkenal karena ia selalu mem-bully Shoko Nishimiya, siswi pindahan dan juga seorang tuna rungu. Perlakuan bully-nya di sekolah dasar ini membuat Ishida kemudian dijauhi oleh guru dan teman-temannya. Bertahun-tahun kemudian Ishida tidak mempunyai teman sama sekali dan menjadi putus asa dengan dirinya seperti anak yang tidak punya masa depan. Namun setahun kemudian Ishida mulai berpikir untuk menebus semua kesalahannya. Ishida dipertemukan kembali dengan Nishimiya dan ia merasa ini adalah kesempatannya untuk menjadi orang yang lebih baik. Masih penasaran dengan film-nya? Kalian dapat menyaksikan trailernya disini.

Itu adalah sedikit sinopsis tentang film Koe no Katachi. Kami dapat untuk menyaksikannya lebih dulu setelah pihak Moxienotion memberikan Nippon Club kesempatan untuk ikut dalam premiere film Koe no Katachi pada tanggal 27 April kemarin.



Ingin tahu lebih banyak tentang film ini? Simak review singkat kami.

+ Visual yang Memanjakan Mata

Bukan Kyoto Animation namanya kalau visualnya biasa saja. Kyoto Animation sudah terkenal akan gayanya yang khas dengan visual yang selalu memanjakan mata. Dan kali ini, mereka juga tidak lupa untuk tetap menggunakan desain asli karakter dari manganya. Visual yang diberikan sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata, namun dari trailer diatas, kalian sudah dapat melihat sekilas akan keindahan dari visual Koe no Katachi.

+ Saori Hayami

Ketika Koe no Katachi diumumkan akan menjadi sebuah film anime, tentu banyak yang bertanya-tanya tentang siapa yang akan menjadi pengisi suara Shoko, karena Shoko adalah tuna rungu, dia menjadi karakter yang sulit berbicara. Kalian akan kagum akan kemampuan Saori Hayami yang sempurna dalam mengisi suara ketika mendengarkan bagaimana Shoko berbicara.

+/- Cerita yang Padat

Koe no Katachi memiliki total komik sebanyak 7 volume. Memang terhitung tidak banyak, namun banyak yang beranggapan bahwa terlalu banyak bagian untuk diadaptasi menjadi film anime berdurasi 130 menit. Untuk yang sudah membaca manganya akan merasakan beberapa kejanggalan karena Kyoto Animation merombak beberapa bagian pada cerita yang terdapat di manga, walaupun tidak mengubah inti dari cerita. Salah satu yang terasa adalah pengembangan cerita karakter pembantu kurang dibahas di dalam film. Namun hal tersebut tertutupi karena cerita dibungkus dengan padat sehingga hal yang diubah pada film tidak begitu berdampak. Cerita yang padat juga membuat film ini terkesan lebih sederhana.

– Musik yang Biasa Saja

Musik yang mengiringi film Koe no Katachi tidak buruk, cukup sesuai dengan suasana film. Namun tidak ada satupun yang terkesan unik untuk diingat. Dan dalam beberapa adegan, musiknya terasa kurang menyatu dengan kejadian yang sedang terjadi.

Kesimpulan: + Cerita yang Lengkap dan Menyimpan Pesan

Anda butuh drama? Anda butuh komedi? Anda butuh percintaan? Anda butuh persahabatan? Anda butuh cerita tentang hidup? Semua lengkap dalam film Koe no Katachi ini. Semua menyatu memainkan perannya masing-masing dibalut dengan animasi yang indah. Anda akan merasakan menangis dan tertawa dalam rentang waktu yang tidak jauh. Koe no Katachi bukan hanya tontonan untuk para pecinta anime namun untuk semua orang. Film ini akan memberikan pesan yang berharga kepada para penonton. Jangan lupa menyiapkan tisu sebelum menonton.

Sekian artikel review dari Nippon Club. Bagi kalian yang sudah tidak sabar ingin menonton film anime Koe no Katachi, film ini akan mulai mengaduk-aduk perasaan para penonton mulai tanggal 3 Mei mendatang, jangan lupa ditonton di bioskop ya, jangan membajak. Dan terima kasih kepada pihak Moxienotion yang telah memberikan kesempatan pada Nippon Club untuk menyaksikan premiere dari film Koe no Katachi dan juga untuk segenap pihak yang terlibat dalam distribusi film ini di tanah air!


Artikel ini ditulis oleh Ponyonyon