[Liputan] Semangat Kreativitas Masih Berkobar di Hari Kedua Creators Super Fest!
J-Event - Friday, May 5, 2017 | 6:50 pm

Hai minna-san! Kembali lagi dengan tim liputan Nippon Club yang akan melanjutkan liputannya di Creators Super Fest hari kedua, di Grand Ballroom Hotel Pullman Central Park Jakarta, pada hari Minggu, 30 April 2017. Penasaran bagaimana keberlangsungan CSF di hari kedua ini? Ayo langsung simak saja liputannya ya!

Acara mulai open gate pada sekitar jam 10 pagi, di mana para pengunjung yang telah mendapatkan tiketnya bisa masuk dan mengunjungi berbagai booth para exhibitors dan creators yang telah didirikan. Yang mengikuti kompetisi cosplay yang akan dijalankan nantinya juga bisa registrasi ulang di stand dekat pintu masuk.


Antrean pembelian tiket di pagi hari

Sekitar jam 10.30, acara pertama di atas stage untuk hari kedua ini pun dimulai, yaitu acara Cosplayer Meet and Greet bersama para cosplayer dari re:ON, antara lain Franzeska Edelyn, Jeanice Ang, Matcha Mei, dan Clarissa Punipun. Para penggemar bisa bertemu langsung, meminta autograph, serta foto bersama para cosplayer ini.




Waifu Hunting Yuk!


…..Atau mau Husbando?

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan ARTFLUENCER Talk Show bersama Rahmat M Handoko dan Afif Numbo, di mana mereka membicarakan berbagai hal seputar menggambar, baik secara tradisional maupun digital. Tidak hanya berbincang soal menggambar, kedua narasumber pada sesi talkshow yang dibawakan Jeanice dan Edelyn ini juga melakukan live drawing secara digital dengan laptop dan juga secara tradisional di atas kanvas.


ARTFLUENCER Talk Show

Selang beberapa saat setelah talkshow berakhir, acara dilanjutkan dengan babak semi final dari sesi Art Duel, di mana para ilustrator yang telah lolos di babak penyisihan pada hari pertama akan mengadu kemampuan mereka dalam menggambar digital dalam waktu 20 menit sesuai dengan tema yang ditentukan secara acak. Untuk meramaikan sesi ini, para kontestan yang menggambar akan diiringi oleh lagu remix yang dibawakan DJ Lazurite!


Para MC bersama ketiga juri semi final


Yamyouw vs. Soyatu, diiringi DJ Lazurite

Juri-juri yang akan menilai hasil karya kontestan untuk babak semi final ini yaitu, Chris Lie, Dini, dan Rahmat M. Semi final dibuka dengan duel antara Yamyouw dan Soyatu yang bertemakan “Indonesia”, dan dimenangkan oleh Yamyouw yang akan maju ke babak grand final. Setelah itu, sesi ini dilanjutkan dengan duel antara Cliff dan Exilia dengan tema “Sports”, dan yang akan maju ke babak grand final melawan Yamyouw adalah Exilia! Meski kalah di babak ini, Soyatu dan Cliff akan saling berhadapan untuk memperebutkan peringkat ketiga.


Tema: Indonesia


Tema: Sports

Ada booth yang menyediakan ruang bagi para pengunjung untuk berkreasi di atas kertas

-Before-


-After-

Setelah duel sengit antara keempat ilustrator tadi, ada yang tidak kalah sengit, yaitu COSPLAY COMPETITION! Kompetisi cosplay kali ini diikuti oleh banyak kontestan yang memerankan berbagai macam karakter dari anime, manga, film, maupun game. Ada yang cosplay menjadi Vegeta, Jessie, Beauty and the Beast, D.Va, Reaper, Mashu Shielder, Jeanne Alter, dan masih banyak lagi. Bisa dilihat antusiasme dan kreativitas para peserta kompetisi ini dengan kostum-kostum mereka yang menakjubkan disertai properti tambahan yang meyakinkan karakter yang mereka peragakan.


Cosplayer-nya Beast kepanasan gak ya?

Sama halnya dengan semi final Art Duel sebelumnya, kompetisi ini juga diiringi oleh lagu-lagu, namun kali ini dibawakan oleh DJ Kazu. Adapun yang menjadi juri dalam kompetisi ini adalah cosplayer-cosplayer terkenal lokal dan internasional, antara lain Clarissa Punipun, Matcha Mei, Ying Tze, M.G., serta Hana & Baozi.


Banner re:ON Comics

Setelah Cosplay Competition berakhir, diadakan kembali Cosplayer Meet and Greet, kali ini para fans Ying Tze bisa bertemu dan meminta sign dari cosplayer asal Malaysia ini. Banyak sekali penggemar Ying Tze yang berbaris untuk bertemu langsung dengannya. Bahkan setelah turun dari panggung, kembali tercipta antrean panjang menuju booth milik Canon, di mana para fans bisa foto bersama Ying Tze dan langsung mencetak hasilnya. Bagi 10 orang pertama yang foto bersama Ying Tze bahkan akan mendapat fotonya dicetak dengan ukuran A4 oleh Canon secara gratis!



Panjangnya barisan demi bertemu langsung Ying Tze

Acara di stage pun dilanjutkan dengan babak 3rd Place Match dari Art Duel, yang akan menentukan siapa di antara Soyatu dan Cliff yang berhak mendapatkan hadiah peringkat ketiga. Kali ini, para juri yang akan menilai karya mereka adalah Chris Lie yang ditemani oleh Okita Kung dari Thailand dan John Hathway dari Jepang. Kedua tamu internasional ini berpendapat tentang uniknya duel antara ilustrator ini dan menantikan karya yang dihasilkan oleh perlombaan ini.

Dengan bertemakan “Future”, kedua kontestan tersebut menuangkan pikiran mereka mengenai masa depan. Soyatu menggambarkan seorang karakter dengan tas punggung bertangan robot, sedangkan Cliff menggambarkan suatu pemandangan kota futuristik pada malam hari. Setelah 20 menit menggambar, akhirnya Soyatu lah yang keluar sebagai pemenang ketiga Art Duel di CSF ini!


Tema: Future

Tidak lama, terlihat para kaum wanita bergerombol di dekat stage. Tentu saja, karena acara berikutnya adalah Cosplayer Workshop bersama Baozi & Hana, di mana mereka akan mengajarkan cara serta tips untuk mengaplikasikan make-up, terutama bagi para cosplayer. Mereka langsung mempraktikkannya dengan mendandani seorang wanita di atas panggung.



Hana & Baozi sedang mendandani seorang wanita

Setelah Cosplayer Workshop bersama Baozi dan Hana, acara di atas panggung dilanjutkan dengan penampilan oleh grup idol Shojo Complex yang membawakan beberapa lagu. Salah satu lagu yang mereka bawakan, Justice Knight, akan digunakan menjadi soundtrack di film “Bima Satria Heroes – Revenge of Darkness” yang tayang mulai pada 4 Mei 2017.


Penampilan Shojo Complex


SAKUR4 dari Shojo Complex membawakan lagu “Justice Knight”

Di sela rangkaian acara di Creators Super Fest ini, kami juga menyempatkan diri untuk bertanya-tanya kepada beberapa pengunjung dan creator tentang acara ini. Salah satunya adalah dari booth creator bernama FPS. Menurutnya acara ini cukup ramai dan banyak pengunjungnya, serta terkumpul ratusan creator dari berbagai fandom dan variasi barang-barang yang disediakan. Dia juga positif akan ikut lagi jika ada CSF tahun depan. Sedangkan dari pengunjungnya menganggap acara ini cukup meriah dan ramai dengan lokasinya yang sejuk.




Tidak hanya hasil percetakan, ada juga lho yang lukis di kanvas!

Acara pun kemudian dilanjutkan dengan babak Grand Final dari Art Duel, yaitu duel antara Exilia dan Yamyouw! Dengan bertemakan “Space”, kedua finalis ini harus menuangkan interpretasi mereka terhadap kata space yang bisa berarti ruang secara umum, atau ruang angkasa. Setelah mereka menyelesaikan karya mereka tersebut dalam 20 menit dan menjelaskan karya mereka masing-masing, akhirnya Exilia lah yang keluar sebagai “Champion of Art Duel Creators Super Fest” yang pertama! Kemudian Exilia, Yamyouw, dan Soyatu menerima hadiah atas kemenangan mereka Art Duel Creators Super Fest ini.


Tema: Space


Dan pemenangnya adalah…. Exilia!!


Ketiga pemenang Art Duel bersama ketiga juri. Selamat ya, Exilia, Yamyouw, dan Soyatu!

Akhirnya serangkaian acara yang telah digelar di Creators Super Fest ini akan ditutup oleh penampilan oleh DJ Lazurite dan DJ Kazu pada sesi ANiBEATS. Para pengunjung pun dengan bersemangat mengikuti alunan musik remix yang dibawakan kedua DJ ini. Tidak hanya pengunjungnya saja, kedua DJ ini juga dengan semangat ikut bergerak saat mereka tampil di atas panggung. Saking semangatnya, para pengunjung juga memanggilkan encore bagi DJ Kazu untuk melanjutkan mix lagunya lagi! Setelah penampilan mereka berdua, acara Creators Super Fest pun diakhiri dengan foto bersama dan ucapan terima kasih.



DJ lazurite dan DJ kazu

Sekian liputan dari Creators Super Fest hari kedua. Kami dari Nippon Club berterima kasih kepada pihak Creators Super Fest atas kesempatannya untuk datang meliput acara ini. Kami juga berterima kasih atas egala kerja keras panitia untuk menyukseskan acara ini serta para creators dan pengunjung atas antusiasme mereka.

Buat yang belum sempat datang, tunggu saja ya beritanya untuk Creators Super Fest yang berikutnya, jadi minna-san bisa datang sebagai pengunjung, mengikuti berbagai kompetisi yang ada, atau bahkan ikut memamerkan kreativitas kalian dengan mendirikan booth!

Event ini diliput oleh Genshin dan Strylet


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Event - Monday, October 23, 2017 | 7:33 pm
J-Event - Tuesday, October 17, 2017 | 3:36 pm
J-Event - Tuesday, October 3, 2017 | 7:05 pm
J-Event - Tuesday, October 3, 2017 | 1:20 pm
Top