Halo minna, kali ini kami akan membahas salah seorang seiyuu dan penyanyi berbakat yakni Sora Amamiya! Bagi yang belum tahu dan penasaran siapa sih Sora Amamiya itu atau yang sudah tahu namanya namun ingin mengenal lebih dekat sosoknya yuk langsung saja disimak bahasan kami di bawah ini.

Sora Amamiya lahir pada 28 Agustus 1993 di Tokyo,Jepang. Gadis cantik bergolongan darah AB ini memiliki nama panggilan yakni Ten-chan. Panggilan Ten-chan didapat karena kanji pada namanya dapat dibaca juga sebagai “Ten”. Ia terkenal berkat perannya sebagai pengisi suara atau seiyuu. Awal perjalanannya menjadi seorang seiyuu berasal dari teman SMA nya yang menyukai anime. Temannya memberikan sebuah video berisi kumpulan karakter yang diisi suaranya oleh seiyuu ternama yakni Miyuki Sawashiro. Ia pun terkagum dan terinspirasi ingin mendalami dunia pengisi suara seperti Miyuki Sawashiro.

Ia memulai karirnya sebagai seorang seiyuu pada ajang 2nd Music Ray’n Super Seiyuu Audition tahun 2011 lalu dan sukses mendapat kontrak dan berada di bawah naungan agensi Music Ray’n itu sendiri. Debut awalnya sebagai seiyuu dimulai dari mengisi karakter-karakter sampingan dalam anime Aikatsu dan Shinsekai Yori. Pada tahun 2014 ia akhirnya mendapatkan peran utama pertamanya sebagai Fujimiya Kaori dalam anime Isshuukan Friends. Tak disangka ternyata perannya sebagai Fujimiya Kaori, gadis yang melupakan ingatannya setiap seminggu berhasil menarik perhatian banyak orang dan terbilang cukup sukses.

Summer 2014 menjadi musim yang melejitkan nama Sora Amamiya di bidang pengisi suara. Bagaimana tidak, pada musim ini ia memerankan 3 tokoh utama dalam 3 anime yang cukup booming saat itu. Ya, ia berperan sebagai Kirishima Touka dalam Tokyo Ghoul, Akame dalam Akame ga Kill, dan putri Asseylum dalam Aldnoah.Zero.

Pada musim-musim berikutnya ia mendapatkan cukup banyak role tokoh utama diantaranya Liones Elizabeth dalam Nanatsu no Taizai, Isla dalam Plastic Memories, dan masih banyak lagi. Namun kemampuannya sebagai seiyuu terlihat ketika harus memerankan Aqua, sang dewi konyol dalam anime komedi Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!. Perannya cukup berbeda dengan peran-peran Sora Amamiya sebelumnya. Ia yang biasanya mengisi suara karakter gadis lembut penuh drama atau gadis yang “cool” kini ditantang untuk menjadi gadis konyol yang cerewet. Tak disangka ternyata ia sukses memerankan karakter Aqua dengan sangat baik dan membuat banyak orang kagum.

Sora Amamiya pernah memenangkan penghargaan 9th Seiyuu Awards pada tahun 2015 lalu dalam kategori Best New Actress. Kategori ini diperuntukkan bagi seorang seiyuu wanita yang memulai debut dalam 5 tahun terakhir. Ia memenangkannya bersama Reina Ueda dan Aya Suzaki.

Talenta dan bakat dari Sora Amamiya tak hanya sebagai seorang seiyuu, namanya dalam dunia tarik suara juga patut diperhitungkan. Gadis yang mengidolakan ALI Project serta Aiko ini sering mengisi lagu tema dari anime yang diperankannya. Lagu yang berjudul “Kanade” yang dinyanyikannya menjadi lagu ending dari Ishuukan Friends, “Skyreach” menjadi lagu opening dari Akame ga Kill!, dan masih banyak lagi lagu-lagu yang ia nyanyikan menghiasi anime-anime yang ia perankan.

Ia juga bergabung dalam grup musik TrySail yang beranggotakan 3 orang seiyuu yakni Sora Amamiya, Momo Asakura, dan Shiina Natsuka. TrySail musim ini tampil menyanyikan lagu penutup dari Eromanga-sensei yang berjudul “Adrenaline”. Sebelumnya TrySail juga banyak menyanyikan lagu tema anime diantaranya “High Free Spirits” lagu pembuka dari High School Fleet, “Original” lagu pembuka dari Demi-chan wa Kataritai, “Cobalt” lagu pembuka dari Classroom☆Crisis, dan masih banyak lagi.

Wah nampaknya saat ini Sora Amamiya tengah menaiki tangga kesuksesannya ya. Tidak hanya sebagai seiyuu, saat ini ia juga sedang fokus pada dunia tarik suara. Semoga kedepannya kita berharap ia tetap sukses dan terus berkarya ya minna.

Source: MyAnimeList

Artikel ini ditulis oleh NeoPollutan