[Liputan] Yuk Berwisata Bersama Totoro dan Kawan-kawan Dalam Nuansa Serba Ghibli
J-Event - Sunday, August 13, 2017 | 9:27 pm

Halo minna, berjumpa lagi dengan kami tim liputan dari Nippon Club. Pada hari Kamis 10 Agustus 2017 yang lalu Nippon Club diberi kesempatan untuk menghadiri acara Media Preview dan Konferensi Pers dari The World of Ghibli Jakarta Exhibition di Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place Ballroom. Bagi kalian yang belum tahu,The World of Ghibli Jakarta Exhibition ini akan diadakan mulai 10 Agustus-17 September 2017 dan merupakan pameran Studio Ghibli pertama di Asia Tenggara dan terbesar di dunia loh! Penasaran kan mengintip ada apa saja sih disana? Yuk simak liputan kami.

Acara pertama dibuka dengan penampilan 3 personil dari JKT48 team KIII yang menyanyikan lagu Itsumo Nando Demo dari Spirited Away dan Kaze ni Naru dari The Cat Returns.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh beberapa sosok-sosok penting yang terlibat dalam hadirnya The World of Ghibli Jakarta Exhibition ini, diantaranya ada Willawati (CEO Kaninga Pictures) dan Koji Hoshino (Presiden Direktur Studio Ghibli).

Willawati (CEO Kaninga Pictures)

Koji Hoshino (Presiden Direktur Studio Ghibli)

Acara dilanjutkan dengan momen yang ditunggu-tunggu, yaitu pemotongan pita tanda dibukanya The World of Ghibli Jakarta Exhibition. Willawati dan Koji Hoshino bersama-sama melakukan pemotongan pita.

Setelah resmi dibuka, kami rekan-rekan media diberi kesempatan sebagai yang pertama untuk menikmati area Exhibitiontour ini dibagi kedalam dua tim, tim pertama dipandu oleh Presiden Direktur Ghibli yakni Koji Hoshino dan tim kedua dipandu oleh Hashida yang merupakan Public Relation dari Studio Ghibli. Tim Nippon Club tergabung dalam tim kedua.

Sekedar info, Exhibition Ghibli ini memiliki ukuran yang sama dengan Museum Ghibli di Jepang dan ruangan serta barang-barangnya besar-besar. Tahun lalu di Roppongi diadakan juga Exhibition Ghibli tapi ukurannya hanyalah 1/3 dari Exhibition di Jakarta ini. Namun karena sedikit kendala, Exhibition Ghibli di Jakarta ini belum sepenuhnya selesai dan beberapa barang masih dalam tahap pembangunan.

Begitu masuk nuansa Ghibli pun langsung terasa, area yang luas dan dipenuhi dengan benda-benda berukuran besar yang merupakan replika dari karya-karya Ghibli langsung terlihat sejauh mata memandang.

Siapa sih yang belum tahu Totoro, karya terkenal dari Ghibli. Nah di Exhibition ini ada replika dari Nekobus dan Totoro loh! Disini kita bisa berfoto bersama Totoro dan masuk ke dalam Nekobus nya juga.

Suasana di dalam Nekobus

Kemudian ada Robot Laputa dari Castle in The Sky. Robot ini ada di Museum Ghibli, Jepang juga namun disana terletak outdoor. Tinggi dari robot ini yaitu kurang lebih 5 meter. Selain robot Laputa hadir juga Flappter, pesawat yang terlihat mirip seperti capung. Pesawat ini bisa dinaiki untuk berfoto loh, namun hanya untuk anak-anak ya.

Robot Laputa

Flappter

Tak jauh dari sana ada juga pesawat berwarna merah khas Porco Rosso. Pesawat ini tampil lengkap dengan background pantai. Pesawat ini tercipta karena Hayao Miyazaki mengidolakan Caproni yang merupakan desainer pesawat asal Italia. Desain pesawat dari Miyazaki sendiri pun dibuat sesuai dengan desain asli dari Caproni. Penggunaan nama Ghibli pun diambil Miyazaki dari sebuah perusahaan pesawat di Italia yang berarti hembusan angin panas di Gurun Sahara.

Lalu ada juga sebuah papan besar yang menampilkan si gadis ikan kecil Ponyo sedang berdiri di atas gelombang air 3 dimensi. Ponyo sendiri merupakan desain model dari Kondo Katsuya dan merupakan favorit dari Miyazaki karena sangat lucu.

Karakter serangga raksasa Ohmu dalam film Nausicaä of the Valley of the Wind pun turut hadir lengkap dengan latar kawasan hutan beracunnya. Lingkaran-lingkaran pada badan karakter ini bisa berubah warna menjadi merah ketika menandakan adanya bahaya, tentunya Ohm di Ghibli Exhibition Jakarta ini juga bisa berubah warna loh.

Terakhir ada kastil dari film Howl No Ugoku Shiro atau dikenal juga dengan judul Howl’s Moving Castle. Kastil yang memiliki kaki dan dapat berpindah ini menuai pujian dari Ghibli Jepang dan ingin dibawa kesana karena detil dan desainnya yang luar biasa. Model kastil ini dikerjakan oleh Bob Saputra beserta timnya dalam waktu kurang dari sebulan.

Bob Saputra (Paling kanan) beserta tim

Perjalanan tour kami pun berakhir, sebenarnya masih banyak lagi benda-benda serta wahana yang akan dipamerkan disini, namun karena beberapa masih dalam tahap pembangunan jadi belum dapat dipamerkan. Nanti akan ada Rumah Marnie yang merupakan karya terbaru Ghibli, ada juga dari Kiki’s Delivery Service, Bathhouse Yubaba, dan ada hutan Mononoke Forest yang nantinya akan dapat dimasuki untuk berfoto-foto. Menarik ditunggu karena pastinya akan menjadi lebih keren!

Usai tour The World of Ghibli Jakarta Exhibition, acara dilanjutkan dengan sedikit talkshow terkait adanya The World of Ghibli Jakarta Exhibition ini. Talkshow ini menghadirkan Willawati,Sherina Munaf, Haruka Nakagawa, dan Tommy Fukuda yang merupakan Presiden Direktur dari perusahaan Marubeni. Setelah talkshow selesai, rekan-rekan media pun dipersilahkan untuk pulang dan The World of Ghibli Jakarta Exhibition pun dibuka untuk umum.

Antrian pengunjung yang hendak masuk pameran sesaat setelah dibuka untuk umum

Sekian liputan kami di The World of Ghibli Jakarta Exhibition kali ini. Pameran ini terbilang menyenangkan dan menambah wawasan, khususnya tentang Studio Ghibli sendiri. Menarik ditunggu ya, mungkin tidak lama lagi pembangunan akan selesai sepenuhnya dan pastinya akan jadi semakin keren dan menarik! Terima kasih telah menyimak liputan kami, sampai jumpa di artikel liputan berikutnya~

Artikel ini diliput oleh tim jurnalistik Nippon Club


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Event - Saturday, September 16, 2017 | 7:32 pm
J-Event - Tuesday, September 12, 2017 | 9:12 pm
J-Event - Friday, September 8, 2017 | 3:00 pm
J-Event - Thursday, September 7, 2017 | 5:38 pm
Top