[Liputan] Hari Kedua C3 AFA Jakarta + Hari Pertama I Love Anisong = Super Seru!
J-Event - Sunday, August 27, 2017 | 10:16 pm

Yahooo minna!! Setelah mengunjungi hari pertama C3 AFA Jakarta 2017, sekarang tim jurnalistik Nippon Club akan membawakan keseruan hari kedua C3 AFA yang disertai oleh hari pertama konser I Love Anisong, tepatnya pada hari Sabtu, 19 Agustus 2017, di Jakarta International Expo, Kemayoran. Mari kita simak liputannya!

Pada C3 AFA Jakarta 2017 hari kedua ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu Exhibition, Akiba Stage, Day Stage dan konser I Love Anisong. Yuk kita bahas satu per satu!

Pada daerah Exhibition, berbagai jenis booth didirikan, baik yang dibangun oleh pihak AFA sendiri, oleh sponsor dan partner, hingga yang didirikan oleh para kreator lokal di daerah Creators Hub. Ada AFA SHOP, Cosplay All-Star Network, re:ON Comics, NHK World TV, Lullaby Winds Shop, Black Butler, BÉDA Clo, Dango Kyoudai, Tomodachi Thailand, dan masih banyak lagi. Tidak sedikit dari booth yang ada di C3 AFA ini yang menyajikan permainan “favorit” para penggemar budaya Jepang alias Gacha, dan banyak yang telah memenangkan berbagai hadiah yang disediakan!





Keramaian C3 AFA Jakarta



Sedia cash sebelum khilaf….

Ada pula daerah Food Street yang menyediakan berbagai makanan khas Jepang, serta ada juga Afacafe, di mana pengunjung C3 AFA Jakarta bisa menikmati hidangan ditemani oleh para Maid dan Butler.



Kumpulan pesan-pesan untuk May’n dari para pengunjung C3 AFA Jakarta




Pengunjung mencoba teknologi Sonic Music Entertainment Japan!

Di sebelah pintu masuk, didirikan panggung yaitu Akiba Stage yang menghadirkan berbagai bintang tamu yang telah hadir ke C3 AFA Jakarta kali ini. Ada Cosplayer seperti DD-Tenka, M.G, Naru, dan juga Enako, penampilan oleh Domobics dan NICO NICO. Kemudian ada pula Showcase Special yang menghadirkan May’n, salah satu guest I Love Anisong untuk hari pertama, yang juga secara spesial membawakan lagu “Chase the World”, lagu pembuka pertama dari seri anime Accel World.


Para Guest Cosplayer lain merayakan ulang tahun Naru!


Berbincang dengan cosplayer asal Jepang, Enako


May’n saat Fan Meeting di booth NHK WORLD (Source: May’n Official Facebook)

Untuk bagian Day Stage, dihadirkan berbagai tamu spesial seperti Rika Abe dan Manabu Sugiyama dari FRAME ARMS GIRL, Seiyuu senior Toru Furuya, Hiroaki Kato, kemudian Satoshi Tsuruoka dan Shizuka Kurosaki dari Fate/Apocrypha. Ada pula special screening yang menayangkan Black Butler: Book of the Atlantic serta Artistes Appearance untuk konser I Love Anisong hari pertama, yaitu May’n, Tomohisa Sako, Konomi Suzuki, serta fhána.

Saat Toru Furuya tampil di atas panggung Day Stage, beliau menceritakan tentang pengalaman-pengalamannya dari seseorang yang ingin menjadi aktor namun akhirnya menjadi seorang pengisi suara terkenal sampai sekarang. Beliau juga mengisahkan kesannya saat menjalankan peran tertentu, serta mengucapkan beberapa dialog dari karakter-karakter yang beliau perankan seperti Ray Amuro (Mobile Suit Gundam), Seiya (Saint Seiya), Yamcha (Dragon Ball), Tuxedo Mask (Sailor Moon), dan Toru Amuro (Detective Conan).

Sedangkan saat showcase salah satu anime musim ini, Fate/Apocrypha, menghadirkan produsernya Shizuka Kurosaki dan pengisi suara Spartacus, Satoshi Tsuruoka. Di awal sesi ini, episode pertama dari anime ini diputarkan dan diikuti oleh cuplikan penayangan Fate/Apocrypha di Netflix Indonesia pada bulan Desember nanti. Mereka pun berbincang-bincang mengenai anime ini dan Satoshi Tsuruoka menceritakan kesannya terhadap 3 karakter dari seri Fate yang ia telah perankan, yaitu Gille/Caster (Fate/Zero), Arash (Fate/Grand Order), dan Spartacus/Berserker of Red (Fate/Apocrypha). Sesi ini pun diakhiri dengan kejutan ulang tahun Satoshi Tsuruoka yang kebetulan jatuh pada hari kedua C3 AFA ini.

Hari semakin gelap, namun semangat para penonton konser I Love Anisong semakin berkobar! Baru saja sesi terakhir pada Day Stage berakhir, langsung saja tersusun antrean yang tak sabar lagi untuk masuk ke daerah konser I Love Anisong hari pertama ini. Ketika konser akan segera dimulai, para penonton juga mulai menyediakan lightstick yang akan digunakan saat konser nanti.

Konser I Love Anisong yang juga diputar secara langsung melalui situs Niconico Douga ini pun akhirnya dibuka oleh penampilan dari May’n. May’n mengucapkan sambutan kepada para penonton dan berterima kasih atas dukungan para penggemarnya selama 15 tahun sejak debut-nya. Ia pun membawakan berbagai lagu-lagu Anisong antara lain:

  1. Scarlet Ballet (OP Hidan no Aria)
  2. Belief (OP Taboo Tattoo)
  3. Itoshisa to Setsunasa to Kokorozuyosa to (Ultra Street Fighter II / Cover Lagu Tema Street Fighter II Movie)
  4. Lion (OP2 Macross Frontier)
  5. Diamond Crevasse (ED1 Macross Frontier)

Setelah penampilan pembuka oleh May’n, yang berikutnya adalah Tomohisa Sako yang berusaha keras untuk menyapa para penonton konser I Love Anisong dengan bahasa Indonesia! Saat di sela-sela penampilannya, ia juga menceritakan kecintaannya dengan anime dan Pokémon dengan membawakan lagu-lagu anisong, baik yang ia tulis sendiri maupun yang di-cover. Adapun lagu yang Tomohisa bawakan yaitu:

  1. Colorful World (ED Meganebu!)
  2. Zutto (OP Kimi to Boku 2)
  3. Renai Saiban (Cover Vocaloid / Hatsune Miku -Project DIVA- X)
  4. Blue Bird (Cover OP3 Naruto Shippuuden)
  5. Bokutachi no Uta (ED2 Zetsuen no Tempest)
  6. Floria (OP Natsume Yuujinchou Roku)
  7. Sugar Song to Bitter Step (Cover ED Kekkai Sensen)
  8. Mezase Pokémon Master (Cover OP1 Pokémon Anime)
  9. Getta Banban (OP2 Pokémon XY)

Penampilan selanjutnya dibawakan oleh Konomi Suzuki alias Konomin yang menyanyikan berbagai lagu anisong dengan semangatnya yang membuat para penonton ikut bersemangat! Lagu-lagu yang Konomin bawakan antara lain:

  1. Redo (OP1 Re:Zero)
  2. Chaos Syndrome (ED Chaos;Child)
  3. Ginsen no Kaze (OP Madan no Ou)
  4. Love is MY RAIL (OP Ange Vierge)
  5. Watashi ga Motenai no wa dou Kangaetemo Omaera ga Warui! (OP WataMote)
  6. Blow out (OP RokuAka)
  7. Beat your Heart (OP Bubuki Buranki)
  8. This game (OP No Game, No Life)

Setelah waktu break sekaligus persiapan peralatan di atas panggung, konser I Love Anisong hari pertama pun ditutup oleh penampilan dari fhána! Setiap anggota dari fhána pun memperkenalkan diri grup mereka yang terdiri atas towana, Junichi Sato, yuxuki waga, dan kevin mitsunaga. Berikut adalah daftar lagu-lagu yang dibawakan oleh fhána, yaitu:

  1. Niji o Ametara (OP HaruChika)
  2. Hoshikuzu no Interlude (ED Sora no Method)
  3. reaching for the cities (Single)
  4. Hello! My World!! (OP Knight’s & Magic)
  5. Relief (Album 2 – What a Wonderful Word Line)
  6. divine intervention (OP Witchcraft Works)
  7. Aozora no Rhapsody (OP Kobayashi-san Chi no Maid Dragon)

Sekian liputan kami untuk C3 AFA Jakarta 2017 hari kedua serta konser I Love Anisong hari pertama! Yuk kita tunggu liputan untuk C3 AFA Jakarta hari ketiga dengan bintang tamu yang tidak kalah seru dengan hari kedua ini! Stay tune~

Sumber Foto I Love Anisong: AFA Official Fanpage

Artikel ini diliput oleh tim jurnalistik Nippon Club


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Event - Saturday, September 16, 2017 | 7:32 pm
J-Event - Tuesday, September 12, 2017 | 9:12 pm
J-Event - Friday, September 8, 2017 | 3:00 pm
J-Event - Thursday, September 7, 2017 | 5:38 pm
Top