Hari Pertama Comic Frontier 9 Dihadiri oleh Lebih dari 15.000 Pengunjung
J-Event - Monday, September 4, 2017 | 10:52 am

Acara ekshibisi karya kreatif lokal, Comic Frontier kembali hadir pada awal bulan September 2017. Setelah lima tahun berlangsung sejak 2012, Comic Frontier 9 kali ini diadakan di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta Selatan. Antusiasme para pegiat karya kreatif lokal dan doujinshi (produk derivatif buatan fans) di acara ini terlihat sangat tinggi terbukti dari jumlah pengunjung yang hadir di hari pertama.

Pada hari pertama yang diselenggarakan hari Sabtu, 2 September 2017, acara Comic Frontier 9 dihadiri oleh lebih dari 15.000 pengunjung. Angka ini hampir mencapai dua kali lipat pengunjung Comic Frontier 8 di awal tahun 2017 yang dihadiri oleh 8.000 pengunjung. Tidak hanya dari segi pengunjung saja, acara ini juga berhasil menghimpun lebih dari 450 kreator yang terdiri dari lingkar kreatif dan berbagai komunitas kreatif untuk mengenalkan berbagai karyanya kepada khalayak umum di acara ini.

Selain dengan banyaknya karya kreatif yang ditampilkan pada Comic Frontier 9, kehadiran para bintang tamu cosplayer Internasional juga menjadi magnet tersendiri dalam acara ini. Para bintang tamu cosplayer Internasional yang hadir di acara ini adalah Aliga, Ying, dan Nemesia. Ketiga  cosplayer tersebut memiliki jumlah fans yang sangat besar di Indonesia sehingga mampu menarik minat para pengunjung untuk mengikuti sesi Meet & Greet yang berlangsung. Kehadiran bintang tamu cosplayer Internasional dalam acara ini adalah inovasi baru yang dihadirkan oleh Comic Frontier yang berbeda dibanding penyelenggaraan sebelumnya.

Tidak hanya cosplayer saja, sebagai acara yang bertemakan komik, Comic Frontier 9 juga dihadiri oleh berbagai pegiat komik yang berbagi pengalaman dalam menekuni industri kreatif di Indonesia. Pada hari pertama diselenggarakan berbagai talkshow dengan berbagai pihak yang turut serta di industri komik Indonesia seperti BPP Web Comics, salah satu komik strip karya kreator asal Yogyakarta yang menjadi fenomena tersendiri di media sosial. Selain itu ada juga launching buku Get Hype!!, sebuah kompilasi cerita yang merupakan hasil kolaborasi lintas kreator oleh Scroll Down Comics, Rimawarna, NextHeaven, dan Ghosty’s Comics. Dalam perkembangannya industri komik di Indonesia telah menemukan media baru selain di buku cetak yakni komik online. Pada hari pertama Comic Frontier 9, CIAYO Comics sebagai salah satu layanan penyedia baca komik Webtoon asal Indonesia juga ikut serta hadir berbagi pengalaman dan cerita kepada para kreator yang hadir di acara ini.  Comic Frontier 9 kali ini tidak hanya dihadiri oleh komikus asal Indonesia saja. Pada hari pertama Masyarakat Komik Indonesia menghadirkan Jerry Hinds, komikus asal Singapura yang dikenal dengan karya komik bertemakan Superhero berjudul Supacross.

Banyak kreator yang bergabung dalam acara Comic Frontier ini mulai dari kreator komik, animasi hingga game. Salah satu pengembang game asal Indonesia, Vifth Floor hadir memperkenalkan berbagai game visual novel buatannya yang sudah lebih dahulu terkenal di kancah Internasional. Selain itu di hari pertama Comic Frontier 9 juga dihadiri oleh tim produksi dari Angel Dives Universe, salah satu animasi buatan kreator asal Indonesia yang memperkenalkan proyek animasi ini kepada publik.

Sekilas Tentang Comic Frontier

Comic Frontier merupakan acara ekshibisi kreatif yang telah rutin diselenggarakan setiap tahun. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012. Saat pertama kali diselenggarakan Comic Frontier hanya menampung 35 lingkar kreatif untuk bergabung. Seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, Comic Frontier telah menjadi sebuah gerakan kreatif yang mampu menghimpun ratusan kreator dalam satu event.

Acara ini diselenggarakan dengan harapan agar Comic Frontier bisa menjadi sebuah event yang memberikan ruang baru kebebasan berekspresi dalam industri kreatif tanpa adanya batasan stigma dari masyarakat. Event ini juga diharapkan mampu menjadi penggerak industri kreatif Indonesia dengan menghimpun berbagai kalangan mulai dari kreator independen, komunitas, hingga kreator professional. Memberikan yang terbaik bagi seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini tanpa harus meninggalkan siapapun adalah hal yang diperjuangkan dalam event ini.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:

Website: www.comifuro.net

Facebook: facebook.com/comifuro

Twitter: twitter.com/comifuro

Email: comifuro.staff@gmail.com

Artikel ini dibuat berdasarkan siaran pers dari Comic Frontier


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Event - Saturday, September 16, 2017 | 7:32 pm
J-Event - Tuesday, September 12, 2017 | 9:12 pm
J-Event - Friday, September 8, 2017 | 3:00 pm
J-Event - Thursday, September 7, 2017 | 5:38 pm
Top