Komunitas Salihara bekerja sama dengan Okazaki Art Theatre mempersembahkan +51 AVIACIÓN SAN BORJA. +51 AVIACIÓN SAN BORJA merupakan teater yang mengangkat tema kehidupan masyarakat imigran Jepang di Amerika Latin. Semua bermula ketika Yudai Kamisato (sutradara) diminta oleh ayahnya untuk berangkat dari Jepang menuju tempat tinggal neneknya di komunitas masyarakat Jepang di kota Lima, Peru. Selain berdasarkan pengalaman hidup Yudai Kamisato, teater ini juga menampilkan kisah-kisah individu di dalam masyarakat imigran Jepang. Kalian akan dikenalkan kepada beberapa tokoh penting yang jarang diketahui publik. Ada Seki Sano, dramaturgi yang dikenal sebagai “Father of Mexican Theater”. Juga ada pertemuan dengan Ryoichi Jinnai, pengusaha yang memberikan dukungan untuk komunitas masyarakat Jepang di Peru dan negara-negara Amerika Latin lainnya.

+51 Aviación San Borja merupakan meta-teater yang dikembangkan berdasarkan reportase dan fiksi. Pertunjukan ini menghubungkan “Jepang” yang dialami Yudai Kamisato, Okazaki Art Theatre dan kehidupan masyarakat imigran Jepang di Peru, sehingga “Jepang” bisa dilihat dari sisi yang lain.

PROFIL
OKAZAKI ART THEATRE berdiri pada 2003 untuk pertunjukan teater, baik menggunakan naskah asli maupun penafsiran. Sebagai pendiri, Yudai Kamisato terlibat dalam berbagai aktivitas, termasuk sebagai sutradara, penulis naskah, aktor dan set panggung. Grup ini telah berpartisipasi dalam festival seni pertunjukan Festival Tokyo selama tiga tahun berturut-turut (2010-2012). Sepanjang 2016, grup ini telah menampilkan +51 Aviación San Borja di Sydney Festival (Australia), Kunstenfestivaldesarts (Belgia) dan Festival d’Automne à Paris (Prancis).
YUDAI KAMISATO lahir di keluarga imigran Jepang di kota Lima, Perudan dibesarkan di kota Kawasaki, Jepang. Ia merupakan salah satu seniman yang paling banyak dibicarakan di panggung teater kontemporer Jepang. Dalam karya-karyanya, ia memanifestasikan sikapnya terhadap isu-isu politik, sosial dan tema hubungan di antara manusia yang seringkali tidak dapat saling memahami satu sama lain. Ia pernah beberapa kali menjadi nominator dalam Kishida Kunio Drama Award. Salah satu naskahnya dicetak ulang di jurnal sastra Shinchodan diterjemahkan ke dalam bahasa Cina untuk dipentaskan di Hong Kong. Ia juga telah membawa Okazaki Art Theatre untuk pentas di beberapa negara. Salah satunya pertunjukan “Hemispherical Red and Black” di Taipei Arts Festival pada 2012.

TIM PRODUKSI
Penulis : Yudai Kamisato
Sutradara : Yudai Kamisato
Desain Panggung : Yudai Kamisato
Pemain : Masahiko Ono
Wataru Omura
Mari Kodama
Pengarah Panggung : Ayumu Okubo
Penata Cahaya : Ryoya Fudetani
Penata Suara : Masashi Wada
Manajer Panggung : Shuji Hamamura
Dramaturgi : Hinako Arao
Produser : Akane Nakamura
Produksi : Okazaki Art Theatre, precog

Dipersembahkan oleh
N.P.O. DRIFTERS INTERNATIONAL

Terima kasih untuk
KAKIKUUKYAKU, Shochiku Geino,
The Japan International Cooperation Foundation

Didukung oleh
The Agency for Cultural Affairs Government of Japan in the fiscal 2017
The Japan Foundation, Jakarta
The Japan Foundation Asia Center

JADWAL TAMPIL
Waktu : Rabu & Kamis, 06 – 07 September 2017, 20:00 WIB
Lokasi : Teater Salihara, Jalan Salihara No.16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Penampil : Okazaki Art Theatre
Durasi : 80 menit
HTM : Rp75.000 (umum), Rp50.000 (Pelajar/Mahasiswa)

WORKSHOP
Waktu : Kamis, 07 September 2017, 14:00 WIB
Lokasi : Teater Salihara, Jalan Salihara No.16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Durasi : 120 menit
HTM : – (Undangan oleh Salihara)

Link
http://okazaki-art-theatre.com/info/en/
http://www.salihara.org/programs/theater/51-aviaci%C3%B3n-san-borja
http://precog-jp.net/en/artists/%E7%A5%9E%E9%87%8C%E9%9B%84%E5%A4%A7/

Artikel ini ditulis oleh Strylet