Hari Peringatan 3 Tahun Meletusnya Gunung Ontake
J-News - Wednesday, September 27, 2017 | 3:00 pm

Gunung Ontake (御嶽山 Ontake-san), atau sering disebut Gunung Kiso Ontake (木曽御嶽山 Kiso Ontake-san), adalah gunung berapi tertinggi kedua di Jepang dengan ketinggian 3.067 m. Gunung ini pernah meletus pada tahun 1991 dan 2007, kedua letusan tersebut termasuk minor dan tidak menghasilkan kerusakan yang besar. Namun letusan terakhir pada 27 September 2014 akan mengubah pandangan orang terhadap gunung ini.

Letusan yang terjadi apa jam 11.53 siang waktu setempat merengut nyama 63 orang dan 5 diantaranya tidak dapat ditemukan. Letusan itu tidak ditandai dengan gempa yang signifikan sehingga otoritas setempat tidak sempat melakukan langkah-langkah pencengahan maupun memperinigatkan warga setempat.

Setelah letusan Jepang mengirimkan lebih dari 1.900 pasukan dari Japan Self-Defense Forces (自衛隊 Jieitai), pemadam kebakaran dan polisi untuk mencari dan menyelamatkan korban. Namun pencarian dihentikan pada Oktober 2014 karena cuaca memburuk.

Hari ini, 27 September 2017 menandakan 3 tahun setelah kejadiaan naas tersebut. Upacara peringatan diadakan di Otaki, Prefektur Nagano. Keluarga korban, penduduk setempat, pemadam kebakaran dan polisi terlihat berdoa dan melakukan hening cipta pada waktu yang sama waktu gunung meletus, 11.53. Sebuah monumen dengan nama-nama korban juga diresmikan di tempat tersebut.

Source: Japan Today

Artikel ini dibuat oleh Radclyffe


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Top