[Liputan] SILENT SIREN Membuktikan Kecintaan Mereka Pada Indonesia Dalam Konser “SILENT SIREN Live Tour 2017 in Jakarta”
J-Event - Tuesday, October 3, 2017 | 7:05 pm

Halo, kembali lagi bersama tim jurnalistik Nippon Club! Kali ini kami berkesempatan untuk menghadiri dan meliput konser tunggal Silent Siren dalam rangka tur dunia untuk memperingati perayaan ulang tahun ke-5 mereka yaitu “SILENT SIREN Live Tour 2017 in Jakarta”, di Upper Room, Annex Building pada Sabtu malam lalu (30/9).

Bagi yang belum tahu, Silent Siren adalah sebuah grup band yang keseluruhan personilnya adalah perempuan. Grup band yang akrab disapa “SaiSai” ini terdiri atas Sumire Yoshida (Suu), Hinako Umemura (Hinanchu), Aina Yamauchi (Ainyan), dan Yukako Kurosaka (Yukarun). Ini merupakan kunjungan keempat mereka di Indonesia setelah pada dua tahun belakangan ini mereka selalu menggelar konser tunggal juga di tempat yang sama serta pada 2015 mereka tampil dalam event GJUI (Gelar Jepang Universitas Indonesia).

Kemeriahan sudah cukup terasa ketika tim kami sampai beberapa jam sebelum konser. Para fans sudah membentuk antrian yang rapi menunggu masuk ke dalam hall konser.

Di area antrian terdapat pula stand yang menjual merchandise resmi dari Silent Siren. Berbagai jenis barang dijual seperti CD Album & Single, Kaos, Handuk, dan berbagai barang serba SaiSai lainnya.

Memasuki 30 menit menjelang konser pintu masuk ke ruangan pun dibuka, penonton memasuki ruangan dengan rapi. Terlihat pula beberapa tamu undangan dari Jepang yang datang menyaksikan langsung konser Silent Siren ini. Ketika kami masuk terlihat semua penonton telah menempati posisinya masing-masing dan terlihat antusias menunggu penampilan dari SaiSai.

Pada pukul 7 malam, Silent Siren pun akhirnya berdiri diatas panggung. Lagu pertama yaitu “Fujiyama Disco” langsung mengguncang area konser. Penonton nampak bersemangat dan bersorak mengikuti irama lagu. Kemudian lagu berjudul “Yoshida-san” dan “BANG!BANG!BANG!” dinyanyikan berturut-turut.

Kemudian setelah dialog singkat dari SaiSai yang menyapa penonton yang hadir mereka langsung mengguncang panggung dengan lagu “Hachigatsu no Yoru”. Penonton pun bersorak sambil ikut menyanyikan lagu tersebut. Kemudian disusul oleh dua lagu berikutnya yaitu “What Show Is It?” dan “Joshiku Sensou”.

Nah pada jeda sesi ketiga ini ada kejutan loh! Ya, ternyata Hiroaki Kato hadir dan naik ke panggung. Hiroaki Kato menjadi MC dan mengajukan beberapa pertanyaan menarik kepada member SaiSai.

HK: Hiroaki Kato

HK: Semalam Silent Siren pada makan apa?
Ainyan: Nasi Goreng
Hinanchu: Tempe
Suu: Bintang (Penonton pun terkejut dan tertawa, ternyata Suu malah menjawab merk dari sebuah minuman beralkohol di Indonesia)
Yukarun: Kangkung

HK: Selain Indonesia, ada negara lain nggak sih yang ingin kalian semua datangi?
Suu: Eropa. Karena kami belum menggelar konser disana dan tampaknya antusiasme disana cukup tinggi.
Hinanchu: Singapura (Hiroaki Kato pun langsung tertawa karena Singapura tidaklah jauh dari sini, mereka bisa sampai kesana hanya sekitar satu jam lebih perjalanan)
Yukarun: Bali. (Penonton dan Hiroaki pun tertawa, Bali pun masih di Indonesia dan sangat dekat untuk dikunjungi)
Ainyan: Thailand.

Kemudian Hiroaki Kato menanyakan pada penonton tempat yang patut dikunjungi selama SaiSai di Jakarta. Berbagai tempat di teriakan oleh penonton, mulai dari Monas, Taman Mini, hingga Dufan. Ternyata SaiSai sudah pernah ke Monas sebelumnya dan Hinanchu tahu Dufan,Ancol, beserta Sea Worldnya. Ya, tidaklah heran karena Hinanchu sendiri dulu pernah tinggal di Indonesia dan menetap di daerah Pondok Indah. Akhirnya setelah rekomendasi penonton ditambah rekomendasi dari Hinanchu sendiri nampaknya mereka memilih untuk mengunjungi Ancol esok harinya.

Usai sesi bersama Hiroaki Kato, konser pun dilanjutkan. 3 lagu nonstop dinyanyikan, “Sweet Pop!”, “stella”, dan “Beat Sun” kembali menggoyang panggung.

Kemudian memasuki jeda sesi 3 kembali SaiSai memberikan kejutan. Ya, pertama-tama mereka mengajak penonton menyanyikan lagu Doraemon dalam bahasa Indonesia. Mereka pun juga ikut bernyanyi meskipun hanya pada bagian “Baling-baling bambu” saja haha. Lalu kejutan utamanya pun tiba, ternyata mereka belajar menyanyikan lagu “Indonesia Raya”. SaiSai bersama dengan penonton menyanyikan lagu “Indonesia Raya” meskipun tidak sampai habis.

Lanjut kembali ke konser, lagu “Koi Yuki” pun dinyanyikan. Penonton bergerak menikmati irama lagu yang cukup santai dan menenangkan. Usai Koi Yuki, lagu cover “secret base ~kimi ga kureta mono~” dinyanyikan. Lagu yang mengisi Live Action dari Anohana sukses menghibur penonton, beberapa penonton pun ikut bernyanyi bersama. Lalu dilanjutkan oleh lagu “Just Meet”,”DanceMusiQ”,”Cherry Bomb”, dan terakhir di tutup oleh lagu spesial mereka yakni “Sindbad”. Kemudian Silent Siren pun meninggalkan panggung.

Ternyata tidak usai sampai disini, para penonton terus meneriakan “SaiSai! SaiSai! SaiSai!” untuk meminta encore. Tak lama kemudian SaiSai menjawab panggilan para fans dan kembali naik ke atas panggung. Mereka menyanyikan lagu “KAKUMEI” dan terakhir lagu “Guru-guru Wonderland” yang mengajak penonton bernyanyi bersama sambil memutar-mutar handuk merchandise SaiSai. Ainyan dan beberapa personil lain pun melempar handuk yang ia pegang ke arah penonton. Akhirnya konser pun berakhir dan menyisakan meet n greet untuk pemegang tiket VIP dan pembeli Merchandise minimal senilai 600 ribu rupiah.

Secara keseluruhan konser berjalan sangat lancar, tidak ada kendala berarti selama pelaksanaan. SaiSai pun tampil dengan penuh semangat dan sukses menghibur fans-fansnya disini. Mereka pun berjanji akan datang kembali ke Indonesia. So, ditunggu ya minna penampilan mereka berikutnya! Sekian juga liputan kami di “SILENT SIREN Live Tour 2017 in Jakarta”. Sampai jumpa di artikel-artikel liputan Nippon Club berikutnya!

Setlist SILENT SIREN Live Tour 2017 in Jakarta

M01. Fujiyama Disco
M02. Yoshida-san
M03. BANG!BANG!BANG!
MC
M04. Hachigatsu no Yoru
M05. What show is it?
M06. Joshiko Sensou
MC
M07. Sweet pop!
M08. stella
M09. Beat Sun
MC
M10. Koi Yuki
M11. secret base ~Kimi ga Kureta Mono~
M12. Just Meet
M13. DanceMusiQ
M14. Cherry Bomb
M15. Sindbad

EN1. KAKUMEI
EN2. Guru-Guru Wonderland

Artikel ini diliput oleh tim jurnalistik Nippon Club


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Event - Monday, October 23, 2017 | 7:33 pm
J-Event - Tuesday, October 17, 2017 | 3:36 pm
J-Event - Tuesday, October 3, 2017 | 1:20 pm
J-Event - Monday, October 2, 2017 | 7:00 pm
Top