[Liputan] Indonesia Comic Con Day 1 Dibuka dengan Meriah, JCC Diserbu Pengunjung
J-Event - Tuesday, October 31, 2017 | 5:54 pm

Hai minna, kali ini tim jurnalistik Nippon Club akan memberikan hasil liputan kami dari event Indonesia Comic Con 2017. Indonesia Comic Con tahun ini berlokasi di Jakarta Convention Center, Tanah Abang dan dilaksanakan pada tanggal 28 – 29 Oktober 2017. Bagi yang belum tahu, Indonesia Comic Con adalah event yang mengkombinasikan budaya pop timur dan barat menjadi satu.

Event kali ini menggunakan dua hall dari Jakarta Convention Center, hall A dan hall B. Dengan main stage (Empire Stage) berada di hall B besert booth-booth utama event ini. Di hall A terdapat sebuah stage beserta booth dari berbagai artis dan juga tempat penjualan makanan.


Main entrance dari hall B

Acara dibuka dengan pertunjukan yang menakjubkan dari Jason David Frank, selaku bintang tamu utama kali ini dengan beberapa cosplayer.

James Boey, Manajer Reed Panorama memberikan kata-kata sambutannya

Setelah sepatah-dua patah kata dari manajer, sekarang waktunya memperkenalkan semua bintang tamu yang hadir pada event kali ini

Bernard Chang, desainer dan artis komik Super Girl / Green Lantern Corps

Yanick Paquette, artis komik Wonder Woman Earth One

Johnny Lau (ketiga dari kiri), artis komik Mr. Kiasu

Simone Legno (kiri), kreator Tokidoki


Is Yuniarto, artis komik Garudayana

Ario Anindito, artis komik Marvel

Alti Firmansyah, artis komik Marvel

Kusoo Taisa, artis komik Ninjago

Deviana ‘Depinz’, artis komik Ninjago

Pugoffka, cosplayer

Pion Kim, cosplayer

Angie, cosplayer

Alston, cosplayer

Kors K (kiri) dan Ryu (kanan), DJ

Tamusic, produser dan pemain violin

Pinnochio P dan MK-2, DJ Vocaloid

Redshift, DJ

Secret Walls, Artis Mural


Cinnamon, Gudetama dan Hello Kitty

Daniel Logan, aktor

dan terakhir Jason David Frank, aktor

Pemberian piagam apresiasi kepada seluruh bintang tamu

Penampilan dari Tamusic

Dengan berakhirnya permainan violin dari Tamusic maka berakhir juga acara pembukaan dari Indonesia Comic Con. Sambil menunggu acara selanjutnya, tim jurnalistik Nippon Club pun pergi mengelilingi venue. Tentu saja saat berkeliling harus tetap menjaga barang bawaan masing-masing ya.

Area penjualan Sneakers

Booth Zak Storm dan Chrisye Movie

Ternyata ada Starbucks juga loh bagi yang haus

Booth Live4Toys, disini pengunjung dapat melihat berbagai figur/patung dari karakter-karakter film dan bagi yang tertarik juga bisa membelinya langsung.

Transformers Gold Version, Limited Edition

Booth Sanrio, di sini kalian akan menemukan Gudetama dan karakter-karakter asal Sanrio.

Akihabara Panorama JTB

Toy Spot

Tiba-tiba terdengar teriakan yang sangat keras di dekat pintu masuk hall B JCC. Ternyata Fox Entertainment Group menghadirkan booth berisi walkers, dari film Walking Dead. Booth ini dibuat menjadi permainan escape room, dimana para pengunjung akan berusaha memecahkan teka-teki yang disediakan secepat mungkin. Jika berhasil maka akan menerima sebuah medali ‘survivor’.

Kembali lagi ke Empire Stage, ternyata sedang ada acara bincang-bincang dengan keempat cosplayer internasional kali ini, Angie, Pion Kim, Alston dan Pugoffka.

Acara kemudian berlanjut dengan acara menggambar. Kedua artis internasional, Yanick Paquette dan Bernard Chang akan mengubah dua gambar anak-anak menjadi sebuah karya profesional.

Dalam perjalanan menuju ke hall A JCC, tim jurnalistik Nippon Club melihat sebuah mini concert sedang berlangsung. Konser ini adalah konser yang dibuat oleh Asia’s Pop Culture Festival (APCF). APCF adalah sebuah organisasi yang membawa dan mempertunjukkan berbagai idol baru, cosplay dan apapun yang berbau anime dari Jepang ke seluruh dunia. Kali ini mereka membawakan beberapa idol baru seperti, Ami (cosplayer), DJ Caesar, Eimi (cosplayer), Fleramo (Orion), Illustrator KGO, Mokapi (cosplayer), dan Samurai x Otome.

Fleramo (Orion)

Samurai x Otome

Untuk kali ini kami mengambil kesempatan untuk berbincang-bincang dengan salah satu grup idol baru yang dibawa oleh ASIA Pop Culture Festival, Samurai x Otome.

(Q:Pertanyaan; A:Samurai x Otome)
Q: Saat pertama kali tiba di Indonesia, apa kesan pertama kalian di Indonesia?
A: Suhunya tinggi, panas dan lembab. Sekarang di Jepang sedang musim gugur dan dingin hingga mereka sudah mulai mengenakan mantel, sedangkan di Indonesia masih panas seperti musim panas.

Q: Apa tujuan dari grup idol Samurai x Otome?
A: Samurai x Otome merupakan grup idol yang memiliki konsep untuk menyebarluaskan budaya Jepang ke luar. Kami masing-masing mempunyai budaya Jepang yang kami sukai, misalnya Yuri suka anime, tokusatsu, hidangan khas Jepang, serta cosplay, Arisa suka kuil, opera, tempat dan bangunan bersejarah, lalu Hikaru menyukai panahan Jepang. Jadi, kami menyebarkan budaya yang kami sukai ke orang lain.

Q: Kenapa memilih nama Samurai x Otome sebagai nama grup kalian?
A: Yang memikirkan namanya bukan kami, tapi artinya Samurai yang melambangkan kemuliaan ksatria Jepang serta Otome yang berarti wanita, maka kami bertujuan untuk menjadi kerennya Samurai namun tetap indah sebagai wanita.

Q: Harapannya setelah datang ke Indonesia?
A: Kami ingin semakin disukai oleh orang-orang di Indonesia, serta ingin semakin banyak diadakannya acara seperti ini. Kami merasa bahwa banyak orang yang menyukai budaya Jepang seperti anime, cosplay, dan Kamen Rider, tapi ingin semakin banyak orang, baik orang Jepang maupun orang Indonesia, yang menyukai budaya ini dan menghadiri acara-acara seperti ini.

Terima kasih kepada pihak ASIA Pop Culture Festival telah memberikan kesempatan untuk wawancara kali ini, dan juga kepada ketiga member dari Samurai x Otome yang telah meluangkan waktunya.

Setelah interview maka kami pun lanjut ke hall A JCC. Di sini terlihat jauh lebih banyak pengunjung berkumpul karena disini terdapat tempat penjualan makanan dan juga booth-booth artis dan penjualan mainan. Di tengah lautan manusia terdapat sebuah stage dengan dua komputer yang saling berhadapan. Stage ini tidak lain adalah stage gaming, dimana pengunjung dapat bermain melawan pengunjung lain dalam game tekken.

Ada booth  milik Binus juga loh

Sekian liputan kali ini, Indonesia Comic Con tahun ini sangatlah meriah dan kesenangan bisa terlihat dari wajah para pengunjung. Kami sangat berterima kasih kepada panitia Indonesia Comic Con atas kesempatannya untuk meliput acara ini, serta atas kerja kerasnya dalam mengelola acara besar ini. Balon Gudetama di atas terdapat di depan hall A dan terlihat sangat sedih melihat pengunjung yang mulai beranjak pulang. Tapi event ini akan dilaksanakan lagi tahun depan dan tentunya jauh lebih meriah dan lebih ramai daripada tahun ini. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel liputan selanjutnya!

Artikel ini ditulis oleh Radclyffe dan diliput oleh Genshin


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Event - Wednesday, November 22, 2017 | 7:40 pm
J-Event - Wednesday, November 22, 2017 | 7:27 pm
J-Event - Wednesday, November 22, 2017 | 3:32 pm
J-Event - Thursday, November 16, 2017 | 7:09 pm
Top