Kementerian Pertahanan Jepang Bahas Proyek Realisasi Gundam Setelah 10 Tahun
J-News - Monday, November 13, 2017 | 8:34 pm

Hai minna-san, ogenki desuka? Kali ini kami ingin membahas mengenai “Gundam”. Kalian pasti tahu tentang gundam, kan? Ada informasi menarik soal ini. Baca penjelasannya sampai akhir ya, minna.

Partai Demokrat Liberal Jepang menciptakan desas-desus pada tahun 2012 setelah mempertimbangkan dengan serius sebuah proyek pembangunan gundam. Sebelum itu, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Teknis yang sekarang tidak berfungsi di Kementerian Pertahanan Jepang mencantumkan pameran peralatan darat berjudul “Menuju Realisasi Gundam (Advanced Personal Equipment System)” dalam sebuah simposium di tahun 2007. Dengan rumor tentang Pasukan Bela Diri Jepang mengembangkan robot gundam dunia nyata yang menyebar selama dekade terakhir. Situs Oricon News memutuskan untuk menyelidiki status proyek pengembangannya saat ini.

Kendaraan anti pesawat tempur tipe 87 ini sendiri menggunakan setelan mobile RMV-1 Guntank II dari Mobile Suit Zeta Gundam. Seorang mantan anggota Unit Pertahanan Bela Diri Jepang menjelaskan bahwa orang-orang tidak pernah melihat tipe 87 saat memulai debutnya. Namun mereka menyadari bahwa itu serupa dengan Guntank II dari gundam. Oleh karena itu, orang-orang menjulukinya dengan sebutan “Guntank.”

Perwakilan dari Kementerian Pertahanan menjelaskan bahwa seorang anggota Lembaga Penelitian dan Pengembangan Teknis sebelumnya telah melampirkan nama “Gundam” ke Advanced Personal Equipment System agar proyek dapat diakses dan mudah dipahami oleh warga negara. Perwakilan tersebut menjelaskan bahwa proyek ini telah selesai, namun penelitian teknologi saat ini mengembangkan setelan bertenaga yang dapat meningkatkan mobilitas tentara dan menjaga keseimbangan di medan yang tidak rata.

Robot humanoid raksasa seperti yang terlihat di gundam mungkin merupakan mimpi abadi, dan Badan Akuisisi, Teknologi, dan Logistik Jepang mengkonfirmasi bahwa saat ini tidak ada penelitian yang dilakukan untuk membuat robot humanoid menggantikan tentara. Tapi perangkat tak berawak otonom telah menjadi senjata utama, dan pengembangan setelan bertenaga akhirnya bisa mengarah pada kemajuan teknologi yang mengingatkan akan hal itu.

Yoshiyuki Tomino sudah mendapatkan inspirasi dari setelan bertenaga humanoid dari Robert A. Heinlein’s Starship Troopers saat dia menciptakan Franchise Gundam. Namun, robot mobile suit gundam berukuran sekitar sepuluh kali ukuran manusia. Sekalipun robot humanoid raksasa tetap fantasi, dunia fiksi ilmiah kemungkinan akan terus menginspirasi perkembangan sains dan teknologi dunia nyata.

Nah, begitulah pembahasan mengenai proyek gundam ini. Apakah kalian mendukung proyek ini atau sebaliknya? Jepang memang selalu memberikan inovasi dan pengembangan riset yang unik ya, minna.

Source: AnimeNewsNetwork

Artikel ini ditulis oleh A-Lien


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Top