Toilet Portable yang Dirancang Untuk Bencana
J-News - Tuesday, November 21, 2017 | 12:24 am

Hai minna-san, ogenki desuka? Jepang terkenal dengan penemuan dan hal-hal uniknya, bukan? Hari ini kami ingin membahas salah satu hal unik ini. Hal uniknya merupakan toilet portable yang mudah digunakan, praktis, dan bisa dibawa kemana-mana.

Setelah terjadi bencana alam seperti gempa dan tsunami di Tohoku tahun 2011 serta gempa bumi di Kumamoto tahun 2016, perusahaan desain Nendo yang berbasis di Tokyo bekerja sama dengan pemasok perangkat keras Sugita-Ace untuk mengatasi masalah ini dengan merancang toilet portable sederhana yang inovatif. Kit toilet ini mereka namai dengan sebutan minimLET.


Ini merupakan gambaran bagian-bagian yang termasuk dalam toilet portable dari minimLET

Salah satu tantangan terbesar dalam merancang toilet portable adalah portabilitasnya. Perancang Nendo menurunkan perlengkapan toilet mereka menjadi enam bagian meliputi tempat duduk toilet, pipa aluminium, kain nilon untuk tenda penutup, tempat tisu, kantong sampah dan koagulan atau zat pengental. Elemen besar seperti tenda dan tempat duduk toilet harus diperkecil atau dihilangkan. The minimLET mengatasi masalah ini dengan memiliki bagian multi fungsi diantaranya tiang aluminium dapat digunakan untuk menopang toilet atau mendukung tenda nilon yang juga dapat berfungsi sebagai ponco.

Barang-barang sehari-hari yang murah juga bisa menambahkan fungsionalitas ke dalam kit, seperti payung plastik, kaleng, atau botol plastik. Barang seperti ini mudah didapat pada pusat evakuasi pada bencana.


Empat botol plastik dapat digunakan sebagai tempat duduk pada toilet


Kit yang dirakit sepenuhnya (termasuk tenda untuk ruang privasi kita) bisa ditambahkan dengan payung dan botol plastik sebagai alat pendukung.


Ini adalah sketsa dari penggunaan toilet portable minimLET

MinimLET menyiapkan tas sebesar tas laptop untuk menyimpan dan memudahkan proses membawa seluruh isi serta perlengkapan yang dibutuhkan. Tas ini sendiri bisa menampung hingga 16 liter air atau kira-kira jumlah yang dibutuhkan untuk dua kali penggunaan toilet.


Ini merupakan contoh dari tas yang digunakan sebagai tempat penyimpanan peralatan.

The minimLET dijadwalkan untuk dijual pada tahun 2018 di Jepang. Dengan meningkatnya frekuensi bencana alam dan keterbatasan akses ke toilet di banyak negara berkembang, orang-orang berharap agar toilet portabel seperti minimLET dapat melayani banyak orang yang membutuhkan di seluruh dunia. Tertarik kah untuk membeli dan memakai alat ini juga, minna?

 

Source: Spoon Tamago

Artikel ini ditulis oleh A-Lien


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Top