JAKARTA, 8 Desember 2017 – Kabar gembira bagi fans Studio Ghibli di tanah air karena Castle in The Sky, film legendaris dari studio animasi nomor satu di Jepang, telah hadir di layar lebar akhir pekan ini. Bekerja sama dengan CGV Indonesia, film legendaris dari Hayao Miyazaki akan ditayangkan mulai hari ini hingga hari Minggu,10 Desember 2017 di 9 kota yaitu Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Cirebon, Medan, Yogyakarta, dan Surabaya. Bertema petualangan dengan nuansa klasik dan detail yang menakjubkan, film ini siap merebut hati tidak hanya para fans setia tapi juga para pecinta animasi di Indonesia.

“Film Castle in The Sky merupakan film nostalgia yang tak lekang oleh waktu. Bahkan di tahun 2011 saat ditayangkan kembali di Jepang, film ini berhasil memecahkan rekor global Twitter dengan tagar #balse. Tentu kami membawa rangkaian film dari Studio Ghibli untuk para fans setia, namun kami juga berharap film-film ini dapat membawa dampak positif dan pengalaman baru bagi masyarakat Indonesia,” ujar Tomofumi Fukuda, Presiden Direktur dari Marubeni Corporation, salah satu partner dari Studio Ghibli di Indonesia.

Castle in The Sky atau yang lebih dikenal dengan Laputa terinspirasi dari salah satu nama pulau terbang di perjalanan fiksi Welsh, Gulliver’s travel, karya Jonathan Swift.  Film pertama setelah Studio Ghibli resmi berdiri, bercerita tentang petualangan seorang anak laki-laki dan perempuan yang berusaha menyimpan kristal ajaib dari sekelompok agen militer, saat mencari istana legendaris di balik awan. Castle in the Sky juga telah memenangkan Animage Anime Grand Prix pada tahun 1986.

Dimulai sejak bulan Maret 2017 hingga kini, The World of Ghibli Jakarta, Marubeni Corporation, dan Hakuhodo telah menghadirkan film festival dan juga pameran terbesar Studio Ghibli di Indonesia. Dengan jumlah pengunjung The World of Ghibli Jakarta Exhibition yang mencapai lebih dari 20.000 orang dan sambutan lain yang sangat baik di tahun 2017, Studio Ghibli akan kembali ke Indonesia dan membawa sejumlah rangkaian film klasik mulai Januari hinggal Maret 2018.

Fukuda kembali berpendapat, “Tahun 2017 merupakan tahun perdana Studio Ghibli melebarkan sayapnya ke Indonesia. Tentunya banyak pelajaran dan pengalaman yang kami ambil dari setiap kegiatan. Kami berharap di tahun 2018 semua kegiatan dapat dieksekusi dengan jauh lebih baik demi para fans setia Studio Ghibli di Indonesia.”

Tahun depan rangkaian film akan dimulai dengan kisah penuh keajaiban dan kegigigihan hati  dari film Kiki’s Delivery Service dan From Up on Poppy Hill. Dilanjutkan dengan kisah unik nan klasik, Arriety dan Pom Poko di bulan Februari 2018 di bioskop pilihan CGV Indonesia. Sebagai penutup di bulan Maret 2018, Studio Ghibli akan menayangkan Porco Rosso, salah satu film favorit dari Hayao Miyazaki dan When Marnie Was There.

Informasi mengenai jadwal dan pembelian tiket rangkaian film Studio Ghibli dapat diperoleh dari situs worldofghibli.id dan cgv.id.

 

Artikel ini dibuat berdasarkan siaran pers dari Studio Ghibli