Halo minna-san! Pada hari sabtu dan minggu tanggal 2 – 3 Desember 2017 kemarin, Tim Jurnalistik Nippon Club pergi meliput acara jejepangan di Mall Neo SOHO, Jakarta Barat. Ada acara apa sih di Mall Neo SOHO? Yuk bagi yang penasaran mengenai acaranya langsung saja baca artikel liputan kami di bawah ini!


Hari Pertama

Pada tanggal 2 Desember 2017 kemarin, ComicFest ID mengadakan sebuah acara festival komik “Neo ComicFest ID 2017” di Neo SOHO. Neo ComicFest ID 2017 adalah sebuah acara kebudayaan pop (pop culture) yang mengedepankan para creator di bidang industri kreatif terutama komik, illustrasi, merchandise, dan cosplay. Di dalam acara ini juga diramaikan oleh beberapa komikus nasional seperti Chris Lie, Maghfirare, Sweta Kartika dan Is Yuniarto. Selain komikus, di acara Neo ComicFest ID 2017 juga diramaikan oleh beberapa bintang tamu dari berbagai negara loh! Salah satunya adalah cosplayer terkenal yang sudah mendunia Shiraga Yanko yang berasal dari Taiwan! Acara Neo ComicFest ID 2017 ini juga diramaikan oleh beberapa Grup Idol dan DJ Anisong seperti Shojo Complex dan DJ Soba!

Neo ComicFest ID 2017 diserbu oleh banyak pengunjung yang ingin melihat rangkaian acara yang ada di acara ini.

Rangkaian acara yang pertama kita datangi adalah sebuah talkshow mengenai perkembangan industri komik di Indonesia dan di luar Indonesia yang dijelaskan oleh para komikus seperti Chris Lie, Is Yuniarto, dan Sweta Kartika secara detil. Acara talkshow ini juga dibawakan oleh Jeanice Ang yang merupakan cosplayer resmi dari re:ON. Para pengunjung yang ikut menghadiri talkshow ini juga sangat antusias dalam mendengarkan pembicaraan ketiga komikus tersebut.

Setelah acara talkshow selesai. Acara selanjutnya yang diadakan di acara Neo ComicFest ID 2017 adalah sebuah presentasi yang akan dibawakan oleh Wacom. Wacom Co., Ltd. adalah sebuah perusahaan yang memproduksi tablet grafis dan produk sejenis, yang berpusat di Otone, Saitama, Jepang. Pada presentasi ini Wacom menjelaskan kepada para pengunjung bahwa tablet grafis yang didesain oleh Wacom berperan penting dalam berbagai industri seperti Industri Komik, Film, Desain Grafis, dan Video Games. Selain itu Wacom juga mempromosikan tablet keluaran terbarunya yaitu Cintiq! Cintiq adalah sebuah perangkat keras yang menggabungkan pena interaktif dengan layar monitor LCD. Pada produk ini Cintiq memiliki berbagai macam versi, seperti Cintiq 13HD, Cintiq 27 QHD Touch, Wacom Cintiq Pro 16 dan masih banyak lagi. Perbedaan mendasar dari ketiga versi ini adalah dibagian ukuran layar dan penambahan fitur-fitur pendukung lainnya.

Tablet Grafis Wacom Cintiq Pro 16

Setelah presentasi Tablet Grafis Wacom selesai, tiba waktunya untuk melakukan stage break (istirahat). Pada waktu istirahat, para staff acara Neo ComicFest ID 2017 sedang menyiapkan panggung untuk acara selanjutnya yaitu ASUS ROG Tournament: TEKKEN 7 yang akan dimulai pada pukul 16:00. Turnamen ini adalah acara yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengunjung karena pada turnamen kali ini Neo ComicFest ID 2017 kedatangan beberapa peserta professional tanah air seperti Rtech yang pernah menjuarai “Indonesian Fighting Game Camphionship 2017” dan mewakili Indonesia di “Southeast Asia TEKKEN Amateurs Cup”. Lalu selain Rtech, pada turnamen TEKKEN 7 kali ini juga kedatangan pemain professional tanah air lainnya seperi Buramu yang pernah menjadi South East Asia Xbox Finals di TEKKEN 7 World Tour. Selain kedua peserta tadi, pada ASUS ROG Tournament: TEKKEN 7 ini juga memiliki 4 peserta lain seperti Lee_yo, Hero, asdjkjl, dan Ubebe.

Pertandingan antara Lee_yo melawan Burama

Buramu sebagai Pemenang Juara 3 ASUS ROG Tournament: TEKKEN 7

Lee_yo sebagai Pemenang Juara 2 ASUS ROG Tournament: TEKKEN 7

Rtech sebagai Pemenang Juara 1 ASUS ROG Tournament: TEKKEN 7

Peserta juara 1,2, dan 3 yang telah mengikuti ASUS ROG Tournament: TEKKEN 7

Setelah acara ASUS ROG Tournament: TEKKEN 7 tadi selesai dan dimenangkan oleh si legendaris Rtech, acara selanjutnya adalah sebuah presentasi yang akan dibawakan oleh re:ON. Pada presentasi ini, re:ON akan mengumumkan 3 serial komik terbarunya di acara Neo ComicFest ID 2017, 3 serial komik terbaru yang akan dirilis oleh re:ON adalah serial komik JITU, serial komik SHIVERS, dan serial komik LOVE 99%.

Setelah asik melihat presentasi yang dibawakan oleh re:ON mengenai 3 serial komik terbarunya, tiba saatnya kami untuk berkeliling-keliling untuk melihat-lihat ada apa aja sih di acara Neo ComicFest ID 2017?

Booth Merchandise Resmi dari re:ON, pada booth ini re:ON menjual berbagai jenis produk seperti komik, poster, aksesoris, stiker, dan masih banyak lagi.

Booth ASUS Republic of Gamers, di booth ini para pengunjung bisa mencoba beberapa laptop yang dipajang untuk dimainkan loh!

Booth Trading Card Game, di booth ini para pengunjung bisa membeli dan melihat berbagai trading card game yang disedikan di booth ini seperti Force of the Will, Final Fantasy Trading Card Game Opus IV, WIXOSS, dan masih banyak lagi.

Pada booth ini juga disediakan beberapa meja yang dapat digunakan sebagai tempat untuk bermain dan belajar mengenai permainan trading card game juga loh!

Booth Resmi Wacom, di booth ini para pengunjung bisa melihat berbagai macam versi Wacom sekaligus mencobanya juga loh!

Beberapa booth yang tersedia di acara Neo ComicFest ID 2017 juga menjual banyak merchandise seperti dompet, tempat pensil, kaos, mini action figure, komik, gantungan kunci, poster dan masih banyak lagi!

Selain booth, di acara Neo ComicFest ID 2017 juga memiliki beberapa cosplayer yang cantik dan imut.


Hari Kedua

Neo ComicFest ID 2017 nampaknya cukup menyedot perhatian pengunjung pada tahun ini . Terbukti Neo ComicFest ID 2017 hari kedua menghasilkan banyak pengunjung yang datang. Mengingat hari kedua ini jatuh di hari Minggu yang merupakan hari libur dan didukung dengan keadaan tanpa tiket masuk apabila kita ingin berpartisipasi dalam acaranya. Entah pengunjung ini datang karena ingin bertemu cosplayer yang cantik dan tampan atau hanya sekedar membeli-beli merchandise dari beberapa booth yang ada di dalam acara. Booth terbesar dalam acara ini adalah booth re:ON Comics, Asus ROG dan juga Comico.

Cosplayer terkenal yang dihadirkan adalah Shiraga dan Momo yang merupakan cosplayer asal Negara Taiwan. Maskot dari re:ON Comics juga dihadirkan pada acara ini, diantaranya adalah Matcha Mei sebagai maskot dari Reyna, Punipun sebagai Oren, dan Edelyn sebagai Reon. Jeanice Ang juga ikut serta dalam acara ini sebagai pembawa acara. Lalu idol grup dari Shojo Complex pun ikut meramaikan dan menghibur penonton yang datang. Acara ini ditutup dengan adanya penampilan dari DJ Soba sebagai penutup acara pada pukul 18.30.

Ditengah-tengah acara ada Nusa V dan Comico yang melakukan talkshow dan diikuti oleh pengunjung yang antusias untuk mendengarkan presentasi mereka. Nusa V merupakan komik yang mengusung hewan-hewan endemik di Indonesia yang diambil dari lima provinsi yang beragam. Mereka mengeksplor kekayaan fauna yang ada dan merupakan identitas dari Negara Indonesia ini. Mereka menjelaskan secara singkat komik edisi 78, 79 dan 80 merupakan komik edisi terbaru yang mereka luncurkan. Mereka menginformasikan isi yang ada pada komik tersebut. Mereka juga memberikan tips-tips dan nasehat baik bagi pengunjung yang berniat ingin membuat komik secara mandiri. Hewan-hewan endemik tersebut dijadikan sebagai karakter dalam cerita komik itu.

Setelah Nusa V selesai, acara dilanjutkan oleh Comico. Comico ini dibawakan oleh Jeanice Ang sebagai pembawa acara. Comico merupakan media yang bergerak dibidang penyedia jasa komik online. Kita bisa mengunduh aplikasi ini di ponsel pintar yang kita miliki. Dalam sesi ini mereka menjelaskan konten yang mereka usung dalam komiknya. Konten yang mereka miliki adalah konten global dan konten lokal. Dalam masalah global ini mereka bekerja sama dengan beberapa negara, diantaranya adalah Jepang sebagai pusat, Korea, Taiwan, Thailand, USA, Amerika Selatan, Indonesia, negara bagian Timur Tengah, dan Afrika bagian utara. Comico pun menghadirkan maskot yang sangat menggemaskan. Maskot ini diambil dari komik yang berjudul “How to Keep a Mummy.” Komik ini telah diangkat menjadi anime dan akan segera ditayangkan. Judul terpopuler dari Comico adalah ReLIFE. Komik ini telah diangkat menjadi anime dan juga diadaptasi menjadi Live Action Movie.

 

Neo Comic Fest memang sangat dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai media berburu berbagai macam jenis komik, media pembelajaran untuk komikus pemula, dan cocok dijadikan tempat hiburan yang bermanfaat. Hanya saja masalah tempat yang tersedia itu terlalu kecil sehingga membuat pergerakan tidak bebas apalagi pengunjung yang datang sangat banyak. Selebihnya semua kegiatan dalam acara ini sangat bagus.

Sekian liputan dari Neo Comic Fest tahun ini. Tunggu liputan dan artikel lainnya dari Nippon Club ya, minna!

Artikel ini dibuat oleh Raven Razer dan A-Lien