Presiden dari Visual Art’s/Key Membeberkan Beratnya Biaya Pembuatan Anime Saat Ini
Anime-Manga - Saturday, December 16, 2017 | 11:41 am

Hai minna-san! Kalian suka menonton anime kan? Tapi apakah kalian tahu biaya yang dibutuhkan untuk membuat anime? Ternyata biaya pembuatan anime itu bukan hal yang kecil lho.

Situs KAI-YOU mengumumkan wawancara mereka dengan presiden dari Visual Art’s/Key, Baba Takahiro, pada tanggal 1 Desember. Di wawancara tersebut, Baba membicarakan tentang proyek baru mereka yaitu film anime Kud Wafter. Dia menyatakan bahwa alasan Key memutuskan untuk menggunakan sistem crowdfunding untuk membiayai anime tersebut adalah dikarenakan adanya kenaikan harga dalam produksi anime. Dia mengatakan “Biaya produksi untuk membuat visual novel dapat mencapai 100 juta yen (Sekitar 12,1 Miliar Rupiah), tetapi untuk membuat anime yang hanya satu season saja butuh sampai 400 juta yen (Sekitar 48,4 Miliar Rupiah). Itu merupakan sebuah resiko yang sangat tinggi. Untuk perusahaan besar, mereka dapat membuat anime hanya dengan satu sponsor, tetapi tidak semudah itu untuk kami. Karenanya,kami mencoba untuk membuat anime dengan bantuan dari para fans”.

Percobaan tersebut sangatlah terbayar, dengan suksesnya crowdfunding yang diadakan oleh Visual Art’s/Key. Bahkan, crowdfunding tersebut sangat melebihi target awal mereka. Kampanye crowdfunding internasional mereka mencapai target awal 3 juta yen (363 Juta Rupiah) dalam hanya lima hari setelah diadakan pada bulan Oktober. Kampanye ini berakhir pada hari Kamis kemarin dengan hasil 8,950,540 yen (1 Miliar Rupiah) dari 325 penyokong. Kampanye crowdfunding yang diadakan khusus di Jepang diadakan pada tanggal 19 Juli dan berakhir pada tanggal 30 September. Kampanye tersebut berhasil mencapai target awal dalam tiga hari. Target awal dari kampanye ini adalah 30 juta yen (3,6 Miliar Rupiah) untuk membiayai pembuatan OVA berdurasi 20 menit. Empat hari sebelum kampanye ini berakhir, mereka berhasil mendapatkan 60 juta yen (7,2 Miliar Rupiah) yang merubah rencana awal membuat OVA menjadi membuat anime teatrikal.

Anime ini merupakan bagian pertama dari perayaan ulang tahun ke-10 rilisnya visual novel Little Busters! milik Visual Art’s. J.C. Staff adalah studio yang akan bertanggung jawab membuat anime ini, dan Key akan mengawasi penuh pembuatannya.

Source: AnimeNewsNetwork

Artikel ini dibuat oleh NamYa


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Anime-Manga - Tuesday, July 10, 2018 | 1:20 pm
Anime-Manga - Saturday, June 23, 2018 | 9:29 pm
Anime-Manga - Sunday, June 10, 2018 | 8:13 pm
Anime-Manga - Thursday, June 7, 2018 | 8:27 pm
Top