Lagu Tokyo Bon Japanglish Mencuri Banyak Perhatian Warganet
J-Music - Monday, December 18, 2017 | 3:07 pm

Hai, minna! Kali ini kami ingin membahas mengenai salah satu lagu yang saat ini sedang viral di dunia maya. Lagunya sukses menghibur warganet dengan isi lagu yang lucu dan unik. Lagu ini berjudul Tokyo Bon Japanglish. Penasaran seperti apa lagunya? Baca artikel ini sampai akhir ya.

Bukan rahasia lagi bahwa perayaan-perayaan besar di Jepang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung asal luar. Di sini kita akan menemukan lorong-lorong dan persimpangan yang penuh dengan pemandangan serta suara yang unik dan restoran kecil di pinggiran jalan pun menawarkan makanan khas daerah yang lezat.

Dengan begitu banyak hal yang terjadi, ada kemungkinan tersesat dalam berpetualang di Jepang. Tapi jika itu terjadi, penduduk lokal yang ramah akan siap mengulurkan bantuan. Satu-satunya masalah yang mungkin dihadapi adalah mengatasi hambatan bahasa karena orang Jepang cenderung berbicara bahasa Inggris dengan aksen Jepang yang dijabarkan dengan alfabet katakana.

Istilah “Japanglish” berarti mempengaruhi pengucapan kata-kata Inggris menggunakan aksen bahasa Jepang. Istilah yang terkenal diantaranya adalah McDonald yang berubah menjadi “Makudonarudo”, beer menjadi “biiru”, dan susu (milk) menjadi “miruku”. Jika kalian pernah berada di Jepang selama bertahun-tahun, maka akan terbiasa menguraikan pengucapan Jepang untuk kata-kata bahasa Inggris. Namun untuk yang pertama kalinya berkunjung ke negara ini, pasti hal ini bisa menjadi pengalaman yang membuat bingung.

Yuk lihat videonya di bawah ini:

Bekerja sama dengan organisasi media Cool Japan TV, video klip  ini dirancang untuk mengekspresikan perasaan cinta dan benci yang dimiliki orang asing dengan Japanglish. Lagu ini dibawakan oleh Namewee dengan aktris Jepang bernama Meu Ninomiya yang berperan sebagi gadis SMA dengan seifuku (seragam) SMA-nya.

Cool Japan TV kemudian mengatur musiknya menggunakan unsur shamisen. Unsur ini yaitu instrumen tiga senar tradisional Jepang dengan gaya musik Okinawan untuk menciptakan sebuah lagu yang menggabungkan musik festival Jepang dan tarian Bon Odori dengan musik asing.

Tarian Bon Odori yang secara tradisional dilakukan di musim panas selama Obon Matsuri memainkan peran besar dalam gaya dan nada video yang berlangsung dengan judul resmi Tokyo Bon 2020 (Makudonarudo). Koreografer pemenang penghargaan Ukon Takafuji memasukkan langkah tarian ini ke dalam rutinitas yang terlihat di video klip tersebut.

Lagu ini mudah diingat saat begitu mendengarnya. Kita dapat mencoba menggunakan kata-kata Japanglish seperti “Makudonarudo, Guguru, Toiletto” jika ada kesempatan pergi ke Jepang secara langsung.

Bertepatan dengan Olimpiade Tokyo 2020 yang kurang dari 1.000 hari lagi, sekarang adalah saat yang tepat untuk lebih memahami seputar Japanglish. Bagaimana menurut kalian mengenai lagu ini? Semoga dengan lagu ini bisa menghibur dan dapat memberi pengetahuan baru.

Source: SoraNews24

Artikel ini dibuat oleh A-Lien


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Top