Tradisi Unik di Jepang, Tidaklah Lengkap Merayakan Natal Tanpa Ayam KFC
J-News - Tuesday, December 26, 2017 | 8:56 pm

Hai minna! Tahukah kalian mengenai tradisi unik yang dirayakan masyarakat Jepang saat menyambut perayaan Natal? Setiap tahunnya jika ada perayaan Natal, maka masyarakat Jepang pasti tidak lupa untuk membeli ayam goreng di KFC. Mengapa demikian? Baca artikel ini sampai akhir ya.

Di berbagai belahan dunia menandai Natal dengan segala jenis makanan meriah seperti penyajian daging ham hingga kue-kue seperti pie. Namun hal ini berbeda dengan tradisi yang berkembang di Jepang. Orang-orang di sana lebih suka menikmati paket ayam bucket di KFC untuk disantap bersama teman dekat atau keluarganya.

Sekitar 3,6 juta keluarga di Jepang menandai setiap tanggal 25 Desember dengan berpesta ayam goreng. Omset harian di beberapa cabang KFC  bahkan bisa mencapai hingga sepuluh kali lipat dari biasanya selama bulan Desember ini. Menu Natal spesial yang dikenal dengan sebutan Christmas Party Barrels sangat populer sehingga orang-orang memesannya beberapa minggu sebelum tanggal perayaan bergulir. KFC juga melakukan kampanye promosi dini untuk pesanan Natal.

Padahal Negara Jepang ini merupakan sebuah negara yang bahkan hanya 1% dari populasinya yang mengidentifikasi dirinya sebagai orang Kristen karena mereka menganut ajaran Shinto. Hal ini ternyata hasil kampanye iklan yang dilakukan lebih dari 40 tahun yang lalu oleh pihak KFC dalam mempromosikan ayam goreng mereka.

Mulai diadakan iklan ayam goreng ini bermula pada tahun 1970. Dimana pada tahun 1974, KFC semakin berusaha mempromosikan ini secara lebih meluas dengan membuat sebuah kampanye iklan yang bertemakan “Kentucky for Christmas.” Maka dari itu sejak tahun 70-an,  merayakan Natal dengan menyantap ayam goreng ini menjadi suatu tradisi populer di Jepang. Ayam goreng digambarkan sebagai suatu cara untuk mengisi kekosongan masyarakat Jepang saat Natal. Kolonel Sanders sebagai maskot KFC pun berpakaian khusus saat Natal, sehingga menarik perhatian orang-orang di sana.

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan induk KFC Yum Brands telah mempromosikan makanan cepat sajinya di seluruh Asia. Pertama kali memulai debutnya di cabang Filipina, kemudian diperkenalkan ke industri pasar Jepang pada awal Oktober.

Bagaimana minna? Sekarang sudah tau mengapa ayam KFC sangat terkenal di Jepang, kan? Jangan lupa mencoba berkunjung ke sana dan nikmati suasana pesta ayam goreng saat kalian berkesempatan Natal di Jepang.

Source: Fortune

Artikel ini dibuat oleh A-Lien


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Top