Lomba Pidato Bahasa Jepang Siswa SLTA Tingkat Nasional ke-17 Tahun 2018
J-Event - Monday, February 5, 2018 | 8:37 pm

Dalam rangka meningkatkan minat dan semangat siswa SLTA dalam mempelajari Bahasa dan budaya Jepang, serta mengaplikasikan pendekatan saintifikyang dipelajari melalui proses pemebelajaran dalam Kurikulum 2013, The Japan Foundation Jakarta bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan SMA, Ditjen. Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan Nasional akan menyelenggarakan “Lomba Pidato Bahasa Jepang Siswa SLTA Tingkat Nasional ke-17 Tahun 2018” pada,
Hari/Tanggal : Sabtu, 10 Februari 2018
Waktu : 09.30 – 13.00 wib.
Tempat : Auditorium Gedung Ki Hajar Dewantara
    Gedung A Lt. 3, Kemdikbud, Senayan, Jakarta

ACARA INI TERBUKA untuk disaksikan UMUM | GRATIS | tanpa tanda masuk

Kegiatan Lomba Pidato yang merupakan rangkaian acara Peringatan 60 tahun Hubungan Diplomasi Jepang — Indonesia ini akan diikuti oleh 13 siswa SLTA pemenang Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Daerah dari 13 wilayah MGMP Bahasa Jepang, yakni Sumatera Utara & Aceh (1 orang), Sumatera Barat & Riau (1 orang), Jabodetabek (2 orang), Jawa Barat (2 orang), Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta (2 orang), Jawa Timur (2 orang), Bali & NTB (2 orang) dan Sulawesi Utara (1 orang).

Para siswa ini akan memperlihatkan kebolehan berpidato dalam bahasa Jepang dengan tema-tema yang menarik tentang hal yang mereka lihat, mereka alami, ataupun mereka rasakan untuk meraih Undangan Kunjungan ke Jepang sebagai wakil dari Indonesia dalam Program “Japanese Speech Awards (JSA) for High School Students” dari Education Guardianship Group (EGG).

Sebagai Acara Selingan, akan ditampilkan :

  1. PERTUNJUKAN “KAMISHIBAI” (seni mendongeng khas Jepang), kolaborasi budaya Jepang-lndonesia untuk pendidikan keboncanaan oleh Yoko TAKAFUJI bersama P.M. Toh, Seniman dari Aceh mengangkat cerita Legenda Pulau Simeulue, Aceh.
  2. TARIAN JEPANG oleh Siswa/i dari 15 SMA & SMK di Jabodetabek
    1. Tarian Tradisional Jepang “TOKYO GORIN ONDO”
      Menggambarkan tentang kegembiraan menyambut Pesta Olimpiade Tokyo 2020
    2. Tarian Jepang Modern “BABURU DANCE”. Hadirin dapat turut menari bersama.

Kegiatan ini disponsori oleh : PT. Panasonic Manufacturing Indonesia, PT. Asuransi MSIG, PT. Hoyu Indonesia, Temple University Japan Campus, Penerbit Kesaint Blanc, dan didukung oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Education Guardianship Group (EGG), Jepang.

Pada acara Lomba Pidato yang merupakan rangkaian Peringatan 60 tahun Hubungan Diplomasi Jepang — Indonesia ini diharapkan sekitar 250 orang yang terdiri dari para siswa, pengajar, masyarakat Jepang dan Indonesia akan hadir menyaksikan acara lomba pidato bahasa Jepang ini.

Artikel ini dibuat berdasarkan siaran pers dari The Japan Foundation.


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Top