The Japan Foundation Akan Mengadakan Pameran Asia Student Package Design Competition
J-Event - Thursday, February 8, 2018 | 6:57 pm

The Japan Foundation (JF), lembaga nir-laba pemerintah Jepang yang berfokus di bidang pertukaran Budaya, pada tahun 2010 berinisiatif untuk menciptakan project pertukaran desain & kreativitas melalui program Asia Student Package Design Competition (ASPaC) yang bertujuan merangkul berbagai organisasi, perusahaan, pengajar, dan tenaga ahli di bidang desain untuk mewujudkan kolaborasi dan program pertukaran ilmu untuk pelajar dan mahasiswa Asia di bidang desain kemasan.

Di Indonesia, tahun ini JF memutuskan menggelar pameran ini di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang memiliki latar belakang kuat di bidang media komunikasi. Didirikan oleh Dr. (HC) Jakob Oetama, salah satu pendiri Kompas Gramedia, Universitas ber- Akreditasi Institusi “A” ini bertujuan menjadi universitas kelas dunia berbasis ICT (Information and Communication Technology) dan memajukan siswa menjadi profesional dan enterpreneur. Diharapkan penyelenggaraan acara ini semakin mendekatkan ASPaC kepada siswa Indonesia dan mendorong mereka agar lebih termotivasi serta berinisiatif untuk mengembangkannya lebih jauh.

Project kompetisi ini ditargetkan bagi desainer-desainer muda Asia di bidang desain kemasan untuk merangsang kreativitas mereka yang diharapkan dapat menjadi bagian dari persiapan karir di industri desain global. Project ini diwujudkan atas kerjasama ASPaC Executive Committee, Japan Foundation dan Japan Package Design Association. Kompetisi tahunan ini mulanya hanya melibatkan pelajar dan desainer muda Jepang dan Korea Selatan saja, hingga pada akhirnya tahun 2014 ditandai sebagai tahun pertama Indonesia berpartisipasi dalam ASPaC. Di Indonesia, The Japan Foundation Jakarta bekerjasama dengan Asosiasi Designer Grafis Indonesia (ADGI) dalam menyelenggarakan ASPaC, mulai dari proses penerimaan karya, penjurian, hingga malam penghargaan di Tokyo, Jepang.

Grand Prize – Taiwan

ASPaC Awards 2017
Lima puluh tiga karya yang dipamerkan pada pameran kali ini masing-masing menyuguhkan ide baru dan segar, yang mampu membuka wawasan publik mengenai konsep baru dalam mengemas produk sehari-hari. Delapan negara partisipan dalam kompetisi tahun ini adalah Jepang, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, Vietnam, Singapura, Malaysia, dan tentunya Indonesia.
Tema kompetisi tahun 2017 adalah Challenge, dengan menghadirkan karya-karya unik desainer muda Asia yang dapat diaplikasikan dalam peluang-peluang dan nilai-nilai baru desain kemasan. Dua puluh dua karya terbaik berhak mendapatkan hadiah dan penghargaan, di antaranya Grand Prize, Excellent Award, dan hadiah-hadiah lain dari sponsor. Lebih dari itu, masing-masing negara partisipan juga telah menentukan karya-karya desainer muda terbaiknya yang berhak meraih Merit Award. Pameran ini merupakan kali kedua diselenggarakannya di Indonesia sejak tahun 2015.

Bekerjasama dengan Universitas Multimedia Nusantara (UMN), pameran ASPaC Awards 2017 akan diselenggarakan pada tanggal 12 hingga 24 Februari 2018 di Hall A, kampus UMN, Tangerang. Selain itu pameran akan dilengkapi dengan berbagai seminar desain dari beberapa perusahaan Jepang, ADGI serta Kemeterian Perdagangan Republik Indonesia.

Gold Prize – Korea
Gold Prize – Taiwan
Silver Prize – Japan

TENTANG UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA
Universitas Multimedia Nusantara (UMN) didirikan pada 20 November 2006 atas inisiatif Dr. (HC) Jakob Oetama, salah satu pendiri Kompas Gramedia. Pada usia ke-10 di tahun 2017, UMN telah memperoleh Akreditasi Institusi “A” dan telah menetapkan tujuan menjadi universitas kelas dunia (world class university) yang berbasis ICT (Information and Communication Technology). UMN menawarkan 12 program studi S-1, antara lain: Informatika yang berfokus pada Mobile Application, Teknik Fisika yang berfokus pada Energy Management, Teknik Elektro yang berfokus pada Industrial Automation, Teknik Komputer yang berfokus pada Smart System&Technologies, Sistem Informasi yang berfokus pada ERP Data Analytic, Arsitektur yang berfokus pada Green Architecture, Manajemen, Akuntansi, Strategic Communication, Multimedia Journalism, Desain Komunikasi Visual, Film dan Animasi, serta program D-3 Perhotelan. UMN tidak hanya mendidik mahasiswanya untuk siap menjadi profesional atau tenaga riset (akademisi), namun juga mendidik untuk siap menjadi enterpreneur di bidang teknologi melalui program Skystar Ventures, bisnis inkubator UMN yang telah mendapat penghargaan inkubator terbaik dari Kemenristekdikti tahun 2016.

Silver Prize – Thailand
Bronze Prize – Taiwan
Bronze Prize – Thailand

JADWAL ACARA PAMERAN
12 – 24 FEBRUARI 2018
Senin – Jum’at | pk. 08.00 – 17.00 WIB
Sabtu – Minggu | pk. 10.00 – 15.00 WIB
*Hari Libur Nasional pameran tutup.
di Hall A, Universitas Multimedia Nusantara (UMN)
Jl. Scientia Boulevard, Gading Serpong, Tangerang
Terbuka untuk Umum (GRATIS)

PRESS CONFERENCE
SENIN, 12 FEBRUARI 2018 | pk. 12.00 – 13.00
di Hall B, Universitas Multimedia Nusantara

PEMBUKAAN PAMERAN
SENIN, 12 FEBRUARI 2018 | pk. 14.00 – 15.00
di Hall B, Universitas Multimedia Nusantara

SEMINAR & TALKSHOW
Selasa, 13 Februari 2018
pk. 11.00 – 12.30 WIB: NAO Robot Introduction oleh PT. Softbank Telecom Indonesia
pk. 14.00 – 15.30 WIB: Rebranding Packaging oleh Bpk. Budi Haryanto dari PT. Zebra Asaba Industries

Kamis, 22 Februari 2018
pk. 11.00 – 12.30 WIB: Penjurian ASPaC Indonesia oleh Muhammad Imaduddin dari Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI)
pk. 14.00 – 15.30 WIB: Penjelasan ASPaC oleh Takaki Mohri, Komisaris Japan Package Design Association (JPDA)

ASPaC 2018
ASPaC akan kembali digelar di tahun 2018 ini dengan tema yang berbeda. Kompetisi akan berjalan mulai dari pertengahan hingga akhir tahun 2018, dan karya-karya terbaiknya akan dipamerkan di tahun 2019 di beberapa negara partisipan.
Kompetisi ini terbuka bagi seluruh mahasiswa desain yang berdomisili di negara-negara partisipan. Di Asia, desainer muda Indonesia kini sudah tidak lagi dipandang sebelah mata saja oleh pihak asing, terlebih lagi kini Japan Foundation semakin giat menyelenggarakan program-program kolaborasi budaya Indonesia dan Jepang.
Dengan diselenggarakannya kembali acara ini diharapkan di tahun mendatang jumlah partisipan ASPaC Indonesia semakin banyak .
Mengenai tema, jadwal, dan ketentuan kompetisi selanjutkan akan diumumkan melalui website dan sosial media The Japan Foundation Jakarta, atau melalui www.aspac.jp

ORGANIZER
The Japan Foundation, Jakarta
Summitmas 1, 2-3 floor. Jl. Jend. Sudirman kav.61-62, Jakarta 12190
Tel: 021-5201266
Email: pkj@jpf.or.id
Web: www.jpf.or.id
Facebook: The Japan Foundation, Jakarta
Twitter: @JF_Jakarta

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Seni & Desain
Universitas Multimedia Nusantara
Jl. Scientia Boulevard, Gading Serpong
Tangerang, Banten 15811
Tel: 021-54220808
Email: marketing@umn.ac.id

Asosiasi Designer Grafis Indonesia (ADGI)
One Pacific Place, Level 11, SCBD Area
Jl. Jend. Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190
Email: kabar@adgi.or.id

Artikel ini dibuat berdasarkan siaran pers dari The Japan Foundation.


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Top