[Interview] Hakken Ryou, Cosplayer Hebat Dengan Sentuhan Crossdress yang Menghipnotis Penggemarnya
J-Event - Wednesday, May 16, 2018 | 8:28 pm

Hai mina-san! Bertemu lagi dengan tim jurnalistik Nippon Club yang baru-baru ini mengunjungi Creators Super Fest 2018 alias CSF18 tanggal 12-13 Mei lalu. Nah, pada CSF18 hari pertama, kami berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan salah satu bintang tamu acara ini, yaitu Hakken Ryou.

Hakken Ryou adalah seorang cosplayer asal Malaysia yang telah memulai cosplay sejak tahun 2010 dengan passion di costume making, make up dan fotografi. Hakken juga tampil sebagai bintang tamu di berbagai acara di Asia Tenggara dan beberapa negara lainnya. Masih penasaran tentang Hakken Ryou? Yuk simak saja wawancaranya berikut ini!

Q : Apakah ini pertama kalinya anda datang ke Indonesia?

A : Ini sebenarnya bukan pertama kalinya karena saya pernah ke Bandung sebelumnya. Tetapi untuk Jakarta, ini adalah pengalaman pertama saya berkunjung di sini.

Q : Bagaimana pendapat anda tentang penggemar anda di Indonesia ini?

A : Orang-orang di sini begitu baik dan ramah. Hal ini juga membuat saya merasa tersambut saat saya tiba disini. Penyambutan itu pun membuat saya merasa nyaman berada di Indonesia.

Q : Apa yang anda sukai dari Indonesia?

A : Saya suka semua makanan di Indonesia. Makanan di sini semuanya enak-enak dan saya sangat menyukai itu. Makanan tradisionalnya pun enak menurut saya.

Q : Bagaimana kesan anda terhadap Indonesia saat pertama kalinya berkunjung disini?

A : Saya pikir kesan yang pertama kali muncul adalah cuacanya yang panas. Saya tidak tahu apakah itu karena kebetulan cuaca yang sedang panas atau memang Indonesia selalu memiliki hawa panas. Tetapi hal itu bukan berarti menjadi persoalan untuk saya.

Q : Sudah berapa lama anda menggeluti dunia cosplay ini?

A : Saya kurang lebih sudah 8 tahun berada di dunia cosplay ini karena debut pertama saya adalah pada tahun 2010 yang lalu.

Q : Apa yang membuat anda tertarik untuk terjun ke dunia cosplay?

A : Yang menarik perhatian saya untuk terjun ke dunia cosplay adalah karena Naruto. Suatu hari saya mencoba mencari video tutorial mengenai itu di Youtube mulai dari make up dan cara pembuatan properti nya juga. Dan sejak itulah saya mulai menjalankan project cosplay saya dengan crossdress itu.

Q : Kan anda mengatakan bahwa alasan anda terjun cosplay karena Naruto, nah karakter apa yang pertama kali anda cosplay-kan di sana?

A : Karakter di dalam Naruto yang saya pilih adalah Itachi. Saya memilih dia untuk project cosplay saya.

Q : Apakah ada tokoh idola anda yang jadikan panutan dalam cosplay?

A : Tokoh idola saya adalah Lala yang berasal dari China. Saya pikir dia saat cosplay selalu menampilkan yang terbaik dan bisa menghayati peran karakter yang sedang digunakan dengan sangat baik juga. Itulah alasan saya memilih dia untuk sumber inspirasi saya dalam cosplay.

Q : Selain cosplay, apakah ada bidang lain yang anda tekuni?

A : Ya selain cosplay saya juga suka dalam menggambar. Saya suka menggambar ketika saya memiliki waktu luang. Saya juga belajar bagaimana teknik yang baik dalam menggambar ini. Gambar ini juga bisa diaplikasikan dalam pembuatan kostum untuk cosplay saya.

Q : Mengapa anda memilih untuk crossdress?

A : Karena memang sesungguhnya saya menyukai karakter lelaki. Alasannya adalah personality dari karakter lelaki itu biassnya cenderung nampak cool dan hal itu cocok dengan saya.

Q : Bagian tersulit dalam bercosplay menurut anda itu terletak di bagian mana?

A : Menurut saya, bagian tersulit dalam cosplay itu ketika kita harus mampu memerankan karakter yang kita pilih. Setiap karakter pasti memiliki keunikan yang berbeda-beda di dalamnya dan kita harus memahami betul akan sifat tersebut serta ikut merasakan apa yang karakter itu rasakan.

Q : Karena anda sudah cukup lama menggeluti dunia cosplay, suka duka apa saja yang telah anda alami dalam bercosplay ini?

A : Suka nya dalam bercosplay adalah saat mendapatkan apresiasi terhadap karya cosplay yang kita tampilkan. Saya juga bahagia ketika banyak orang menyukai karakter yang saya pilih. Kemudian saya juga senang karena dari cosplay bisa menambah teman dan bisa melakukan cosplay ini bersama dengan mereka. Lalu, dukanya dalam bercosplay adalah ketika kita menerima celaan atau bahkan hinaan dari orang lain. Seperti yang kita ketahui bahwa sebagai public figure pasti celaan dan hinaan tidak luput menyertai di setiap pencapaian karya kita. Cara untuk mengatasinya ya biasanya saya berusaha untuk cuek akan hal itu dan tidak begitu memikirkannya tetapi saya juga harus instropeksi diri lagi agar menjadi lebih baik.

Q : Apa yang ingin anda sampaikan kepada orang-orang yang baru ingin memulai cosplay seperti anda?

A : Saya ingin berpesan bahwa dalam bercosplay itu “do your best!”. Kita harus berani memulainya dan jangan takut untuk mencobanya. Lakukan saja hal yang menurutmu itu terbaik.

Sekian wawancara kami bersama Hakken Ryou. Semoga dari hasil wawancara ini, kalian bisa lebih mengenal sosok Hakken Ryou dan terutama bagi kalian yang baru menjadi cosplayer bisa terinspirasi oleh pengalamannya!

Kami sangat berterima kasih kepada Hakken Ryou yang telah meluangkan waktunya untuk menceritakan pengalamannya sebagai cosplayer kepada kami, semoga sukses selalu dan impiannya dapat tercapai. Terima kasih juga kepada panitia Creators Super Fest yang telah memberi kami kesempatan untuk melakukan wawancara ini. Nantikan wawancara dan artikel lainnya dari Nippon Club!

Interview ini dilakukan oleh A-Lien dan Strylet


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Event - Friday, August 17, 2018 | 9:08 am
J-Event - Friday, August 17, 2018 | 9:08 am
J-Event - Thursday, August 16, 2018 | 10:38 am
J-Event - Monday, August 13, 2018 | 9:30 pm
Top