Film Karya Noriaki Tsuchimoto Ditayangkan di Pole-Pole Higashinakano, Tokyo
J-News - Monday, May 28, 2018 | 6:43 pm

Sebuah teater di Tokyo akan menayangkan semua film dokumentasi tentang Sindrom Minamata dari Noriaki Tsuchimoto. Event ini dilaksanakan pada 16 sampai 29 Juni di Teater Pole-Pole Higashinakano untuk memperingati 10 tahun meninggalnya Tsuchimoto. Tsuchimoto menderita kanker paru-paru dan menghembuskan nafas terakhir pada 24 Juni 2008 pada usia 79 tahun.

Tsuchimoto terkenal akan karyanya tentang Sindrom Minamata yang disebabkan oleh kontaminasi Mercury. Sindrom Minamata melanda Jepang, terutama area Minamata karena pembuangan Mercury oleh perusahaan Chisso Corp ke Minamata Bay yang menyebabkan kontaminasi pada ikan dan hasil laut lainnya. Sindrom ini mengakibatkan rusaknya sistem saraf dan menyebabkan cacat lahir.

Tsuchimoto memulai karirnya pada tahun 1956 di Iwanami Productions (岩波映画製作所 Iwanami Eiga Seisakusho) kemudian menjadi direktur untuk film Aru Kikanjoshi yang menceritakan tentang bisnis kereta api di Jepang.

Dia mengunjungi Minamata di Prefektur Kumamoto pada tahun 1965 karena diberi tugas untuk membuat dokumentasi untuk Sindrom Minamata. Namun pada proses pengambilan gambar dia dimarahi oleh seorang ibu karena mendekati anaknya dengan kamera. Walau mendapatkan pengalaman buruk Tsuchimoto terus melanjutkan tugasnya, dibantu oleh pasien lain dan juga penulis terkenal Michiko Ishimure.

Karya lain yang pernah dibuat oleh Tsuchimoto adalah sebuah cerita tentang Iri dan Toshi Maruki, sepasang kekasih yang membuat panel besar tentang pengeboman di Hiroshima dan Nagaski pada tahun 1945 yang sekarang dikenal sebagai Panel Hiroshima beserta berbagai panel lain tentang Minamata. Film tentang bagaimana pasangan Maruki dan Iri membuat panel yang ditampilkan di Maruki Gallery juga akan ditayangkan pada event ini.

Source: Japan Today

Artikel ini dibuat oleh Radclyffe


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-News - Thursday, December 13, 2018 | 10:58 am
J-News - Wednesday, December 12, 2018 | 1:35 pm
J-News - Saturday, December 8, 2018 | 4:00 pm
J-News - Saturday, December 1, 2018 | 2:23 pm
Top