Setelah Diserang Akibat Menjahili Pembawa Acara TV, Maskot Kumamon Meminta Maaf
J-News - Saturday, June 2, 2018 | 4:10 pm

Di Jepang, berbagai jenis hal memiliki maskotnya sendiri, mulai dari game, anime, produk, hingga kota atau prefektur, yang berfungsi sebagai bahan promosi dan “wajah” dari produk atau daerah terkait. Bahkan hampir semua kota dan prefektur di Jepang memiliki maskot yang merepresentasikan daerahnya sendiri.

Di antaranya yang cukup terkenal tidak hanya di Jepang, namun di kalangan internasional juga, adalah maskot Prefektur Kumamoto yang bernama Kumamon. Kumamon yang diciptakan oleh pemerintahan Prefektur Kumamoto untuk mempromosikan prefektur tersebut dengan wujud beruang hitam lucu ini pernah menjadi karakter maskot atau yuru-chara paling terkenal di Jepang pada tahun 2011. Kumamon juga telah dikenal oleh masyarakat dunia karena luasnya penyebaran merchandise serta timbulnya meme dan gambar lucu lainnya mengenainya.

Salah satu foto paling ikonik dari maskot Kumamon

Dengan ketenaran dan penghasilannya yang tinggi, ada juga “tanggung jawab” besar yang dipegang oleh Kumamon sebagai perwakilan para maskot di Jepang untuk tidak melakukan perilaku yanng mencoreng nama prefektur asalnya serta nama maskot secara umum.

Sayangnya, Kumamon melakukan kesalahan kecil namun tragis dengan bertindak nakal pada saat siaran acara Eitaro No Kataranne yang direkam di Minamiaso, Kumamoto.

Pada video di atas, terlihat pembawa acara Hiroki Ota dan Kumamon yang mengunjungi sebuah tempat servis di pinggir jalan untuk mencicipi beberapa Tonkatsu Soba khas lokal. Setelah meletakkan makanannya di atas meja, Kumamon tiba-tiba memegang kursi Ota dan menariknya. Akibatnya, Ota terjatuh dan terkena sedikit cipratan kuah panas. Setelah menggeliat kesakitan selama beberapa saat, Ota berdiri dan mengatakan bahwa ia akan mencoba makanannya nanti.

Sesaat setelah siarannya, rekaman tersebut menjadi viral di internet dan menarik berbagai komentar positif dan negatif. Ada yang menganggapnya sangat lucu, sedangkan ada yang menganggap hal tersebut sangat berbahaya dan anak-anak di dekatnya mungkin saja meniru hal tersebut.

Meski tak bisa berbicara maupun menunjukkan ekspresi wajah selain tersenyum sadis, Kumamon berusaha untuk menunjukkan penyesalannya setelah kejadian ini melalui rekaman di balik layar berikut.

Beberapa orang juga berpendapat bahwa kejadian tersebut bukan tindakan kejahilan, justru kelihatannya Kumamon mencoba untuk menarik kursi tersebut agar Ota bisa duduk. Dengan keterbatasan penglihatan akibat memakai kostum maskot tersebut, Kumamon gagal melakukannya.

Meski begitu, J-Cast News juga berbicara dengan perwakilan dari Prefektur Kumamoto yang membenarkan bahwa kejadian tersebut memang adalah kejahilan yang dilakukan secara spontan oleh orang di dalam Kumamon dan bukan direncanakan oleh acara tersebut. Mereka juga menyebutkan telah menerima banyak keluhan dan telah memberikan peringatan tegas kepada si pemakai kostum Kumamon. Orang tersebut sangat menyesali perilakunya, awalnya ia berpikir tingkahnya tersebut lucu dan tidak menyangka bisa terjadi hal seperti itu.

Beberapa pejabat juga telah menghubungi Ota yang mengabarkan bahwa ia tidak terluka parah dan tidak memendam rasa benci terhadap Kumamon. Pada akhirnya, kejadian tersebut baginya hanyalah salah satu kenangannya di TV.

Setelah kejadian yang mencoreng namanya ini, Kumamon harus berkerja lebih keras lagi untuk mendapatkan kepercayaan publik kembali ya!

Source: SoraNews24

Artikel ini dibuat oleh Genshin.


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-News - Thursday, December 13, 2018 | 10:58 am
J-News - Wednesday, December 12, 2018 | 1:35 pm
J-News - Saturday, December 8, 2018 | 4:00 pm
J-News - Saturday, December 1, 2018 | 2:23 pm
Top