[Event] Ennichisai 2018, Merasakan Suasana Ala Jepang di Jakarta
J-Event - Tuesday, June 26, 2018 | 7:26 pm

Ennichisai merupakan festival Seni dan Kuliner Jepang yang diadakan tiap tahun di kawasan Blok M, Jakarta sejak tahun 2010. Acara ini diselenggarakan oleh komunitas orang Jepang yang berada di Indonesia, sebagai tanda terima kasih kepada masyarakat Indonesia melalui sebuah festival Jepang tahunan yang diadakan selama 2 hari. Ennichisai dikenal juga dengan festival kebudayaan terbesar di Indonesia dengan jumlah pengunjung yang mencapai 300.000 orang per tahunnya.

Pada tahun 2018 ini, Ennichisai mendapat kehormatan untuk menjadi rangkaian acara perayaan 60 tahun persahabatan Indonesia-Jepang. Acara yang didukung oleh Japan Embassy, Japan Foundation, JETRO dan JNTO ini selalu berhasil menarik masa yang tidak sedikit. Tahun ini Ennichisai akan diadakan pada 30 Juni – 1 Juli 2018 di kawasan ruko Melawai, Little Tokyo Blok M. Setiap tahunnya, Ennichisai menyuguhkan berbagai macam kegiatan yang menarik mulai dari bazaar hingga pertunjukan-pertunjukan yang ditunggu oleh pengunjungnya. Tahun ini Ennichisai menghadirkan 3 panggung yang memiliki konten yang berbeda-beda.

Booth

Ratusan booth menarik seperti booth pernak-pernik dan makanan menjadi salah satu daya tarik dari acara ini. Banyaknya booth yang menjual makanan khususnya makanan Jepang, menjadikan acara ini sangat menarik bagi pengunjung yang menyukai wisata kuliner. Jajanan seperti takoyaki, taiyaki, okonomiyaki dan berbagai macam makanan lainnya berderet memenuhi jalan di Little Tokyo, Blok M.

Main Stage

Main stage atau yang dikenal juga dengan Traditional Stage merupakan panggung yang berisikan berbagai macam performance kebudayaan. Di panggung ini, pengunjung dapat menyaksikan berbagai kebudayaan tradisional seperti Wadaiko, Eisa Taiko, Oiran Dochu, Shamisen, Tarian Selamat Datang, Gambang Kromong dan berbagai seni gabungan Indonesia dan Jepang lainnya.

Pop Culture Stage

Pop culture stage merupakan panggung yang menampilkan kebudayaan Pop Jepang yang unik dan banyak pengemar Pop Jepang yang unik dan sangat menarik untuk disaksikan. Performer asal Jepang akan tampil di panggung ini. Para performer tersebut dengan sukarela tampil di Ennichisai sebagai wujud dukungan dan apresiasi mereka terhadap misi dari Ennichisai itu  sendiri. Di panggung ini juga diadakan GrandFinal dari kompetisi cosplay tingkat nasional, Indonesia Cosplay Grand Prix yang sebelumnya telah melakukan penyisihan di beberapa kota besar di Indonesia. Pemenang dari kompetisi ini akan mewakili Indonesia untuk bertanding di World Cosplay Summit di Jepang. Indonesia sendiri telah beberapa kali meraih prestasi di ajang World Cosplay Summit.

Chika Stage

Chika stage merupakan panggung baru yang berada di area basement dari Blok M Mal. Di panggung ini, pengunjung dapat menyaksikan penampilan dari idol group-idol group dan band-band lokal yang telah terpilih untuk menjadi pengisi acara pada audisi di acara chikafest sebelumnya. Tidak hanya idol group dan band, Chika Stage juga akan diramaikan oleh penampilan dari kebudayaan Jepang. Sesuai dengan Ennichisai tahun ini yang mengusung tema Passion, Chika stage memberikan kesempatan kepada idol group dan band yang tampil untuk mencurahkan passion mereka sebagai performer di panggung ini.

Bonten

Grup Taiko profesional ini sudah berdiri sejak tahun 1999 dan debut pada tahun 2000. Penampilannya yang selalu enerjik dan penuh teknik ini menarik perhatian dari berbagai negara. Bonten berharap pertunjukannya dapat menunjukan keindahan hidup kepada pendengarnya.

Mikoshi

Mikoshi adalah sebuah kuil kecil yang diarak oleh sekumpulan orang mengelilingi suatu wilayah saat festival sedang berlangsung di daerah tersebut. Di Ennichisai, mikoshi akan diarak mengelilingi kawasan Little Tokyo. Arakan mikoshi ini menjadi salah satu tontonan yang ditunggu-tunggu oleh pengunjung.

Oiran

Oiran adalah wanita yang bertugas untuk menghibur pada jaman Edo. Oiran sendiri pada masa sekarang telah menjadi budaya yang dilestarikan. Untuk menjadi seorang Oiran, seorang wanita harus melalui pendidikan keterampilan seperti merangkai bunga, upacara minum teh dan kaligrafi. Seorang Oiran juga harus terampil dalam memainkan alat musik tradisional. Di Ennichisai, Oiran akan berparade mengelilingi area festival.

Semaraknya Ennichisai tentu saja didukung oleh penampilan dari performer performer ternama dari Jepang seperti Kimi ga Watashi Dake no Oujisama Dattara (Kimidake), Enka Joushi Lupinas, Hati Hati Techno, DJ Misaki, DJ Melochin, Yoshimoto, Hiroaki Kato, CoLon, Rush300, Bonten, Kamikaze (Narita – Ito Keisuke), Loka, Addiction dan masih banyak lagi.

Untuk info lebih lanjut klik www.ennichisaiblokm.com

Artikel ini dibuat berdasarkan siaran pers dari Ennichisai


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Event - Saturday, July 14, 2018 | 4:06 pm
J-Event - Saturday, July 14, 2018 | 3:49 pm
J-Event - Thursday, July 12, 2018 | 1:51 pm
J-Event - Thursday, July 12, 2018 | 1:50 pm
Top