[Interview] Back-On: Target Kedepannya, Lagu Anime Favorit, dan Pendapat Mengenai Indonesia
J-Music - Sunday, September 2, 2018 | 10:01 pm

Halo Minna, pada GJUI 24 kami berkesempatan untuk mengikuti kegiatan konferensi pers untuk guest star pada acara kali ini yaitu Back-On. Bagi yang belum tahu, Back-On adalah grup band yang berisikan dua orang personil yaitu Kenji03 dan Teeda. Back-On terkenal melalui lagu-lagunya yang sering sekali menghiasi anime-anime terkenal di Jepang seperti lagu Strike Back yang menjadi salah satu lagu pembuka anime Fairy Tail dan Chain yang menjadi lagu pembuka untuk Air Gear. Ingin mengetahui Back-On lebih jauh? Yuk simak hasil konferensi persnya.

Q: Bagaimana rasanya pertama kali datang ke Indonesia?
A: Ini pertama kalinya kami ke Indonesia, dan kami sangat senang bisa datang ke Indonesia apalagi setelah melihat melalui sosial media bahwa kami memiliki banyak penggemar di Indonesia.

Q: Sekarang anggota Back-On hanya menyisakan dua orang, apakah ada rencana untuk menambah anggota lagi?
A: Kami saat ini sedang membuat lagu yang khusus untuk kami berdua, sehingga untuk saat ini belum ada rencana untuk menambah anggota lagi.

Q: Bisa diceritakan awal mulanya Back-On terbentuk dan apa menyebabkan anggota Back-On sekarang hanya dua orang?
A: Back-On awalnya adalah sebuah band SMA dan berjalan untuk waktu yang cukup lama, dan dalam waktu yang cukup lama ini banyak hal yang berubah dan salah satunya adalah tujuan untuk bermain musik. Hal itu yang menjadi salah satu alasan kenapa kami sekarang tinggal berdua.

Q: Back-On sering dikenal karena membawakan lagu-lagu anime, apakah ada kesulitan atau tantangan tersendiri ketika membawakan lagu-lagu untuk anime?
A: Untuk kesulitan seharusnya tidak ada, untuk tantangannya adalah kami harus membuat lagu yang cocok dengan anime tersebut, dan harus bisa membuat music video di mana karakter-karakter dari anime tersebut cocok untuk dimasukkan.

Q: Lagu Back-On banyak yang mengisi pembuka atau penutup dari anime, dari semua anime itu apakah ada anime yang paling disukai?
A: Salah satu anime yang paling berkesan adalah Air Gear di mana kami mengisi lagu pembukanya yang berjudul Chain, karena anime itu adalah anime pertama yang menggunakan lagu kami dan akhirnya mengantarkan kami hingga panggung internasional.

Q: Ketika menciptakan lagu, dari mana Back-On mendapatkan inspirasi?
A: Untuk inspirasi kami harus melihat animenya dulu, namun terkadang kami juga membuat lagu sesuai dengan apa yang sedang kami rasakan dan alami, kira-kira itu yang menjadi inspirasi utama kami.

Q: Apa yang akan kalian lakukan jika kehabisan ide untuk membuat lagu?
A: Jika kami kehabisan ide biasanya kami akan berhenti dulu untuk sementara dan melakukan hal-hal yang berbeda seperti bermain dengan anjing, karena jika dipaksakan maka ide tersebut tidak akan keluar dan dengan melakukan hal yang berbeda akan muncul ide-ide baru.

Q: Pada tahun 2018 ini akan ada kelanjutan dari anime Fairy Tail, apakah Back-On akan mengisi untuk anime tersebut?
A: Sampai saat ini kami belum ada rencana untuk pembuatan lagu Fairy Tail.

Q: Salah satu lagu Back-On yang berjudul Carry On mendapatkan komentar yang beragam di internet karena mengubah rap-nya menjadi reggae, kalau boleh tahu apa yang menjadi inspirasi atau alasannya?
A: Lagu Carry On adalah lagu pertama yang kami ciptakan ketika anggota Back-On tinggal kami berdua, yang ingin kami sampaikan adalah, walaupun kami tinggal berdua kami tetap bisa berkreasi dan menjadi lebih bebas dalam berekspresi dan kami ingin mencoba banyak hal baru seperti hip hop dan reggae.

Q: Apakah Back-On memiliki rencana untuk mengeluarkan album baru dalam waktu dekat?
A: Ada rencana untuk mengeluarkan album dan lagu baru, dan sekarang sedang dalam proses.

Q: Sejak kapan Teeda mulai menyukai rap, dan apakah ada rapper favorit?
A: Saya mulai menyukai dan melakukan rap sejak usia 13 tahun, untuk rapper favorit saya menyukai Snoop Dogg dan Lauryn Hill.

Q: Apakah ada keinginan dan target yang belum dicapai oleh Back-On?
A: Untuk keinginan kami ingin mencoba membuat lagu dari bahasa lain seperti bahasa Inggris, Mandarin dan bahasa-bahasa lainnya.

Q: Back-On sudah sering tampil di berbagai negara, apakah ada hal yang berkesan dari salah satu penampilannya?
A: Ada satu hal yang sangat saya ingat, yaitu ketika kami selesai tampil di Brazil, koper kami tidak sampai di bandara, padahal saat itu kunci rumah kami berada di dalam koper dan kami harus tampil pada suatu acara televisi dan akhirnya kami menggunakan baju manajer kami untuk tampil.

Q: Tahun ini Indonesia dan Jepang sedang merayakan ulang tahun yang ke-60 dalam hubungan diplomatik, apakah dari Back-On ada harapan untuk kedua negara ini?
A: Kami sudah mengetahui mengetahui 60 Tahun Jepang-Indonesia ini karena sebelumnya kami memiliki jadwal untuk tampil pada Festival Indonesia di Tokyo namun batal karena badai. Harapan kami adalah apa yang menjadikan keunikan di Indonesia seperti sejarah dan budaya dapat dikenalkan lebih luas lagi di Jepang.

Q: Sekarang Indonesia sedang menggelar Asian Games ke-18, apakah ada rencana untuk mendukung atlit-atlit Jepang secara langsung?
A: Karena tujuan utama kami datang ke sini untuk tampil di GJUI24 jadi untuk jadwal kurang memungkinkan, jadi sepertinya kami belum bisa untuk menonton secara langsung (Asian Games), seandainya suatu saat kami datang ke Indonesia lagi memang untuk berlibur dan ada kegiatan seperti Asian Games ini lagi, tentu kami akan sangat senang untuk menontonnya dan walaupun tidak bisa menonton secara langsung kami tetap mendukung Jepang dalam Asian Games kali ini.

Q: Apakah ada hal menurut kalian menarik dari Indonesia?
Kenji03: Saya sangat tertarik dengan makanan di Indonesia seperti nasi goreng.
Teeda: Indonesia adalah salah satu negara yang paling ingin saya kunjungi karena saya sangat suka dengan Bali dan saya juga mendengar bahwa fans di Indonesia sangat banyak itu cukup menarik bagi saya.

Q: Apakah ada pesan kepada para penggemar Back-On di Indonesia?
A: Karena Indonesia adalah salah satu negara yang paling ingin kami kunjungi, dan kami sering mendapatkan pesan di media sosial dari para penggemar di Indonesia seperti pesan dukungan, ada yang mengirimkan pesan ingin menonton langsung kami, yang ingin kami sampaikan adalah, selamat menikmati penampilan kami, karena kami sekarang sudah berada di sini.

Terima kasih kepada panitia GJUI24 yang telah mengundang Nippon Club untuk bisa menghadiri konferensi pers ini dan untuk seluruh pembaca yang sudah membaca artikel konferensi pers dengan Back-On. Sampai bertemu di artikel berikutnya!

Artikel ini dibuat oleh ponyonyon


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Music - Saturday, November 10, 2018 | 1:57 pm
J-Music - Friday, September 7, 2018 | 5:55 pm
J-Music - Thursday, September 6, 2018 | 4:10 pm
J-Music - Saturday, August 25, 2018 | 5:50 pm
Top