[Liputan] Semarak Gempita Hari Kedua C3 AFA Jakarta 2018
J-Event - Thursday, September 6, 2018 | 4:20 pm

Hai minna, kali ini tim jurnalistik Nippon Club akan melanjutkan peliputan untuk hari kedua event C3 AFA Jakarta 2018. Berbeda dengan hari pertama, kegiatan di hari kedua terbagi menjadi 4 kegiatan yaitu di antaranya ada Exhibition, Akiba Stage, Day Stage dan konser I Love Anisong.

Antusiasme dari pengunjung nampaknya tidak padam walaupun di hari kedua. Hal ini terlihat pada antrean yang memanjang sejak pagi demi membeli tiket secara OTS (On The Spot). Mereka yang tidak mendapatkan tiket secara online rela datang sejak pagi hari untuk membeli tiket langsung pada hari-H ini.


Exhibition


Karena di luar pun antrean memanjang, maka tak heran saat memasuki venue kalian akan disuguhkan berbagai macam booth yang dipenuhi oleh banyak orang pula. Para pengunjung saling berburu barang-barang yang mereka sukai disini.

Bukan hanya booth yang menjual berbagai merchandise anime, namun kalian juga akan banyak menemui booth game. Salah satunya adalah VR game. Kepanjangan dari VR game ini adalah Virtual Reality di mana pemain akan merasakan sensasi yang berbeda dari game lainnya. Sang pemain akan mendapatkan sensasi 3D sehingga terasa seperti nyata saat bermain. Berikut ini adalah salah satu contohnya.


Untuk penggemar card games, ada booth dari Bushiroad yang menjual berbagai macam mengenai permainan kartu ini. Bukan hanya menjual produk tetapi pihak Bushiroad juga menyediakan tempat untuk pengunjung yang ingin bersantai sembari bermain kartu bersama teman-teman dan orang yang lainnya.


Akiba Stage


Pada Akiba Stage pertama-tama dibuka oleh special showcase dari Gamestart Panel yang kemudian dilanjutkan oleh Kizuna Ai. Tentu saja penampilan dari Kizuna Ai sangat memukau para pengunjung yang hadir pada hari kedua ini. Panggung pun seketika dipenuhi oleh para penggemar Virtual Youtuber Kizuna Ai.

Kizuna Ai

Persembahan yang luar biasa pun dihadirkan oleh kolaborasi grup dance dan DJ. Mereka adalah Cyalume Dance yang berkolaborasi dengan DJ Lumica. Bukan hanya menarik, tetapi penampilan mereka benar-benar mampu membuat pengunjung menjadi terhibur oleh performa yang diperlihatkan itu.

Cyalume Dance

DJ Lumica

Selain itu, di Akiba Stage pun menampilkan penampilan dari para cosplayer. Salah satunya adalah Aza Miyuko. Berikut ini adalah momen yang ada bersama Aza Miyuko.

Aza Miyuko


Day Stage


Berbeda dengan Akiba Stage, yang mendapat akses masuk pada bagian Day Stage adalah bagi mereka yang memiliki tiket masuk Exhibition + Stage ataupun bagi pemilik tiket concert GA dan concert VIP. Sedangkan Akiba Stage bisa dikunjungi oleh siapa saja yang mempunyai tiket masuk biasa.

Day Stage dibuka dengan screening dari anime K: Seven Stories「R:B ~BLAZE~」 yang kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai anime Release The Spyce yang dibawakan oleh Yukari Anzai sebagai pengisi suara dari salah satu karakter di dalamnya yaitu Momo Minamoto.


Kemudian selanjutnya adalah special showcase dari Kizuna Ai. Bukan hanya menyapa para penggemarnya di Indonesia, tetapi juga bermain game bersama dengan pengunjung yang hadir. Kizuna Ai mengadakan turnamen Janken/Janken Taikai tetapi menggunakan sistem suit di Indonesia. Bagi pemenang permainan ini mendapatkan hadiah khusus dari Kizuna Ai.

Setelah penampilan dari Kizuna Ai, dilanjutkan oleh penampilan spesial dari Eri Sasaki. Ia telah mengisi beberapa lagu tema anime seperti untuk seri Plastic Memories dan Yuru Camp. Ia juga terkenal sebagai singer-song writer asal Negeri Bunga Sakura itu.

Adapun daftar lagu yang dibawakan Eri Sasaki saat konser Day Stage berlangsung adalah sebagai berikut.

  1. GATE OF STEINER
  2. Ring of Fortune
  3. YURUSU
  4. Dia vo Lhizer
  5. Shampoo
  6. Haruka naru Tabi
  7. Time To Wake UP
  8. Fuyubiyori

Acara dilanjutkan dengan featured anime showcase dari Lost Song. Salah satu yang hadir disini ada Konomi Suzuki sebagi pengisi suara dari Rin sekaligus pengisi lagu soundtrack anime nya dan sutradara JUMPEI & MORITA. Salah satu lagu yang disukai Konomi Suzuki pada anime ini berjudul Iyashi no Uta. Lost Song merupakan anime yang menitik beratkan kekuatan musik dan lagu di dalamnya. Lost Song pun akan mulai tayang di Indonesia pada tanggal 28 September 2018 di Netflix.


Acara pada Day Stage pun ditutup dengan perkenalan dari bintang I Love Anisong. Mereka adalah Ami Wajima, BAND-MAID, Mashiro Ayano, Megumi Nakajima, dan TRUE.


I Love Anisong


Konser I Love Anisong hari kedua dibuka dengan penampilan dari BAND-MAID, grup band aliran rock dengan ciri khas berupa personil yang mengenakan kostum maid. Meski brpakaian seperti pelayan pada maid cafe, para wanita ini mampu mengguncang suasana konser dengan lagu-lagu rock mereka yang energik. Di sela penampilan mereka, BAND-MAID juga menyapa para penonton konser seperti di maid cafe, serta menyampaikan bahwa mereka sangat senang bisa tampil di Indonesia untuk pertama kalinya.

Berikut adalah daftar lagu yang dibawakan BAND-MAID saat konser I Love Anisong berlangsung.

  1. DOMINATION
  2. DICE
  3. Choose Me
  4. Start over
  5. alone
  6. REAL EXISTENCE
  7. Don’t you tell me
  8. Non fiction days

BAND-MAID

Selanjutnya adalah penampilan oleh Megumi Nakajima, penyanyi sekaligus pengisi suara yang terkenal akan lagu-lagunya untuk seri anime Macross Frontier. Ketika konser Megumi merasa bahwa warna hijau dari lightstick para penonton terlihat sangat indah, serta memuji air di Indonesia yang menurutnya terasa enak, kemudian ia pun mencoba untuk mengucapkan kata enak dalam bahasa Indonesia. Meski pertama kalinya tampil di Jakarta, ia berharap untuk bisa memiliki kesempatan lain untuk mengunjungi Indonesia lagi, baik untuk urusan kerja maupun untuk liburan.

Berikut adalah lagu yang dibawakan Megumi untuk konser I Love Anisong kali ini.

  1. What ‘bout my star? @Formo
  2. Saturday Night Question
  3. TRY UNITE
  4. Bitter Sweet Harmony
  5. Anata no Oto
  6. Ao no Ether
  7. Houkago Overflow
  8. Seikan Hikou

Megumi Nakajima

Penampilan berikutnya dibawakan oleh Konomi Suzuki, penyanyi yang hadir untuk kedua kalinya pada konser I Love Anisong di C3AFA Jakarta setelah sebelumnya tampil pada konser I Love Anisong yang sebelumnya. Wanita cantik yang belakangan ini menjadi pengisi suara karakter utama pada anime Lost Song ini mengungkapkan kesenangannya bisa bertemu dengan para penggemarnya di Indonesia lagi.

Adapun lagu-lagu yang dibawakan Konomi Suzuki yaitu:

  1. Redo
  2. CHOIR JAIL
  3. Utaeba Soko ni Kimi ga Iru Kara
  4. THERE IS A REASON

Konomi Suzuki

Penampilan keempat pada konser I Love Anisong hari kedua dibawakan oleh Ami Wajima, penyanyi muda yang telah membawakan beberapa lagu untuk anime seperti Mayoiga dan Kuromukuro . Ami Wajima yang akhirnya bisa tampil di Indonesia setelah pada tahun sebelumnya ia batal tampil pada konser I Love Anisong akibat masalah kesehatan, menyempatkan diri untuk mengunjungi pusat perbelanjaan untuk membeli kenang-kenangannya dari Indonesia.

Berikut adalah lagu yang dibawakan Ami Wajima pada konser I Love Anisong.

  1. Eien Loop
  2. Kimi e
  3. Gensou Drive
  4. Ai

Ami Wajima

Berikutnya, Mashiro Ayano muncul untuk membawakan beberapa lagu untuk konser malam kedua ini. Penyanyi wanita ini telah membawakan lagu tema dari beberapa anime seperti Fate/stay night: Unlimited Blade Works, Gunslinger Stratos, dan Re:Creators setelah debutnya pada tahun 2014. Saat tampil ia juga mencoba memperkenalkan diri dalam bahasa Indonesia dan menceritakan sedikit tentang kunjungan pertamanya di Indonesia.

Berikut adalah lagu-lagu yang dibawakannya sebagai penampilan kelima pada konser ini.

  1. vanilla sky
  2. Believe
  3. NEWLOOK
  4. lotus pain
  5. Shoudou
  6. MATROSKA
  7. starry
  8. ideal white

Mashiro Ayano

Penampilan pada konser I Love Anisong diakhiri oleh penampilan dari TRUE atau yang juga dikenal sebagai Miho Karasawa. Terkenal akan perannya yang membawakan lagu tema dari seri anime Sound! Euphonium, TRUE juga telah membawakan lagu tema untuk berbagai anime lainnya seperti Buddy Complex, Violet Evergarden, dan SukaSuka.

Berikut adalah lagu-lagu yang dibawakan TRUE pada konser I Love Anisong.

  1. Lonely Queen’s Liberation Party
  2. UNISONIA
  3. Hiryuu no Kishi
  4. STEEL -Tekketsu no Kizuna-
  5. Dear answer
  6. Divine Spell
  7. Sincerely
  8. DREAM SOLISTER

Sekian artikel liputan event C3 AFA JAKARTA 2018 di hari kedua, kami berterima kasih kepada pihak C3 AFA Jakarta yang telah bekerja keras untuk mensukseskan acara ini dan memberikan kesempatan kepada kami untuk meliput acara ini. Keseruan masih berlanjut pada hari terakhir loh yaitu hari ketiga. Nantikan terus artikel liputannya di Nippon Club ya!

Artikel ini diliput oleh tim jurnalistik Nippon Club


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Event - Monday, November 12, 2018 | 5:42 pm
J-Event - Wednesday, November 7, 2018 | 7:11 pm
J-Event - Saturday, November 3, 2018 | 10:26 am
J-Event - Tuesday, October 16, 2018 | 7:32 pm
Top