Rasakan Pengalaman Bermain Kartu Tradisional Jepang di KARUTA NATION
J-Event - Saturday, November 3, 2018 | 10:26 am

Masyarakat Indonesia mungkin belum terlalu familiar dengan permainan kartu tradisional Jepang yang bernama karuta. Salah satu jenisnya ada yang disebut competitive karuta atau kyōgi karuta. Permainan ini menggunakan kumpulan kartu uta-garuta yang berisi puisi dari antologi Hyakunin Isshu untuk dimainkan dalam format dan peraturan yang sudah ditentukan oleh All Japan Karuta Association. Untuk memperkenalkan salah satu kebudayaan Jepang tersebut kepada masyarakat Indonesia, The Japan Foundation bekerja sama dengan Ogura Karuta Club (OKAKURA), sebuah komunitas kyōgi karuta pertama di Indonesia yang berdomisili di Jakarta, menggelar workshop dan performance kyōgi karuta berjudul “KARUTA NATION”. Acara akan berlangsung pada tanggal 3 November 2018 mulai pukul 13:00 di Hall The Japan Foundation, Jakarta di Gedung Summitmas I Lt. 2, Jakarta Selatan. Acara akan dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi workshop (peserta sudah terdaftar sebelumnya) dan sesi performance untuk umum.

Melalui acara “KARUTA NATION”, OKAKURA bermaksud memberikan pengalaman bermain kyōgi karuta kepada para peserta workshop. Meskipun kemungkinan besar peserta workshop belum mengetahui Hyakunin Isshu, torifuda atau kartu yang harus diambil akan ditampilkan melalui layar selama workshop berlangsung. Setelah peserta mendapatkan pengalaman cara bermain karuta, mereka dan para pengunjung umum dipersilakan untuk melihat performance dari OKAKURA. Perwakilan dari komunitas tersebut akan memperagakan cara bertanding dalam kyōgi karuta.

Keseruan permainan karuta menjadi inspirasi dalam cerita manga karya Yuki Suetsugu yang berjudul Chihayafuru. Cerita tersebut juga diangkat ke dalam film animasi maupun live-action. Dua tahun lalu, The Japan Foundation menayangkan film live-action Chihayafuru Part 1 dan Chihayafuru Part 2 dalam Japanese Film Festival 2016. Dalam waktu dekat, bagian ketiga dalam film tersebut, yaitu Chihayafuru Part 3 akan ditayangkan dalam Japanese Film Festival 2018. Sebelum menonton film bertema karuta tersebut, merasakan dan menyaksikan sendiri permainan karuta dalam “KARUTA NATION” menjadi persiapan yang tidak boleh dilewatkan!

KARUTA NATION
3 November 2018
Hall The Japan Foundation, Jakarta
Gd. Summitmas I Lt.2, Jl. Jend. Sudirman Kav.61-62, Jakarta Selatan
Terbuka untuk Umum. Gratis. Harap membawa kartu identitas.

Info:
The Japan Foundation, Jakarta
Tel. 021-520-1266


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Event - Monday, November 12, 2018 | 5:42 pm
J-Event - Wednesday, November 7, 2018 | 7:11 pm
J-Event - Tuesday, October 16, 2018 | 7:32 pm
J-Event - Tuesday, October 9, 2018 | 10:53 pm
Top