Pada tanggal 12-23 Februari 2019 pihak The Japan Foundation mengadakan acara Japan Cultural Weeks 2019. Japan Cultural Weeks ini adalah sebuah acara dengan rangkaian acara yang berisi pengenalan kebudayaan Jepang kepada masyarakat luas. Kali ini kami akan membahas tentang salah satu acara yang diselenggarakan pada hari ketiga acara ini, yaitu Pengenalan Kyogi Karuta yang dibawakan oleh Ogura Karuta Club.

Bagi yang belum tahu tentang Karuta, Karuta merupakan permainan kartu dari Jepang yang terdiri dari dua set dengan masing-masing 100 kartu. Set pertama merupakan Yomi-fuda yang jika diterjemahkan adalah kartu baca sedangkan satu set lagi merupakan Tori-fuda atau kartu ambil. Yang diajarkan oleh pihak Ogura Karuta Club merupakan jenis Ogura Hyakunin-isshu Karuta yang dimana pada set Yomi-fuda tertulis satu puisi dalam Kanji dan Hiragana sedangkan pada Tori-fuda hanya tertulis sebagian dari puisi yang sama dalam Hiragana.

Pada acara ini pihak Ogura Karuta Club akan mengajarkan dasar cara bermain yang benar beserta tata krama saat bermain Kyogi Karuta. Kyogi Karuta adalah permainan satu lawan satu dengan permainan kartu Karuta. Pada acara ini para peserta bisa langsung mencoba bermain melawan peserta lain dalam acara ini. Bagi yang sama sekali belum pernah bermain maupun melihat Karuta sebelumnya pihak Ogura Karuta Club juga akan memperagakan secara langsung cara bermainnya.

Bagi yang tertarik akan permainan Karuta ini boleh segera follow akun Facebook resmi pihak Ogura Karuta Club untuk mendapatkan info terbaru tentang acara workshop Kyogi Karuta selanjutnya. Dan terima kasih juga kepada yang sudah hadir pada workshop kali ini.

Artikel ini dibuat oleh Radclyffe