Kuil Osaka yang Memiliki Kepala Singa Raksasa Menganga seperti Mutiara Terpendam
J-News - Tuesday, February 19, 2019 | 10:06 pm

Osaka tidak memiliki banyak lokasi berbudaya dan bersejarah seperti di Kyoto, walau begitu kota yang pernah dijadikan ibukota pada zaman Jepang kuno ini memiliki tempat-tempat yang menarik untuk turis. Ada Umeda Sky Building, Istana Osaka, Dōtonbori, dan Tsūtenkaku, lalu hot springs theme park akan segera dibuka. Osaka juga terkenal akan makanannya seperti takoyaki, okonomiyaki, kitsune udon, negiyaki, fugu dan kushikatsu.

Dari sekian banyak lokasi wisata terkenal di Osaka, ada juga beberapa yang kurang terkenal seperti kuil Nambayasaka. Kuil unik berbentuk kepala singa menganga yang dianggap hal biasa bagi warga Osaka ini, tidak dikenal luas oleh turis seperti mutiara yang terpendam. Kepala singa pada kuil ini cocok untuk digunakan sebagai area foto yang indah bagi turis.

Sekitar 6 menit berjalan dari stasiun Namba di jalur Yotsubashi dan jalur Osaka Metro Midosuji. Jalur dari stasiun akan membawa anda ke pintu belakang kuil dan anda akan berhenti karena terkejut akan kepala singa raksasa yang sedang memoloti anda.

Jika anda melihat kepala singa dari jauh, maka akan terlihat kecil. Setelah anda melihatnya dari dekat, mungkin anda akan sedikit terkejut ternyata kepala singa tersebut lebih besar dari yang anda bayangkan. Ukurannya setinggi 12 meter, dengan lebar 11 meter dan bagian dalamnya 10 meter. Bagian dalam merupakan panggung yang berguna untuk tarian selama festival dan acara lainnya. Bahkan ada pengeras suara di lubang hidungnya.

Mulut singa pada kuil dikatakan dapat membawa kemenangan dan memakan roh jahat, jadi berdoa di kuil Nambayasaka akan memberi anda peruntungan di sekolah maupun bekerja, seperti lulus ujian dan sukses berbisnis.

Bangunan kuil utamanya juga tidak kalah menarik. Tidak diketahui berapa umurnya, akan tetapi kuil tersebut dibangun sebagai bentuk menghormati dewa perumahan Namba, Ubusuna-gami yang melindungi Namba sejak lama.

Kuil ini dikenal sebagai tempat untuk Gozu Tenno (dewa yang diabadikan di kuil Yasaka terkenal di Kyoto) yang tampak marah, jadi kuil ini telah digunakan bertahun-tahun untuk dihormati dan ditakuti. Karena kuil ini berharga bagi penduduk setempat, maka kuil tersebut dirawat dengan baik. Lantainya bersih bahkan bangunannya pun dalam kondisi baik. Tidak hanya perawatannya tetapi kuil ini juga sangat sunyi dan tenang, tidak terdengar hikuk-pikuk dari daerah sekitaran Namba walaupun terletak dekat dengan stasiun Namba.

Jika anda mengunjungi Osaka, jangan lupa untuk mengunjungi Kuil unik yang satu ini. Pada suatu hari mungkin akan ada festival atau perayaan yang diselenggarakan.

Sumber: SoraNews24

Penulis: NvM
Editor: yaya


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Top