[Liputan] Event Penuh Keseruan? Ada di Comic Frontier 12 Hari Kedua!
J-Event - Thursday, February 28, 2019 | 11:47 am

Pukul 09.05, di tengah cuaca yang cerah, barisan pengunjung mulai ramai. Panitia telah menutup pintu antrian dan semua orang tetap menunggu. Tak berselang lama, pengunjung masuk ke dalam area Comifuro 12. Sementara beberapa lainnya menunggu kedatangan kawan atau sekedar beristirahat sejenak. Di area belakang terlihat beberapa orang mengantri untuk membeli tiket masuk.

Begitulah suasana pintu masuk Balai Kartini pada hari ini. Banyak orang dengan santai menggunakan kostum tokoh anime maupun yang lainnya. Mereka berlalu-lalang dan sibuk berfoto dengan yang lainnya. Ya, Comic Frontier 12 di hari kedua ini tetap ramai pengunjung.

Saat masuk ke dalam lokasi, atmosfer semakin ramai. Berbagai stand jasa dan barang ikut meramaikan Comic Frontier ke 12 ini. Seperti Ponimu, Haru Group, Bumi langit, Kyou Hobby Shop, Ikuzo dan berbagai stand kecil seperti Regnbue, subs 2 Pewdiepie, dan lainnya yang hadir pada Comic Frontier. Tak hanya itu, terdapat berbagai komunitas yang hadir dalam acara ini, seperti Produksi 315, Bang Dream Community, dan Tamiya Community. Masing-masing dari stand tersebut memiliki hal yang berbeda. Seperti Ponimu yang mengenalkan peluncuran aplikasi terbarunya, Ikuzo yang menawarkan kursus Bahasa Jepang, dan berbagai stand lainnya menjual merchandise mereka. Meski kebanyakan stand menjual barang yang berbau Jepang, ternyata terdapat beberapa stand yang unik. Comic Frontier menyediakan area K-Pop dan beberapa artis internasional. Terlihat beberapa stand menjual barang-barang ala Korea seperti topi dengan telinga bergerak, buku – buku tentang boy band seperti BTS, EXO, hingga menjual poster artis-artis Korea dan Internasional seperti Billie Eilish.

Bukan sekedar pameran, acara ini memiliki sejumlah kegiatan yang membuat berkunjung semakin seru. Di beberapa tempat terlihat kehebohan dan canda tawa. Rupanya terdapat beberapa permainan yang dapat dilakukan oleh para pengunjung. Contohnya bermain card game pada stand Haikyu dan bermain Persona 5 secara gratis di booth milik Kyou Hobby Shop. Selain itu, beberapa stand menyediakan Gacha Haikyu Card membuat event ini menjadi semakin menarik. Kemeriahan event ini bertambah saat panggung utama mengadakan Utattemita, sesi untuk mengekspresikan diri para pengunjung lewat lagu dan berbagai pertunjukan lainnya.

Menjelang pukul 15.00, panggung mulai ramai dipadati pengunjung. Rupanya Ikuzo bersama Kinokinuya mengadakan kompetisi membuat maskot yang bertemakan Indonesia. Acara ini diikuti oleh berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Karena kompetisi ini dibagi atas 2 kategori, yaitu anak-anak untuk usia 10 sampai 16 tahun dan dewasa untuk 17 tahun ke atas. Selama kompetisi berlangsung, pengunjung tidak jenuh karena Panda Clip hadir sebagai bintang tamu di hari ini. Di sana Panda Clip berbagi cerita dan mengumumkan bahwa akan ada peluncuran game baru hasil kolaborasi dengan Gaco Games. Game yang akan diluncurkan adalah game FPS, namun dari segi visual, game ini cenderung kawaii. Bagi yang penasaran, dapat melihatnya di pos berikut.

Puas berkeliling dan berbelanja di area exhibition dari Comic Frontier, jangan cepat-cepat pulang. Karena di tower berikutnya terdapat ‘surga’ bagi yang hobi fotografi maupun cosplay. Sekilas terlihat biasa saja dari tampak luar. Begitu masuk ke dalamnya, keramaian mulai terasa. Para cosplayer berkumpul dan mulai berpose layaknya karakter yang mereka perankan. Sebagian orang ada yang sibuk merias dirinya menjadi karakter yang diperankan, beberapa lagi sibuk memotret para cosplayer tersebut. Banyak karakter yang ditampilkan di acara ini, mulai dari Blend S, Kanna Kamui, trombosit (Hataraku Shibou), hingga karakter-karakter non Jepang seperti Hansip, meme, dan lainnya.

Meski Comic Frontier menjadi acara rutin, namun acara ini tidak pernah sepi peminat. Banyak alasan yang menjadi jawabannya, seperti rindu akan suasananya, ajang kumpul antar teman sehobi, dan lain sebagainya. Contohnya saja Nia (bukan nama sebenarnya) (19), dirinya mengatakan bahwa Comic Frontier ini tidak pernah membosankan. Karena setiap tahunnya ada yang selalu ditunggu. Selain itu dirinya paling menyukai bagian stand K-Pop. Namun baginya semua acara di Comic Frontier seru dan tidak terlupakan.

Sekian liputannya untuk Comic Frontier yang ke-12! Terima kasih banyak kepada panitia Comic Frontier atas kerja kerasnya dalam meyukseskan acara ini serta kesempatan yang diberikan kepada kami untuk meliput acara ini. Untuk yang belum datang ke Comic Frontier kali ini, tunggu saja informasi Comic Frontier berikutnya ya agar kalian bisa merasakan keseruan di Comifuro. Nantikan pula artikel dan liputan berikutnya dari Nippon Club!

Penulis: Zhe
Fotografer: NvM, Gachaman
Editor: Genshin


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Event - Monday, June 3, 2019 | 12:57 pm
J-Event - Friday, May 17, 2019 | 7:08 pm
J-Event - Thursday, May 9, 2019 | 11:31 am
J-Event - Friday, May 3, 2019 | 3:47 pm
Top