Semuanya sibuk memikirkan strategi, sebagian orang sibuk memperhatikan, yang lainnya bertanya tentang tata cara permainannya. Itulah suasana yang terjadi di stand Haikyu. Karena sangat ramai, banyak yang akhirnya memilih untuk memperhatikan orang lain yang sedang bermain. Namun sebagian lain sibuk berswafoto bersama para cosplayer dari para karakter Haikyu. Yang lainnya sibuk melihat set kartu Haikyu yang ditawarkan. Yang pasti, banyak orang yang antusias dengan permainan kartu ini.

Ya, permainan ini hadir dan diadaptasi dari komik Haikyu. Di Jepang permainan ini sudah cukup dikenal. Namun di Indonesia permainan ini baru saja keluar 1 tahun. Inti dari permainan kartu ini tidak berbeda jauh dari permainan kartu pada umumnya. Yang membedakan adalah karakternya yang merupakan pemain voli. Setiap karakter memiliki kemampuan yang berbeda–beda. Kemampuan yang diberikan sama dengan permainan voli umumnya yaitu block, attack, receive, dan toss.

Menurut tim Haikyu, permainan ini tidak sesulit permainan card game pada umumnya. Namun dibutuhkan strategi yang baik dalam memainkan ini. Sehingga siapa pun, termasuk orang yang tidak pernah bermain kartu dapat turut serta meramaikan permainan ini. Menurutnya, selama ada kemauan dan niat dalam mendalami permainan ini, maka orang itu dapat menjadi hebat dalam permainan ini.

Karenanya Haikyu membuka kelas untuk permainan kartu ini secara gratis. Event ini dimulai pertama kali pada Comic Frontier ke-12 ini. Meski hari ini menjadi hari terakhir di kelas pertama ini, Haikyu tetap membuka kelas berikutnya di berbagai tempat. Kelas akan berlangsung kembali di Metropolitan Mal Bekasi pada tanggal 2–3 Maret 2019, Strawberry Café 9-10 Maret 2019, Genfest ITB 16–17 Maret 2019, dan Kyou Hobby Shop 23-24 Maret 2019.

Untuk info lengkapnya, kunjungi laman facebook HaikyuVCG atau di Instagram HaikyuVCG. Kunjungi kelasnya dan jadilah hebat!!

Penulis: Zhe dan GachaMan
Editor: Radclyffe