Ennichisai 2019, Sampai Bertemu di Blok M!
J-Event - Tuesday, April 2, 2019 | 1:26 pm

Halo minna-san, Ennichisai 2019 akan datang pada tanggal 22 dan 23 Juni ini. Ennichisai merupakan festival jepang tahunan yang diadakan di Blok M. Event ini biaya masuknya gratis ini, menampilkan atraksi-atraksi Jejepangan seperti pawai Mikoshi dan Daishi yang memberikan keseruan dan juga meriah. Tidak hanya Mikoshi dan Daishi saja yang tampil tetapi masih ada Taiko, Geisha, Cosplay dan masih banyak lagi. Event ini menyediakan 200 lebih booth yang dapat anda kunjungi.

Event ini hadir untuk pertama kalinya pada tahun 2010 yang diadakan oleh pengusaha-pengusaha Jepang dan juga pemilik tempat usaha yang ada di Blok M. Event tahun ini membawakan tema “Danketsu” atau “Unity” dengan harapan Indonesia tetap dalam persatuan dan kesatuan yang kuat.

Acara  ini di buka dengan meriahnya permainan campuran drum (taiko) bersama dengan flute (shinobue) tradisional Jepang.

Dan juga dijelaskan bahwa pengunjung tiap tahunnya selalu meningkat dari yang muda hingga yang tua tanpa memandang gender dan juga tidak hanya warga negara Indonesia tetapi ada yang dari mancanegara. Pada tahun 2010 sekitar 40.000 orang pengunjung, tahun 2011 sekitar 80.000 dan terus meningkat hingga tahun 2018 yaitu tahun lalu sekitar 315.000 pengunjung, dapat kalian bayangkan betapa ramainya event yang satu ini.

Seperti Ennichisai yang sebelum-sebelumnya, ada 3 stage pada event yang satu ini, yaitu P stage, M stage dan juga Chika stage.

P Stage atau yang kita kenal Pop Stage adalah stage yang menampilkan berbagai macam pertunjukan budaya pop Jepang seperti cosplay, pop music, tarian-tarian pop dan lainnya. Bagi kalian yang ingin melihat penampilan-penampilan dari idol group atau ingin melihat cosplay hasil kreasi dalam negeri Pop Stage merupakan panggung yang tidak boleh dilewatkan.

M Stage atau Main Stage adalah stage yang dari tahun ke tahun merupakan fokus utama dari seluruh acara Ennichisai. Disini ditampilkan berbagai macam pertunjukan tradisional Jepang seperti Taiko, Yosakoi, Shamisen, dan lainnya. Jika kalian mau tahu lebih tentang budaya dan tradisi Jepang serta apa saja yang dilakukan di matsuri Jepang maka pertunjukkan di Main Stage akan menjadi target berkunjung yang baik.

Chika stage atau stage kecil seperti namanya merupakan stage paling kecil diantara ketiganya. Stage ini menampilkan berbagai pertunjukan dari komunitas dan pecinta budaya Jepang. Dijelaskan bahwa kali ini Chika stage sedikit berbeda dari sebelumnya. Seperti menampilkan beberapa band yang sedang naik daun dan juga ada seleksi bagi yang ingin tampil.

Perlu diketahui bahwa dana sponsor event tahun ini sebesar Rp. 25.000.000,- untuk yang bronze.

Perlu diketahui juga bagi yang ingin mendaftar stand dapat melalui website resmi Ennichisai. Rp. 9.000.000,-/2 hari untuk stand makanan, Rp. 7.000.000,-/2 hari untuk stand diluar dari makanan. Untuk stand sebesar 3m x 3m Tenda Sarnafil (bisa hanya tempat), 2 kursi, 1 meja (1,2m x 0,8m) dan listrik sebesar 2A.

Pendaftaran stand gelombang 1 dibuka pada Jumat, 5 April 2019 dan gelombang 2 dibuka pada Jumat, 3 Mei 2019. Dan sebelum mendaftarkan stand diharapkan melakukan registrasi dulu via google form di website resmi Ennichisai. Untuk registrasi gelombang 1 akan ditutup: 2 April 2019 dan dibuka lagi pada gelombang 2-nya pada 6 April hingga 30 April 2019.

Bagi kalian yang belum pernah hadir pada event tahunan dan juga yang rutin pergi setiap tahunnya jangan lupa untuk datang ke Ennichisai 2019 ini dan juga nantikan keseruan-keseruannya. Dan tidak lupa terima kasih kepada pihak penyelenggara Ennichisai yang telah mengundang kami dan sukses dalam menjalankan event tahun ini.

Penulis: NvM dan Ferguso
Editor: Radclyffe


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Event - Monday, June 3, 2019 | 12:57 pm
J-Event - Friday, May 17, 2019 | 7:08 pm
J-Event - Thursday, May 9, 2019 | 11:31 am
J-Event - Friday, May 3, 2019 | 3:47 pm
Top