Koharu Sugawara, Koreografer Asal Jepang yang Mendunia
J-Music - Monday, April 15, 2019 | 11:38 pm

Let’s kill this love!! Ya, lagu yang satu ini sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kalian. Terutama bagi kalian yang sangat menyukai lagu-lagu K-Pop. Berbagai respon atas lagu ini bermunculan di berbagai media sosial. Salah satu yang paling banyak dilakukan oleh para penggemarnya adalah melakukan dance cover.


Kill This Love, Lagu K-Pop

Berbicara soal tarian, beberapa dari kita pasti pernah berpikir apa yang membuat tarian ala Korea ini sangat iconic. Baik anak-anak maupun penari profesional mampu melakukan berbagai gerakan dari beberapa grup K-Pop. Bahkan popularitas dari suatu lagu juga ditentukan dari seberapa iconic gerakan dari lagu tersebut.

Hal ini karena koreografi yang dihasilkan memiliki ciri khas tersendiri dan umumnya mereka bermain pada perpaduan gerakan yang mudah dan juga sulit. Sehingga gerakan tersebut dapat dilakukan oleh banyak orang namun tidak seutuhnya dapat dilakukan secara sempurna. Kemudian disaat lagu mencapai reff yang ingin ditekankan, gerakannnya dibuat lebih mudah. Sehingga tidak heran bila K-Pop dance cover menjadi favorit bagi kebanyakan orang.


Rino Nakasone

Namun ada beberapa koreografer asal Jepang yang juga ikut serta dalam pembuatan koreo untuk beberapa lagu K-Pop. Contohnya Rino Nakasone yang telah membuat banyak koreografi untuk lagu Korea. Sebut saja Oh (SNSD), Replay (SHINee), No Other (Super Junior), Copy & Paste (BoA), dan Keep Your Head Down (TVXQ) menjadi lagu yang pernah ia kerjakan.

Kali ini ada salah satu koreografer yang berusia muda asal Jepang yang menarik untuk dibahas, Koharu Sugawara. Koharu Sugawara lahir pada 14 Februari 1992 di Sanmu, Prefektur Chiba, Jepang. Bakatnya terlihat saat di usia 10 tahun, saat itu ia berhasil memenangi beberapa kompetisi menari yang diadakan di negara Jepang. Saat dirinya lulus dari sekolah menengah, dirinya memberanikan diri untuk pergi ke Los Angeles. Kehidupannya yang sulit akibat ketidakmampuannya dalam berbahasa Inggris tidak membuatnya menyerah pada impiannya untuk menari. Hingga suatu saat, ada seorang temannya yang meminta dirinya untuk membuat workshop menari. Berbekal motivasi dari temannya untuk yakin kepada apa yang ia inginkan, ciri khas dalam setiap tariannya, dan kemampuannya dalam menari, akhirnya ia menyanggupi permintaan temannya. Setelah itu, ia akhirnya berkeliling dari Amerika Utara hingga Eropa untuk melakukan workshop dan sebagainya.


Koharu Sugawara

Terkenal, kemudian berbagai pihak melakukan kerja sama dengan Koharu Sugawara. Berbagai koreografi dilakukan, contohnya 2NE1, Taemin, Rihanna, dan Koda Kumi. Bahkan dirinya juga bekerja sama dengan berbagai brand ternama seperti Nike, Shiseido, dan Toyota. Gaya tariannya yang internasional menjadi ciri khas yang muncul akibat keterbatasan bahasa Inggris saat itu. Namun itulah yang membuat orang mengerti apa yang ingin ia sampaikan kepada penontonnya.

Hingga saat ini, ia terus melakukan berbagai koreografi dan mengajar di berbagai workshop. Karena menurutnya berbagi pengalaman itu penting agar semuanya dapat semakin bertumbuh. Disamping itu, perlunya sikap positif dan menghargai orang lain layaknya orang Jepang pada umumnya. Tak kalah penting, berani bermimpi dan selalu belajar hal baru.

Maka tidak heran bila Koharu Sugawara menjadi salah satu koreografer yang diperhitungkan di dunia. Karyanya yang unik dan mudah diterima orang membuat dirinya mudah dikenali oleh orang banyak. Buat yang penasaran, bisa dicari videonya di Youtube dengan kata kunci Koharu Sugawara.

Sumber: Harper’s Bazaar Singapore

Penulis: Zhe
Penyunting: Gachaman


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Music - Saturday, September 7, 2019 | 1:54 pm
J-Music - Saturday, September 7, 2019 | 7:15 am
J-Music - Tuesday, August 27, 2019 | 11:08 am
J-Music - Thursday, August 22, 2019 | 7:53 am
Top