Olahan Telur yang Populer dan Unik Khas Jepang
J-News - Sunday, April 21, 2019 | 4:14 pm

Telur merupakan salah satu makanan yang kaya akan gizi. Baik anak-anak hingga lansia tentunya tidak asing dengan makanan yang satu ini. Rasanya yang lezat dan banyaknya kegunaan dari telur membuat kayanya olahan berbahan dasar telur.

Namun untuk sehari-hari, olahan telur yang dibuat di rumah terbatas. Menjadi telur rebus, telur goreng, telur dadar, dan omelette, terkadang hanya untuk bahan dalam pembuatan kue.

Bosan hanya olahan yang seperti itu? Kali ini kami punya referensi olahan telur yang populer dan unik khas Jepang. Let’s check this out!!

  • Tamagoyaki

Makanan yang satu ini pasti tidak asing bagi kita. Makanan khas jepang ini tidak terlalu sulit untuk dibuat namun diperlukan kesabaran dalam membuatnya. Karena makanan ini sejenis telur gulung namun berulang dalam prosesnya.

Tamagoyaki umumnya dijadikan sarapan. Karena pembuatannya yang sederhana dan juga sangat cocok untuk dimakan bersama dengan makanan lainnya seperti sup miso, nasi, ikan, dan sayuran. Tamagoyaki juga memiliki  berbagai varian seiring dengan kreativitas yang dihasilkan. Contohnya, ditambahkan potongan daging dan sayur atau ditambahkan rasa tertentu.

Tamagoyaki umumnya dijual di supermarket maupun toko-toko makanan yang menjual makanan khas Jepang. Namun kita bisa juga membuatnya sendiri di rumah.


 

  • Omurice

Makanan ini sedang menjadi trend di kalangan anak muda dan dewasa. Makanan ini memiliki daya tarik tersendiri, terutama pada saat proses penyajian berlangsung. Bagian luar telur yang lembut ditambah bagian dalam telur yang agak cair membuat sensasi yang berbeda saat memakannya.

Makanan ini sangat cocok untuk dimakan bersama nasi putih maupun nasi goreng. Beragam varian omurice bermunculan. Mulai dari topping yang unik hingga bentuk yang unik seperti karakter kartun.

Omurice banyak dijual di toko maupun restoran khas Jepang. Namun omurice juga bisa dibuat di rumah sendiri. Berikut resep dan cuplikan pembuatannya:


 

  • Chawanmushi

Makanan ini unik dan populer di Jepang loh. Kepopulerannya ini membuat dua negara lain, Tiongkok dan Korea Selatan membuat chawanmushi versi mereka sendiri. Makanan ini umumnya disajikan dalam sebuah cawan atau gelas kecil. Daya Tarik dari makanan ini adalah teksturnya yang kokoh namun tetap lembut. Teksturnya secara umum mirip puding namun mirip juga seperti custard.

Makanan yang ini bisa dihidangkan dalam keadaan dingin maupun panas. Meskipun makanan ini bukanlah makanan penutup. Isian maupun topping dari chawanmushi ini sangat beragam. Mulai dari polos hingga diisi dengan potongan sayur dan daging. Chawanmushi juga dapat dibuat di rumah loh… Berikut adalah cuplikannya:


 

  • Onsen Tamago

Hidangan yang satu ini sangat sederhana dan cukup populer di kalangan masyarakat Jepang. Onsen tamago lebih mirip telur rebus jika dibandingkan dengan makanan di Indonesia. Namun onsen tamago memiliki bagian putih telur yang lembut dan padat. Selain itu bagian kuning telurnya creamy seperti custard. Hasil tersebut didapat karena proses pengolahannya yang tradisional dan unik.

Hidangan ini cocok untuk dinikmati saat berkumpul bersama keluarga dan teman. Karena makanan ini lebih cocok sebagai makanan kudapan yang ringan namun tetap bergizi. Waktu yang paling tepat untuk memakannya adalah di saat onsen tamago baru disajikan, karena sensasi dari kuning telurnya akan sangat terasa.

Untuk yang ingin membuatnya, berikut adalah cuplikannya:


 

Sumber: Everyday Health, Just One Cook Book, Live Japan, Tokyo Creative, Style Craze, Japan Times

Penulis: Zhe
Penyunting: ponyonyon


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Top