[Interview] Pianominion, Pianis Muda yang Menggemari Chopin hingga LiSA
J-Music - Monday, April 22, 2019 | 4:00 pm

Beberapa waktu yang lalu, kami berkesempatan untuk menghadiri konser mini yang diadakan oleh Pianominion, seorang youtuber pianis asal Singapura. Pianis muda yang satu ini berfokus pada lagu-lagu anime. Berikut ini daftar lagu yang dimainkannya dalam mini konser:

Crossing Field
Cruel Angel Thesis
Catch the Moment
Odd Future
Fairy Tail Main Theme
Zen Zen Zense
Unravel
Asphyxia
Hikaru Nara

Selain menghadiri mini konser, kami juga berkesempatan untuk melakukan wawancara.

Q: Selamat datang di Indonesia, bagaimana pendapat anda mengenai Indonesia?
A: Saya belum banyak berkeliling di Indonesia, namun dari yang saya rasakan sejauh ini tempat dan orang-orangnya sangat bersahabat, mereka tidak mengerti bahasa saya namun tetap berusaha untuk membantu. Saya juga menyukai cuaca di sini, cukup hangat. Indonesia adalah tempat yang menyenangkan, dan beberapa hari kedepan saya akan berkeliling ke beberapa tempat lainnya. Untuk makanan juga belum banyak yang saya coba, namun dari beberapa yang saya dengar makanan Indonesia cukup pedas, mungkin saya akan mencari makanan yang tidak begitu pedas.

Q: Apa yang membuat anda bermain piano?
A: Awalnya saya melihat kakak saya yang sedang bermain keyboard, dan ketika itu saya mencoba untuk meniru kakak saya ketika bermain piano. Lalu saya mulai mempelajari dasar-dasarnya, dan orang tua saya mencari guru les untuk mengajarkan saya hal-hal yang dibutuhkan dalam bermain piano.

Q: Sudah berapa lama anda bermain piano?
A: Mungkin sudah empat atau lima tahun.

Q: Kenapa anda suka bermain piano?
A: Karena piano memberikan tantangan untuk saya, seperti jari-jari saya harus memiliki fleksibilitas dan koordinasi yang baik. Piano juga membertikan tantangan untuk mempelajari hal baru.

Q: Apakah anda mempunyai komposer atau lagu favorit?
A: Saya menyukai Chopin, Beethoven dan Mozart, tapi biasanya saya mendengar lagu-lagu Chopin dan Beethoven. Untuk lagu, saya menyukai Etude, karena cukup kompleks secara teknik dan itu menantang saya untuk belajar. Untuk lagu pop saya akhir-akhir ini mendengar lagu-lagu dari Ed Sheeran seperti Thinking Out Loud dan Shape of You. Untuk J-pop saya banyak mendengarkan lagu-lagu dari LiSA, dia merupakan penyanyi favorit saya. Saya menyukai lagu-lagunya seperti Crossing Field, Oath Sign dan ShirushiShirushi adalah lagu favorit saya.

Q: Apakah ada instrumen lain yang anda mainkan?
A: Tidak ada untuk sekarang, namun jika ada nantinya mungkin gitar.

Q: Apakah ada pianis yang menjadi inspirasi untuk anda?
A: Lang Lang adalah salah satunya, saya menginspirasi saya karena cara dia untuk selalu menghibur penontonnya. Selain itu saya juga terinspirasi dari Evgeny Kissin.

Q: Apakah ada saran untuk orang-orang yang baru ingin mulai bermain piano?
A: Mulailah dari dasar, dulu saya memulai tidak belajar dari dasar, sehingga banyak hal yang belum saya pelajari. Pelajari dulu teorinya, lalu dilanjutkan dengan latihan dan latihan. Dengan mengetahui teori, maka memainkan piano akan menjadi lebih mudah.

Q: Apakah anda memiliki proyek yang akan atau sedang dikerjakan?
A: Sekarang saya sedang menjalani pendidikan di sekolah musik, jadi tidak memiliki banyak waktu untuk mengunggah video ke youtube. Tapi saya akan tetap mencoba untuk terus aktif.

Q: Apakah anda memiliki pesan kepada para penggemar anda di Indonesia?
A: Terima kasih untuk yang sudah hadir pada mini konser saya di Indonesia. Ini pertama kalinya saya datang ke Indonesia, dan saya melihat para penonton di sini adalah yang terbaik sejauh ini.

Sekian wawancara kami dengan Pianominion, terima kasih kepada pihak Pianominion yang memberikan kami kesempatan untuk melakukan wawancara, tunggu wawancara kami dengan orang-orang hebat lain selanjutnya ya~

Pewawancara: ponyonyon
Fotografer: A-lien


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Top