Rasanya tidak ada habisnya jika kita berbicara tentang Indonesia terutama kulinernya yang tersebar dari sabang sampai merauke. Jadi tidak mengherankan jika banyak orang Indonesia bahkan orang dari berbagai negara yang berkeliling Indonesia untuk menjelajahi kulinernya yang melimpah. Kuliner Indonesia yang sangat terkenal membuat banyak warga negara asing yang mencoba untuk menyantap ataupun membuat makanan Indonesia. Contohnya DJ asal Amerika Serikat, DJ Marshmello membuat nasi goreng ala Indonesia. Bahkan tempe muncul dalam anime Shokugeki no Souma dimana tempe disajikan bersama ramen. Tak hanya itu, banyak orang Indonesia yang sukses saat membuka restoran makanan Indonesia di luar negeri.

Biasanya jika sudah menemukan kuliner baru, kita umumnya mengunggah di media sosial. Memang generasi millennial seperti kita tidak mau ketinggalan hal-hal baru dan selalu ingin menjadi yang terdepan. Tapi langkah ini memang bagus untuk memperkenalkan kuliner-kuliner Indonesia yang mungkin masih kurang populer. Gaya foto profesional hingga penyuntingan yang baik pastinya dilakukan saat kita ingin mengunggah foto di media sosial. Intinya kita ingin foto kita terlihat indah, estetik, dan berkelas. Bagaimana jika yang melakukannya seorang duta besar?

Belakangan ini ada seorang duta besar yang viral di Indonesia loh. Beliau adalah Ishii Masafumi, seorang duta besar Jepang untuk Indonesia. Meski baru dua tahun beliau menjabat sebagai duta besar, Beliau segera dikenal oleh masyarakat Indonesia. Unggahan Instagram beliau menyita perhatian banyak masyarakat Indonesia. Contohnya pada salah satu unggahan dalam akun Beliau yang menampilkan pose Beliau seperti kambing saat beliau akan menyantap tongseng kambing.

View this post on Instagram

Makan siang dubes “Tongseng Kambing” 🍽 山羊肉のシチューをいただきました😋🐐🐏 #dutabesarjepang suka #makananindonesia #dubesjepang #lunch #indonesiajepang #jepangindonesia #makansiangdubesjepang #jawatengah

A post shared by Ambassador Ishii Masafumi (@jpnambsindonesia) on

Beliau termasuk orang yang cukup aktif di instagram. Akun Instagram beliau berisi berbagai macam kegiatan dan informasi mengenai hubungan antara Jepang dan Indonesia. Berbagai macam foto diunggahnya, namun yang menjadi perhatian banyak orang adalah unggahan Beliau yang berfoto dengan makanan Indonesia yang disantapnya. Beliau sering kali berfoto dengan makanan bersama dengan poster atau barang unik yang menunjukkan asal daerah makanan tersebut. Tak jarang Beliau juga memiliki pose-pose unik yang membuat kita tersenyum dan tertawa. Tujuannya agar dirinya lebih dikenal banyak di seluruh wilayah Indonesia dan juga memperkenalkan kuliner Indonesia kepada orang Jepang.

 

View this post on Instagram

 

Pemandangan dari panggung pada saat acara peresmian MRT kemarin… 👀🚇 (foto dan video diambil di HP dubes) MRT開業式典の際の、ステージからの景色です😍 #dutabesarjepang #dubesjepang #jepangindonesia #indonesiajepang #ambassadorofjapan #mrt #mrtjakarta #mrtjkt

A post shared by Ambassador Ishii Masafumi (@jpnambsindonesia) on

Ternyata Beliau bukan sekedar menikmati makanan Indonesia. Namun menikmatinya dengan cara yang lucu dan memiliki tujuan dibaliknya. Bagaimana dengan kalian? Mungkin kalian bisa mencobanya seperti cara Beliau.

Sumber: @jpnambsindonesia, Now Jakarta

Penulis: Zhe
Penyunting: ponyonyon