Pisau Daging Hingga Pisau Serbaguna? Inilah Beberapa Jenis Pisau Jepang yang Cukup Terkenal
J-News - Saturday, June 1, 2019 | 5:37 pm

Pisau merupakan salah satu alat masak yang umum untuk digunakan memotong, mengupas, dan lain sebagainya. Sebagian orang mungkin berpikir bahwa satu pisau dapat digunakan untuk segala jenis bahan makanan. Namun sebagian orang lainnya merasa bahwa setiap bahan makanan harus memiliki pisau yang berbeda.

Di Jepang, pisau memiliki beragam jenisnya loh. Karena sangat beragam, maka artikel ini akan membahas beberapa jenis pisau Jepang yang cukup terkenal.

  1. Gyutou
  2. Jenis pisau ini lebih sering dikenal sebagai chef knifeā€™s. Predikat ini diberikan bukan tanpa alasan. Pisau ini menjadi pisau standar bagi banyak koki di eropa. Pisau ini merupakan pisau serbaguna, mulai dari sayur, buah, hingga daging dapat dikerjakan dalam satu pisau. Desain pisau dan gagangnya yang sederhana membuat pisau ini mudah dan nyaman saat digunakan.

  3. Sujihiki
  4. Pisau ini menjadi pisau yang lebih baik dari alat pengiris. Desain pisau yang sangat tipis namun kuat membuat pisau ini sangat tajam. Biasanya pisau ini lebih sering digunakan untuk fillet ikan, namun pisau ini bisa digunakan untuk mengiris bahan makanan lainnya.

  5. Honesuki
  6. Pisau jenis ini berbeda dengan pisau lainnya. Karena pisau ini memiliki sifat yang sedikit elastis dan lebih kaku dibandingkan pisau lainnya. Pisau ini juga populer di eropa, namun versinya berbeda sedikit dengan pisau honesuki di Jepang. Sifat pisau tersebut membuat pisau ini ahli untuk memotong ayam beserta dengan sendi lunaknya.

  7. Nakiri
  8. Meski terlihat seperti pisau untuk mencincang daging, namun di Jepang berkata lain. Pisau ini lebih cocok untuk memotong sayuran. Desain pisau ini sangat berbeda dengan pisau lainnya. Karena dibutuhkan proses pemotongan yang cepat namun presisi, maka desain tajam bukan menjadi cirikhas mereka. Namun pisau ini memiliki desain yang lebih lurus dan datar.

  9. Pankiri
  10. Pisau yang satu ini sangat familiar bagi yang sering membuat roti maupun kue. Memang benar, pisau ini adalah pisau yang sering orang-orang gunakan untuk memotong kue maupun roti menjadi ukuran yang lebih kecil. Desain pisau dengan bagian ujung bilahnya yang bergerigi membuat kue maupun roti memiliki potongan yang sempurna tanpa meninggalkan banyak remahan.

Jadi inilah beberapa pisau Jepang yang cukup terkenal. Diantara kelima jenis pisau ini, manakah yang paling kalian sukai?

Sumber: Chubo, MTC Kitchen, The Kitchen Guy

Penulis: Zhe
Penyunting: NvM


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Event - Monday, November 4, 2019 | 11:50 pm
J-News - Sunday, October 20, 2019 | 9:17 pm
J-News - Friday, September 20, 2019 | 4:31 pm
J-News - Friday, September 13, 2019 | 7:18 pm
Top