[Liputan] Peluncuran Hira Dazzle, Idol Juita yang Ditempa Kuat Bagaikan Berlian
J-Music - Wednesday, July 31, 2019 | 2:31 pm

Halo minna-san, kembali lagi bersama dengan tim Jurnalistik Nippon Club. Kali ini, kami berkesempatan untuk datang meliput launching grup idol Hira Dazzle loh! Acara tersebut berlangsung pada hari Minggu tanggal 28 Juli 2019 di Kaskus Playground dalam Menara Palma Annex Building P11. Tempat tersebut beralamat di jl.H. R. Rasuna Said Blok X2 Kav. 6 Kuningan, Jakarta Selatan.

Pengenalan singkat, Hira Dazzle merupakan sebuah grup idol Jejepangan di Indonesia yang dibentuk pada bulan September tahun 2015. Mereka pertama kali tampil pada acara Jak Japan Matsuri 2015. Pada awalnya, Hira Dazzle dibentuk oleh tiga orang, Richan, Irin, dan Moy. Kemudian, mereka membuka lowongan trainee untuk member baru dan menerima member yang bernama Machan. Hingga saat ini Hira Dazzle memiliki sepuluh member.

Launching Hira Dazzle, dimulai dengan salam hangat oleh MC kepada para pengunjung yang hadir dan menjelaskan sedikit mengenai acara ini. Kemudian lima member Hira Dazzle, Kimmy, Ayumi, Irin, Richan, dan Annya mulai menaiki panggung. Acara diawali oleh Richan yang merupakan leader dari Hira Dazzle, ia menyatakan Irin telah graduate dari Hira Dazzle karena ada kesibukkannya sendiri. Meskipun sedih karena akan berpisah, Irin membawakan satu bait lagu untuk Hira Dazzle. Menurut Irin, semua member merupakan inspirasinya di Hira Dazzle dan Irin diberikan sebuah baju jersey yang merupakan official merchandise terbaru dari Hira Dazzle.

Setelah Irin turun dari panggung, mereka memperkenalkan empat dari enam member baru yang hadir. Keempat member barunya yang diperkenalkan ialah Meira, Kyarin, Lula, dan Prew. Kedua member lainnya yang tidak dapat hadir masih dalam masa vakum karena kesibukannya tersendiri. Setelah perkenalan, mereka perform dengan menyanyikan lagu Silhouette karya Kana-Boon. Mereka membawakan lagu tersebut dengan semangat, sehingga memicu pengunjung yang datang untuk bersemangat.

Setelah mereka perform, acara dilanjutkan dengan sesi talkshow dimana MC bertanya dengan para member Hira Dazzle. Dalam sesi talkshow, para member mengatakan bahwa mereka belajar untuk dance dengan cara melihat video-video dari senior mereka. Lalu mereka melakukan perform dengan menyanyikan lagu single original mereka yang berjudul Look At Me.

Setelah perform, sesi talkshow masih berlanjut. Mereka mengatakan bahwa lagu berjudul Look At Me diciptakan oleh Angga, yang merupakan kakak dari Machan. Lagu ini sebenarnya menceritakan seseorang yang jatuh cinta dengan orang lain, dan orang lain tersebut tidak tahu bahwa orang tersebut mencintainya. Mereka juga mengatakan koreografi pada lagu ini ada kolaborasi antara tarian modern dan tradisional, karena mereka ingin menonjolkan rasa Indonesianya walaupun membawa unsur-unsur Jejepangan terutama pada koreografinya. Selain itu juga ada anggota yang sebelumnya penari tradisional dari Jakarta yakni Annya dan Ayumi.

Di akhir sesi talkshow terdapat sesi giveaway yang ditunggu oleh para pengunjung. Karena hadiah yang diberikan sangat menarik ditambah berkesempatan untuk berfoto bersama member Hira Dazzle. Meskipun banyak pengunjung yang tidak mendapatkan hadiah di sesi ini, mereka tetap bersemangat. Karena acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab pengunjung bersama Hira Dazzle.

Dalam sesi tanya jawab ini ada yang bertanya mengenai image masing-masing warna dari anggota Hira Dazzle, kemudian mereka menjelaskan image dari setiap warna mereka dimulai dari warna ungu dengan cute, warna merah elegan, warna kuning yang lincah, warna pink berarti kalem dan girly, warna biru dengan image tidak terlalu feminim, netral, dan charming, warna toska yang tegas dan memiliki sisi kelembutan yang baik, warna hijau heboh dan mudah akrab, dan warna oren yang kadang menjadi galak tetapi juga ceria.

Gol dari Hira Dazzle sendiri kedepannya adalah bisa perform di tempat asal dimana para grup idol, tetapi terlebih dahulu dikenal dan disukai sama banyak orang di Indonesia, terutama yang telah hadir. Dibalik kesuksesan Hira Dazzle, ada tim yang bekerja keras memanajemen Hira Dazzle dibaliknya yakni tim project Hira Dazzle.

Zhuge Kamiya, salah seorang anggota tim Project Hira Dazzle mengatakan bahwa tujuan tim mereka mengarah seperti perusahaan Dentsu ataupun Yoshimoto yang ingin membantu membangkitkan dan mendukung idol seperti Hira Dazzle dan idol lainnya juga. Ia juga mengatakan bahwa Hira Dazzle pada awalnya dimulai dengan uang kas mereka. Ia mengatakan bahwa ingin membuat idol itu bukan seperti artis sesungguhnya melainkan seperti sanggar, pengaturannya selalu berlanjut dan tidak tergerus zaman. Kalau sudah diatur seperti sanggar jadinya mirip ekskul bisa menjadi sangat kuat. Sehingga bisa bergenerasi terus dan berkembang dari sana, idol maupun rapper boleh berasal dari luar negeri tapi harus ada yang dari Indonesia juga.

Kang Zhuge sendiri juga sebelumnya sudah membawa nama Indonesia ke muka dunia melalui kompetisi World Cosplay Summit 2012. Ia juga mengatakan kalau Hira Dazzle di dorong ke pop culture stage pada saat Ennichisai ke-10, latihan yang diminta kepada Hira Dazzle juga rutin setiap Rabu, Sabtu dan Minggu dan bersifat wajib. Karena ia menekankan kalau idol itu bisa mendapat pengalaman dan membentuk tubuh yang sehat. Hira Dazzle mempunyai identitas yakni Colorful Jewelry Idol. Jewelry atau perhiasan disini memiliki makna seperti berlian yang beragam warna, pastinya cantik tapi harus kuat.

Hira Dazzle juga bekerja sama dengan Eternity Costudio, dimana ada kafe kucing dan ada studionya juga. Eternity Costudio sendiri bergerak dibidang per-cosplay-an, namun mereka baru pertama kali bekerja sama dengan grup idol. Namun Eternity Costudio sendiri memiliki visi mendukung pop culture dimulai dari cosplay dan sekarang ke idol. Sehingga mereka bekerja sama dalam photo session, kedepannya hasil-hasil foto yang ada di Hira Dazzle akan didukung baik di indoor studio maupun di luar studio. Disamping fotografi, mereka juga memulai dengan vlog dan videografi, namun masih dalam progress. Selain itu Hira Dazzle mempunyai merchandise-nya sendiri seperti baju kaos, Can Badge, dan baju Jersey.

Setelah itu, mereka menampilkan lagu Fantastic Parade karya Yumemiru Adolescence menggunakan baju jersey official mereka. Kemudian penampilan dilanjutkan dengan lagu berjudul Terima Kasih. Lagu ini juga diciptakan oleh Angga, dan dipersembahkan untuk para pendukung Hira Dazzle sekaligus sebagai penutup dalam acara launching ini. Acara penutupan semakin terasa suasananya saat para pengunjung menyalakan senter dari gawai mereka sebagai lightstick mengikuti irama lagu yang dinyanyikan.

Demikian acara peluncuran grup Hira Dazzle, bagi yang ingin mendengar lagu Hira Dazzle dapat diakses melalui iTunez, Spotify, dan Youtube. Kami dari Nippon Club mengucapkan selamat atas peluncuran Hira Dazzle. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk meliput peluncuran Hira Dazzle. Terima kasih juga atas rekan-rekan yang telah bekerja keras mempersiapkan acara ini dengan sukses. Sekian dari liputan dari tim Jurnalistik Nippon Club kali ini dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!

Penulis: yaya, NvM
Penyunting: Zhe


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Music - Thursday, October 17, 2019 | 7:53 pm
J-Music - Saturday, September 7, 2019 | 1:54 pm
J-Music - Saturday, September 7, 2019 | 7:15 am
J-Music - Tuesday, August 27, 2019 | 11:08 am
Top