Ayo Berkenalan dengan Budaya J-POP Jepang dengan Event Blok M Square J-Pop Culture Fest
J-Event - Monday, September 30, 2019 | 9:54 pm

Halo minna-san! Kembali lagi dengan artikel liputan Nippon Club. Kali ini Nippon Club berkesempatan untuk meliput salah satu event yang diadakan di Kawasan Blok M Square yang terletak di daerah Jakarta Selatan pada tanggal 14 September 2019. Pada event Blok M Square kali ini bertemakan Pop Culture Jepang, dan membuat nama event ini menjadi Blok M Square J-Pop Culture Fest.

Tema dari event ini bertujuan untuk mendukung kelanjutan ciri khas Blok M dengan kebudayaan Jepangnya. Event ini memilki acara-acara yang menarik mulai dari seiyuu contest, anisong karaoke, stage performance dan masih banyak lagi. Penasaran? Yuk, disimak artikel kali ini!

Pertama, acara ini dibuka dengan Seiyuu Contest. Pada sesi seiyuu contest, para peserta akan mengisi suara (dubbing) tokoh anime, video game, dan lain sebagainya. Banyak adegan menarik yang di dubbing oleh para peserta, mulai dari adegan Boku no Hero academia – All might melawan All for One, Kaguya-sama Love is War – Chika rap games, dan Doraemon dengan dubbing Indonesia. Selain dari anime, ada juga adegan dari film Wreck-it RalphAll Disney Princess Scene dan game Fate/Grand OrderFujino interaction.

Selain Seiyuu contest ada juga Anisong Contest. Anisong Contest adalah lomba dimana para peserta akan menyanyikan lagu dari anime, game, dan lain sebagianya. Lagu-lagu yang ditampilkan mungkin sudah terdengar tidak asing bagi yang datang ke acaranya seperti lagu LiSA – Gurenge, 7!! – Orange, FLOW – Go!!!, dan masih banyak lagi. Pastinya, suasana panggung menjadi lebih meriah oleh penampilan dari masing – masing para peserta.

Setelah selesai Anisong Contest, lalu dilanjutkan dengan acara Kore kara Karoeke. Kore kara karaoke merupakan acara dimana para pengunjung event diajak bernyanyi bersama di depan panggung. Pada acara Kore kara karoke kali ini, yaitu mengcover semua lagu dari seri Kamen Rider dari zaman Heisei, yaitu dari Kamen Rider Kuuga sampai Kamen Rider Zi-0. Suasana panggung sangat ramai oleh suara-suara peserta yang sedang bernyanyi. Setiap lagu dari Opening seri Kamen Rider baik dari tv series maupun movie membuat para peserta menjadi excited selama 1 jam!

Kemudian dilanjutkan dengan acara Talkshow & Games Cosplayer. Pada sesi ini, para guest yang hadir di event Blok M Square J-Pop Culture Fest akan diajak berbincang dan bermain games di atas panggung. Para guest tersebut yaitu Asai (cosplay Megumi Kato), Anzu Marumaya (cosplay Kotori Minami), Liana Azhuri (cosplay Mamimi Tanaka), Mayumi Reena (cosplay Kizuna Ai). Pertama-tama dimulai dengan sesi talkshow, dimana mereka diajak berbicang bersama, tiba-tiba di pertengahan ada surprise dari Kang Zhuge. Acara tersebut, sementara diubah menjadi Kotori Minami Birthday Party. Maka Anzu dan juga cosplayer lain yang bercosplay sebagai Kotori Minami dari Love Live! diajak untuk meniup lilin kue ulang tahun bersama-sama.

Kotori Minami Birthday Party pun telah sukses, maka sesi Talkshow & Games Cosplayer kembali dilanjutkan dengan memasuki babak games. Pada sesi games, para guest cosplayer akan menjawab pertanyaan yang akan diajukan dengan menulis jawaban di kertas yang telah disediakan. Dari semua pertanyaan yang diberikan, Anzu berhasil menjawab semua dengan benar tanpa ada yang salah. Setelah games selesai, maka sesi ditutup dengan foto bersama.

Di event ini, ada juga booth – booth yang menemani serunya event, mulai dari booth official sampai booth community. Dari booth official, kalian bisa berbelanja merchandise idol atau guest cosplayer yang datang ke event Blok M kali ini. Pada booth Community ada juga yang menjual merchandise dari berbagai fandom anime dan juga games yang bisa kalian mainkan dengan teman kalian, seperti bermain osu! bareng di booth osu!.

Ada juga performance dari grup idol Aniqueen. Pada saat tampil, mereka membawakan beberapa lagu original dan juga cover dari berberapa anime, salah satunya Renai Corculation. Selain itu, pertunjukan pada event Blok M kali merupakan acara Graduation salah satu member Aniqueen yaitu April. Ia datang ke atas panggung dan membawakan lagu Yume no Kawa. Rasa sedih tidak bisa dipendam oleh April sehingga pada saat perform, April meneteskan air mata. Begitu pula juga dengan member Aniqueen yang lain, semoga sukses selalu untuk April!

Waktu menunjukkan pukul 16.00, dan ada lomba terakhir dalam event ini, yaitu Cosplay Walk. Cosplay walk adalah kontes dimana para cosplayer akan berjalan mengelilingi panggung dengan menunjukan karakteristik dari karakter yang di cosplay. Penilaian akan dilakukan oleh semua guest yang hadir di event Blok M. Berbagai cosplayer tampil dengan unik yang membuat para pengunjung penasaran dan mendatangi area panggung, sehingga membuat area panggung menjadi ramai. Kemudian, sesi diakhiri dengan foto bersama dengan guest dan para peserta kontes. Tentu saja kesempatan ini tidak akan dilewatkan bagi para fotografi cosplayer, sehingga banyak sekali yang memotret di area panggung.

Sekian dari liputan dari Nippon Club kali ini mengenai acara Blok M Square J-Pop Culture Fest. Kami berterima kasih kepada panitia Blok M atas kerja samanya sehingga bisa meliput acara dengan lancar. Nantikan juga artikel dan liputan berikutnya dari Nippon Club!

Penulis: Gachaman
Editor: Yaya


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Event - Wednesday, October 16, 2019 | 10:35 am
J-Event - Friday, September 20, 2019 | 8:06 pm
J-Event - Thursday, September 19, 2019 | 3:49 pm
J-Event - Sunday, September 15, 2019 | 8:07 pm
Top