[Liputan] Creator Super Fest 2019 Day 1, Guncang Wilayah Jakarta dengan Berbagai Konten Acara yang Menarik dan Unik!
J-Event - Friday, November 1, 2019 | 1:49 pm

Halo minna-san! Kembali lagi dengan artikel liputan Nippon Club. Kali ini Nippon Club berkesempatan untuk meliput event yang diselenggarakan oleh SOZO yaitu Creator Super Fest (CSF). Creator Super Fest 2019 diadakan di dua kota besar yaitu Surabaya, tepatnya di Chameleon Hall, Tanjungan Plaza pada 31 Oktober 2019-1 November 2019 dan Jakarta, tepatnya di SMESCO Exhibition Hall pada 26 Oktober 2019-27 Oktober 2019. Kali ini, Nippon Club ikut melihat CSF 2019 yang diadakan di Jakarta loh. yang ada pada CSF tahun ini? Ayo simak artikel liputan berikut ini!

Sebelumnya, apa itu Creator Super Fest (CSF)? CSF adalah event pop culture yang membawakan berbagai macam ilustrasi, Cosplay, musik, dan game. Pada tahun ini CSF juga tidak kalah serunya dengan tahun lalu. Banyak ilustrasi dan karya-karya keren yang digambar dari creator Indonesia, banyak juga tampilan dan kostum yang unik dari para cosplayer, beragam musik yang memukau, show case game console yang kita bisa coba secara gratis, dan juga beragam jenis turnamen.

Antusias masyarakat pecinta budaya pop culture sangat terasa pada CSF tahun ini. Mereka seperti tidak ingin terlambat dan tertinggal event spesial ini. Banyak pengunjung yang sudah mengantri sejak pukul 5 pagi menunggu pintu gerbang dibuka. Alasannya pun beragam, mulai dari penasaran dengan tamu spesial hingga tidak ingin kehabisan stok merchandise dari creator kesayangan mereka.

Akhinya pada pukul 10.00, pintu gerbang CSF 2019 secara resmi sudah dibuka. Tanpa komando, pengunjung pun langsung memasuki area CSF 2019. Ada yang menuju ke booth Creator/Cosplayer untuk membeli merchandise mereka, ada juga yang langsung menuju ke game area untuk mencoba game secara gratis, dan ada yang langsung menuju ke stage area untuk mendapatkan tempat paling depan agar bisa menyaksikan guest – guest yang hadir pada CSF 2019 tahun ini.

Pertama mari kita liat suasana di stage area, pada pukul 10.15 pembukaan dibawakan oleh salah satu DJ Anisong Jakarata yaitu OtaGroove! Mereka membawakan macam – macam anisong seperti Inner Urge – Sumire Uesaka, Crazy Noisy Bizarre Town – THE DU, Ez Do Dance – Prizmmy, dan masih banyak lagi. Sebagai penampilan yang pertama tampil di CSF, OtaGroove dengan lagu mereka membuat suasana di CSF semakin seru.

Setelah selesai penampilan dari OtaGroove dilanjutkan dengan penampilan salah satu Virtual Youtuber Indonesia yaitu Mintchan. Mintchan membicarakan seputar dari kegiatannya, hobby, makanan favorit, dan juga CD Album yang sudah dirilisnya dengan judul Mengejar Mimpi. Pada akhir penampilannya, Mintchan membuka sesi tanya jawab kepada para pengunjung stage. Yang menjawab dengan benar mendapatkan berupa poster A3 Mintchan dan juga mendapatkan CD Album Mengejar Mimpi secara gratis!

Penampilan berikutnya dilanjutkan oleh guest creator Indonesia yaitu Soyatu dan Tiyan Muhammad. Soyatu dan Tiyan Muhammad meperliatkan karya – karya yang sudah mereka buat dan menceritakan awal dari perjalanan mereka sebelum menjadi creator. Mereka juga membuka booth pada CSF 2019, jadi para pengujung yang mau membeli merchandise mereka bisa langsung menuju ke booth mereka dan membeli merchandise yang diinginkan.

Berikutnya adalah penampilan dari salah satu guest cosplayer asal Malaysia yaitu Lea dan Mikki. Lea dan Mikki membawakan talkshow terkait dengan mereka, selain itu mereka juga mengajak para pengunjung untuk bermain Super Smash Bros bersama mereka. Pengunjung bisa memilih untuk melawan antara Lea atau Mikki dan jika berhasil mengalahkan mereka pengunjung akan diberikan hadiah sebagai pemenang!

Lanjut dengan penampilan Guest Virtual yaitu NIJISANJI id. Virtual yang akan tampil dari NIJISANJI id yaitu Hana Macchia, ZEA Cornelia, dan Taka Radjiman, tapi sangat disayangkan Taka Radjiman tidak bisa hadir karena ada rapat mendadak. Namun Taka Radjiman berpesan bahwa ia hadir pada hari kedua CSF 2019. Meski begitu, Hana dan ZEA, tetap membawakan sesi talkshow dengan para pengunjung dan juga menjawab pertanyaan dari fans mereka. Momen spesial terjadi saat seorang fans meminta Hana untuk berbicara dengan nada ara~ara (frasa karakter Onee-san/wanita tua). Hasilnya tiba – tiba susana stage area semakin heboh.

Selain performance dari stage area, CSF 2019 juga memiliki banyak booth yang menarik yang tidak kalah serunya dengan pertunjukan di Stage area. Kalian bisa pergi ke booth creator untuk membeli beragam poster, stiker, gantungan kunci dari berbagai fandom anime atau pun games. Kalian juga bisa ke booth official seperti CSF SHOP untuk membeli merchandise official CSF, atau menuju booth playstation untuk mencoba games Beat Saber, Iron Man VR, dan Nioh 2 secara gratis.

Selain Playstation, Bandai Namco Entertainment juga membuka free trial games mereka yang populer dan juga yang terbaru untuk para pengunjung bisa coba mainkan. Games bisa di coba yaitu Taiko no Tatsujin – Drum ‘n’ Fun dan game terbaru mereka yaitu Code Vein. Lokasi booth Bandai berada tepat di depan Stage area, jadi sambil menunggu performance dari guest kalian bisa memainkan games mereka untuk membuang waktu.

CSF 2019 juga mengadakan beberapa jenis turnamen. Salah satuya seperti turnamen Art Dual Battle Tournament, dimana peserta lomba akan menggambar karakter yang temanya ditentukan melalui undian. Di sebelah area art duel ada booth Auto Chess. Bagi yang belum tau, Auto Chess adalah sebuah game mobile catur strategi yang digerakkan secara otomatis. Selain mengadakan turnamen, mereka juga memberikan free trial kepada para pengunjung yang tertarik untuk mencoba games-nya.

Sudah puas bermain games kita kembali lagi ke stage area. Pada jam 5 sore, acara dilanjutkan dengan Cosplay All Star High Touch Session. Pada sesi ini, bagi pengunjung CSF yang memiliki tiket Cosplay All Star High Touch Session dapat bisa kedepan panggung untuk high five dengan para guest cosplayer yang hadir pada CSF2019 kali ini.

Akhirnya tiba momen yang sudah dinantikan para pengunjung CSF 2019, yaitu penampilan Amaki Sally! Amaki Sally adalah salah satu seiyuu idol dari grup 22/7 (Nanabun no Nijuuni). Kali ini dia datang sebagai guest CSF 2019. Menjelang mulainya performance, para pengunjung sudah memenuhi area stage untuk menyaksikan penampilan dari Amaki Sally. Sally membawakan beberapa cover lagu seperti Missing You, Secret Base, Zankoku na Tenshi no Thesis. Bagi yang tidak dapat melihat performance Sally tenang saja kalian masih bisa dapat menyaksikan Sally pada hari kedua CSF 2019.

Selesai performance dari Amaki Sally akhinya CSF 2019 day 1 diakhiri dengan penampilan dari ANiBEATS: REDSHIFT, Lazurite, WILDPARTY, SOBA. Tapi karena ada kesahalan teknisi jadi penampilan dari ANiBEATS tertunda. Tapi jangan khawatir, acara masih tetap berlanjut dengan pergantian penampilan dari LUMICA dengan membawakan pertunjukan tarian wotagei. Selain membawakan tarian wotagei, LUMICA juga membagikan beberapa light stick mereka secara gratis kepada para penonton, kapan lagi dapat kalian bisa dapat light stick secara gratis lo! Setelah selesai performance LUMICA akhinya pertunjukan dilanjutkan dengan ANiBEATS terutama karena sudah mendapatkan light stick dari LUMICA dan juga sebagai penutupan CSF day 1 suasana menjadi semakin ramai!

Demikian Creator Super Fest 2019 hari pertama resmi selesai. Bagi yang tidak dapat berkunjung ke CSF 2019 hari pertama jangan khawatir, CSF2019 masih ada hari keduanya yaitu minggu 27 oktober. Tidak lupa, kami berterima kasih kepada pihak penyelenggara Creator Super Fest 2019 yang telah berkerja keras untuk membuat acara ini menjadi suksek! Simak juga artikel – artikel lainnya dari Nippon Club dan nantikan juga artikel day 2 dari CSF2019 nanti! Sampai jumpa!

Penulis: Gachaman
Editor: Zhe


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Event - Thursday, November 14, 2019 | 8:11 pm
J-Event - Wednesday, November 6, 2019 | 10:57 pm
J-Event - Tuesday, November 5, 2019 | 3:13 pm
J-Event - Monday, November 4, 2019 | 11:50 pm
Top