Manfaat Tradisi Berendam Air Panas ala Jepang
J-News - Tuesday, December 3, 2019 | 7:08 pm

Konnichiwa minna-san! Kembali lagi dengan artikel mingguan Nippon Club. Artikel kali ini akan membahas tentang sesuatu yang menarik untuk dicoba ketika berkunjung ke Negeri Sakura.

null

Para pecinta budaya Jepang tentu tidak asing lagi dengan kata “onsen”. Onsen adalah tempat permandian air panas di Jepang. Onsen telah dikenal di Negara Matahari Terbit lebih dari 3000 tahun lalu. Dahulu kala, onsen digunakkan oleh masyarakat Jepang untuk menyembuhkan luka dan menyegarkan badan.

Onsen menggunakan air tawar panas yang berasal dari dalam bumi, sehingga air panas tersebut mengandung banyak mineral baik untuk kulit kita. Misalnya dapat menyembuhkan penyakit rematik, hipertensi, gatal-gatal dan lain sebagainya. Onsen di Jepang dapat ditemukan hampir di seluruh pelosok Negeri Sakura terutama di daerah pegunungan, kaki gunung dan tepi pantai. Hal tersebut dikarenakan Negara Jepang berada di Kawasan Cincin Api Pasifik dimana di Kawasan tersebut terdapat banyak gunung berapi aktif.

Onsen telah menjadi salah satu ciri masyarakat Jepang, onsen manjadi tempat umum untuk rileksasi, menghilangkan stress, dan tempat menyembuhkan penyakit kulit. Hal lain yang menarik dari onsen adalah setiap pengunjung yang ingin mandi di sana wajib melepaskan semua pakaian yang ia gunakan tanpa terkecuali lalu diwajibkan untuk membasuh badannya terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam kolam. Hal tersebut untuk menghindari air kolam menjadi kotor karena tercemar kotoran yang menempel pada pakaian.

Salah satu fakta menarik untuk diketahui tentang onsen adalah tepatnya di Yamanouchi, di kawasan wisata Jigokudani (lembah neraka), terdapat onsen untuk monyet. Monyet Jepang (Macaca-fuscata) yang sering juga disebut monyet salju, sering turun dari perbukitan di sekitar Jigokudani untuk menghangatkan diri dengan cara berendam sepanjang musim dingin. Mereka turun dari perbukitan pada pagi dan kembali pada siang hingga sore hari.

Onsen menjadi salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi dan dicoba ketika berwisata ke Jepang. Apabila malu untuk mencoba permandian umum, kita dapat mencoba onsen milik hotel di tempat kita menginap bila tersedia. Berhati-hatilah dalam berendam di onsen karena dapat menyebabkan pusing apabila terlalu lama di dalam air. Sekian artikel untuk kali ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

sumber: Visit Kinosaki, nippon.com, japan-guide.com

Penulis: Aditchii
Penyunting: NvM


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Top