[Liputan] Jiyuu Matsuri 2019: Binar-binar Kesenian Jepang di Jiyuu Matsuri 2019
J-Event - Monday, December 9, 2019 | 9:36 am

Hallo semuanya! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, Nippon Club akan membahas salah satu event jepang. Event Jepang kali ini adalah Event Jiyuu Matsuri atau sering disebut JIMAT yang bertempat di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Jiyuu Matsuri tahun ini dilaksanakan selama 2 hari berlokasi di area Kampus A Universitas Negeri Jakarta. Acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Jepang UNJ pada tanggal 16 hingga 17 November 2019 ini bertujuan memperkenalkan kebudayaan Jepang yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Acara di hari kedua Jiyuu Matsuri 2019 sangat ramai, meskipun cuaca yang sangat terik sempat mengganggu sebagian orang untuk beraktivitas. Tiket masuk gratis dan berbagai macam lomba, serta penampilan beberapa kelompok penyanyi membuat suasana event ini sangat menyenangkan walaupun sangat ramai. Stand-stand yang sangat beragam dimulai dari stand merchandise, makanan, minuman, game hingga cosplay dan peminjaman yukata, juga meramaikan acara. Berbagai stand diserbu oleh pengunjung dimulai dari open gate hingga penghujung hari.

Berbagai macam makanan dan minuman seperti takoyaki, okonomiyaki, japanese curry, ikayaki, mojito, kakigori dan masih banyak lagi dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk minuman dimulai dari harga Rp 5.000 – Rp 20.000, dan untuk makanan dimulai dari Rp 10.000 hingga Rp 40.000. Harga yang bersahabat dengan kantong mahasiswa ini membuat banyak pengunjung rela mengantre untuk membeli makanan dan minuman yang ada.

Stand game yang ada juga merupakan salah satu stand yang menarik yang ada di event ini. Berbagai permainan ala Jepang disediakan bagi para pengunjung dengan harga yang sangat bersahabat, hanya dengan Rp 10.000 kita sudah bisa memainkan semua permainan yang ada. Salah satu game yang paling menguji kesabaran adalah Kingyo-Sukui. Kingyo Sukui adalah permainan menangkap ikan mas menggunakan Poi (semacam sendok dengan bahan dasar kertas). Salah satu pengunjung yang sudah berpengalaman bahkan bisa menangkap hingga 10 ekor ikan tanpa Poi yang robek!

Jiyuu Matsuri tidak lengkap tanpa perlombaan tentunya. Berbagai macam perlombaan diadakan jauh sebelum hari H event Jiyuu Matsuri. Lomba-lomba yang diadakan berupa lomba Fanart, Doujinshi, Character Design, Band, Seiyuu, Pidato, Mading, Cerdas Cermat, Kana Kanji, Rodoku, Shiritori, Cosplay dan Cosplay Photography. Bahkan hasil karya dari para pemenang lomba-lomba tersebut dipajang di koridor area event.

Suhu rata-rata yang berkisar antara 33-35ΒΊ tidak menghentikan khalayak umum yang berasal dari berbagai kalangan untuk mengikuti event ini. Pengunjung yang sangat ramai dan berbagai cosplayer memadati area event. Berbagai karakter yang dicosplaykan tidak membuat karakter-karakter yang ada terlihat menoton. Bahkan cosplayer dengan hard costume hingga cosplayer anak kecil juga hadir.

Tidak ketinggalan juga dengan pertunjukkan dari berbagai guest star turut memeriahkan acara. Beragam Penampilan komedi seperti Rising Sun dengan tema Doraemon yang sangat lucu bahkan hingga membuat penonton tertawa terbahak-bahak. Kehadiran Yosakoi Hyakka Ryouran yang membawakan 5 macam tarian juga membuat event tahun ini sangat seru dan menarik untuk diikuti. Bahkan 2 tarian dapat diikuti oleh khalayak umum dipandu oleh para anggota Yosakoi sendiri. Antusias para masyarakat membuat acara JIMAT semakin meriah.

Penampilan live music – konser band seperti Wibi & Friends dan Fairytails yang bernuansa Rock – Metal Rock, Heno Heno Moheji dan Nanairo Symphony yang membawakan lagu ciptaan mereka sendiri dan lagu-lagu anime seperti Gurenge, Go, dan Inferno. Penonton yang sangat antusias dengan konser pun bahkan merapat ke area panggung dan berfoto dengan para guest. Penampilan dari Shoujo Complex, Honeybeat dan Astro Paper menjadi penutup bagian live music – konser ini.

Acara penutup dari Jiyuu Matsuri seperti biasa, yaitu pertunjukan Hanabi. Kegiatan Hanabi ini menutup seluruh rangkaian acara Jiyuu Matsuri yang telah berlangsung selama 2 hari.

Kami dari Nippon Club mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak Jiyuu Matsuri 2019 yang membuat acara ini berjalan dengan lancar dan terima kasih untuk kesempatan meliput Jiyuu Matsuri pada tahun ini. Sekian artikel liputan event Jiyuu Matsuri tahun ini. Ditunggu artikel-artikel selanjutnya dari Nippon Club ya!

Penulis: Aditchii
Editor: Gachaman


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Event - Monday, January 6, 2020 | 9:04 am
J-Event - Saturday, January 4, 2020 | 5:13 pm
J-Event - Monday, December 16, 2019 | 11:28 pm
J-Event - Saturday, December 14, 2019 | 3:57 pm
Top