Hebat! Parkiran Sepeda Jepang ada dibawah Tanah!?
J-News - Wednesday, December 25, 2019 | 7:19 pm

Kita tahu bahwa pada saat ini, pemerintahan kota DKI Jakarta tengah menggalakkan penggunaan sepeda. Bisa kita katakan kalau mungkin saja Pemerintah DKI Jakarta terinspirasi dengan cara Jepang yang bisa melestarikan penggunaan sepeda dengan baik. Bahkan mereka memiliki tempat parkir sepeda yang sungguh canggih terletak di bawah tanah. Menariknya, parkiran sepeda tersebut kasat mata. Dikarenakan area parkir sepeda tersebut dibuat sedemikian rupa di bawah tanah.

Nah, cara kerja dari sistem parkir canggih ini adalah dengan dipasangnya terlebih dahulu sebuah chip yaitu “IC Chip” di bagian depan sepeda. Jika sudah dipasang, kita bisa langsung membawa sepeda ke pod atau gerbang berukuran kecil di taman tersebut yang berfungsi sebagai akses masuknya. Setelah kita sudah menempelkan sepedanya pada rangka besi yang tersedia pada pod sepeda, kita cukup menekan tombol dan seketika sepeda itu masuk ke dalam dan terparkir secara otomatis.

Saat sepeda berada dibawah tanah atau bisa kita katakan dibawah pod, mesin akan mencarikan tempat parkir yang kosong untuk sepeda kita. Ketika kita ingin mengambilnya kembali, kita cukup menggunakan sebuah kartu keanggotaan dan meng-tap ke mesin pemindai yang ada. Setelah itu, sepeda pun dengan otomatis akan dibawa keatas oleh mesin dan keluar dari pintu masuk yang sama. Parkiran Sepeda bawah tanah ini menyediakan sekitar 200 lahan parkir sepeda pada setiap pod yang tersedia.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, sebelum itu kita harus mendaftar terlebih dahulu menjadi anggota. Setelah sudah menjadi anggota, kita perlu membayar biawa sewa sekitar 200 ribu rupiah per bulan untuk dapat menggunakan layanan parkir sepeda di parkiran bawah tanah tersebut. Jadi, kalo mau menggunakan fitur luar biasa ini, jangan lupa untuk registrasi dulu ya guys!.

Pemerintah Jepang menciptakan mesin ini dengan berbagai alasan, yaitu untuk keamanan yang lebih terjamin untuk sepeda masyarakat, dan memberikan lahan parkir sepeda yang lebih banyak. Dengan adanya parkiran dibawah tanah ini, juga tercipta lebih banyak ruang kosong di permukaan. Sehingga kita juga bisa bergerak lebih leluasa dibandingkan dengan saat parkiran masih berada di permukaan semua. Setelah melihat bahwa sistem ini sukses besar, pemerintah Jepang pun berencana untuk menyebarkan sistem parkiran bawah tanah ini ke seluruh penjuru Jepang.

Sumber: Danny Choo YouTube Channel , DetikTravel

Penulis: MiwMiw
Penyunting: Gachaman


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Top