Yuk Intip Kartu Ucapan Tahun Baru Orang Jepang!
J-News - Wednesday, December 25, 2019 | 2:57 pm

Konnichiwa Minna-san! Kembali lagi dengan artikel Nippon Club. Tidak terasa kita sudah berada di Bulan Desember, bulan terakhir tahun 2019. Bagaimana persiapan pesta perayaan akhir tahun kalian? Artikel kali ini akan membahas tentang salah satu kebudayaan orang Jepang yang unik, yaitu menulis kartu ucapan tahun baru bagi keluarga atau orang-orang terdekat mereka.

Apabila orang-orang barat saling mengirimkan kartu ucapan natal, di Jepang orang-orang saling mengirimkan kartu ucapan selamat tahun baru. Kartu ucapan selamat tahun baru ini disebut nengajo (年賀状) atau sering disebut juga nenga-hagaki (年賀はがき). Kartu-kartu ini dibuat dan dikirimkan melalui kotak pos di sekitar tanggal 15-24 Desember agar kartu-kartu tersebut dapat sampai tepat waktu yaitu pada tahun baru tanggal 1 Januari atau paling lambat tanggal 7 Januari. Nengajo paling lambat sampai kepada penerima pada tanggal 7 Januari, kartu lainnya yang diterima setelah itu seharusnya adalah kartu ucapan musim dingin atau kanchuu-mimai (寒中見舞い).

Dalam kebudayaan orang Jepang, apabila kita menerima nengajo dari seseorang pada tahun baru, maka kita akan mengirimkan nengajo untuk mereka pada tahun depan. Namun ada satu pengecualian yaitu kita tidak boleh mengirimkan nengajo kepada orang yang mengalami kedukaan pada tahun tersebut. Keluarga yang mengalami kedukaan akan mengirimkan mochuu-hagaki (喪中葉書) untuk memberitahu bahwa mereka tidak akan menerima nengajo pada tahun baru.

Seperti pada umumnya kartu ucapan lainnya, nengajo ditulis secara vertikal dari kanan ke kiri. Bagian depan nengajo terdapat gambar shio hewan tahunan berdasar pada astrologi tiongkok. Pada bagian depan juga terdapat ucapan serta harapan di tahun yang akan datang, sedangkan bagian belakang dari nengajo berisi alamat penerima, nama penerima, nama pengirim, dan kode pos penerima.

Ucapan-ucapan yang biasanya ada di nengajo berhubungan dengan selamat tahun baru, terima kasih atas bantuannya di tahun yang telah berlalu dan sebagainya. Misalnya, akemashite omedetou gozaimasu, sakunen wa osewa ni narimashita, kotoshi yoroshiku onegaishimasu (明けましておめでとうございます、昨年わお世話になりました、今年もよろしくお願いします). Ucapan tersebut berarti, selamat tahun baru, terima kasih atas segala bantuannya di tahun lalu, mohon bantuannya di tahun yang akan datang.

Tahun 2020 akan menjadi tahun dengan Shio Tikus sehingga di akhir tahun ini akan banyak nengajo bergambar tikus yang dikirimkan di seluruh Jepang. Bagaimana? Tertarik untuk menulis nengajo-mu sendiri? Sekian artikel kali ini. Nantikan artikel Nippon Club selanjutnya ya! Selamat berlibur minna-san!

Sumber: The Wadas On Duty, Web Japan, GaijinPot Blog, TimeOut

Penulis: Aditchii
Penyunting: NvM


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Top