Kenali Hal-Hal Mengenai Berkemah Ala Yuru Camp△
Anime-Manga - Wednesday, January 1, 2020 | 7:59 pm

Artikel ini mengandung spoiler

Berkemah adalah salah satu kegiatan di luar ruangan yang umumnya dilakukan untuk istirahat sejenak dan menikmati pemandangan alam yang indah. Mungkin ada beberapa di antara kalian yang sudah pernah berkemah, mungkin ada juga yang belum pernah. Nah, ada rekomendasi anime yang bagus bagi kalian para penonton anime dan juga para pekemah, yaitu Yuru Camp. Yuru Camp (ゆるキャン△) adalah anime atau manga bergenre slice of life dan komedi.


Sementara liburan yang sempurna untuk sebagian besar gadis seusianya mungkin liburan mewah dengan orang yang mereka cintai, cara ideal Rin Shima untuk menghabiskan hari liburnya adalah berkemah sendirian di kaki Gunung Fuji. Dari memasang tendanya hingga mengumpulkan kayu bakar, dia selalu melakukan semuanya sendiri, dan tidak punya rencana untuk meninggalkan dunia kecilnya itu.

Namun, semuanya berubah ketika dia bertemu dengan Nadeshiko Kagamihara. Nadeshiko yang awalnya berencana untuk melihat pemandangan indah Gunung Fuji untuk dirinya sendiri terganggu ketika dia tertidur di tengah perjalanannya. Sendirian dan tak ada pilihan lain, ia segera mencari bantuan dari orang lain yang berada sekitarnya. Meskipun pertemuan kedua gadis itu tergesa-gesa, mereka tetap menikmati malam yang dingin bersama dari makan ramen dan bercakap-cakap sementara api unggun membuat mereka tetap hangat. Dan bahkan setelah saudara perempuan Nadeshiko akhirnya menjemputnya malam itu, mereka diam-diam merencanakan kemungkinan perjalanan berkemah bersama.

Yuru Camp tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga mengajarkan bagaimana cara berkemah yang benar, seperti bagaimana cara memasang tenda, apa saja jenis-jenis kemahnya, dan tips yang kalian bisa ikuti saat kalian ingin menyalakan api. Yuru Camp juga mengambil lokasi yang berada di Jepang, seperti Fumotoppara Camping Ground, Koan Camping Ground, dan lain sebagainya. Maka dari itu, kalian tidak perlu khawatir jika kalian ingin mencari tempat perkemahan di Jepang.

Anime ini meraih rating sebanyak 4.9 dari lima pada Crunchyroll. Sebagian banyak dari isi review tersebut membahasa mengenai animasi, voice acting, lagu, dan atmosfer dari anime tersebut. Anime ini juga meraih beberapa penghargaan, di antaranya dalam WINTER 2018 ANIME AWARDS, Anime of the Season, Favorite Comedy, Favorite slice-of-life, dan Favorite Opening Theme Song dengan judul Shiny Days(Asaka). Selain itu, manganya yang dirilis dalam Bahasa Inggris juga meraih beberapa penghargaan, American Library Association’s list of 2019 Great Graphic Novels For Teen dan Eisner Award 2019.

Lagu pembuka dan penutup dalam Yuru Camp dapat menyentuh hati para penonton anime karena sesuai dengan tema berkemah. Bahkan, Lirik Lagu penutupnya (Fuyu Biyori oleh Eri Sasaki) yang menceritakan tentang sejuknya pemandangan pada musim dingin menambah perasaan sejuk bagi yang mendengarkannya. Kalian dapat mendengarkan lagunya beserta original soundtrack dalam albumnya yang berjudul Yuru Camp Ost.

Anime ini akan merilis anime pendek yang diberi judul Heya Camp pada bulan Januari tahun 2020. Mereka juga umumkan bahwa akan ada Live-action yang akan debut melalui beberapa saluran televisi Jepang. Bagi yang berada di luar Jepang, kalian juga dapat menontonnya melalui Amazon Prime Video pada tanggal 10 Januari 2020.

Jadi, siapkan alat perkemahan kalian dan selamat berkemah sambil menonton Yuru Camp. Jangan lupa dengarkan original soundtrack anime ini agar lebih menghayati masa-masa berkemah kalian. Sekian artikel kali ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya dan selamat berlibur.

Sumber: Yurucamp, Crunchyroll (1, 2), Akun Twitter Yurucamp, Anitrendz

Penulis: Natsuka Rikka
Penyunting: NvM


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Top