Bonding Day : Langkah Menuju Kebersamaan Nippon Club!
NC RELATED - Friday, March 6, 2020 | 3:10 pm

Halo minna-san! Lama tak berjumpa dengan tim jurnalistik Nippon Club. Pada tanggal 1 Maret 2020 kemarin, kami berkesempatan untuk mengikuti acara Bonding Day di Binus Syahdan yang diadakan oleh Nippon Club lho guys! Acara ini diadakan dengan tujuan untuk mempererat hubungan para aktivis baru dari Binus Kemanggisan dan juga Alam Sutra. Tidak hanya untuk sesama aktivis tetapi, di acara ini, aktivis juga bisa lebih mendekatkan diri atau mengenal para senior mereka. Walaupun pada hari itu cuaca sedang tidak begitu bersahabat, tetapi para aktivis dan senior tetap semangat mengikuti acara tersebut.

Bonding Day ini memiliki 2 kegiatan, yang pertama yaitu latihan Bon Odori yang merupakan tarian tradisional Jepang. Latihan Bon Odori ini dilakukan pukul 9.30 pagi, dan dipimpin oleh senior yang telah ahli dalam melakukan tarian ini. Mereka mulai meminta para aktivis untuk membuat sebuah lingkaran besar. Para senior meragakan gerakan-gerakan Bon Odori secara perlahan dan bertahap.

Kami yang penasaran dengan Bon Odori pun mencoba untuk mengikuti gerakan-gerakannya. Diiringi dengan alunan lagu tradisional Jepang, para aktivis mengikuti gerakan pemeraga dengan perlahan. Gerakan Bon Odori ini terdiri dari beberapa tahap, bisa dikatakan cukup sulit. Pada awalnya, gerakan yang dilakukan masih bisa dikatakan mudah. Ketika sudah ke tahap selanjutnya, gerakan-gerakan Bon Odori pun bertambah sulit dengan tempo dan gerakan yang cepat.

Setelah latihan secara bertahap, karena kami sudah berlatih cukup lama, para aktivis diperbolehkan untuk istirahat selama 1 jam. Para aktivis memanfaatkan waktu tersebut dengan pergi ke tempat makan di sekitar Binus Syahdan, ada juga yang melakukan ibadah. Setelah istirahat selesai, latihan Bon Odori pun dilanjutkan. Setelah latihan bertahap, kali ini latihannya langsung dilakukan dari awal sampai akhir. Sekitar setengah jam berlalu, dan waktu sudah menunjukan pukul 1 siang, sesi latihan Bon Odori pun telah selesai. Meskipun ini adalah latihan yang pertama bagi para aktivis, mereka sudah melakukannya dengan baik.

Selanjutnya, Bonding Day dilanjutkan dengan sesi permainan yang dilakukan di lapangan Indoor Binus Syahdan, terletak di lantai paling atas. Para aktivis dibagi menjadi beberapa kelompok, yang dimana terdiri dari aktivis Kemanggisan dan Alam Sutra. Kelompok-kelompok tersebut diberi arahan untuk menuju ke berbagai tempat permainan yang telah dijaga oleh para senior. Untuk permainannya sendiri seperti party games yang terdiri dari 5 permainan.

Permainan yang pertama adalah permainan Tic Tac Toe, tetapi tidak seperti Tic Tac Toe biasa nih guys! Bedanya, permainan ini menggunakan gelas plastik yang bagian bawahnya telah ditandai dengan “X” dan “O”. Cara memainkannya adalah dengan meng-flip gelas dengan dilempar seperti halnya Bottle Flip sampai posisi terbalik, lalu letakkan ke papan dengan kondisi menang sama seperti Tic Tac Toe biasa. Kemudian, ada permainan memindahkan kaleng, namun kita tidak menggunakan tangan untuk memindahkannya, melainkan menggunakan sebuah sedotan. Kelompok yang terlebih dahulu memindahkan semua kaleng ke meja yang telah disediakan, merekalah yang menjadi pemenangnya.

Kemudian ada permainan yang terkenal di kalangan anak-anak Jepang yaitu Kagome Kagome. Permainan ini bisa dilakukan oleh banyak orang, dimana ada 1 orang yang akan duduk dengan mata tertutup dan dikelilingi oleh pemain lainnya yang menyanyikan lagu kagome kagome. Orang yang duduk harus menebak nama orang yang berhenti tepat dibelakangnya ketika lagu berhenti.

Lalu ada permainan Human Knot, yang dimana sebuah kelompok harus membuat lingkaran, lalu berpegangan tangan sambil menyilangkan tangan, sehingga terlihat seperti tali yang kusut. Kemudian, kelompok tersebut harus merapikan tangan mereka sampai terlihat rapi atau tidak ada yang menyilang dengan waktu yang ditentukan. Terakhir merupakan permainan memasukkan bola pingpong ke dalam gelas, dimana kelompok yang berhasil memasukkan 5 buah pingpong ke dalam gelas terlebih dahulu akan memenangkan permainan ini.

Setelah semua permainan selesai dimainkan, sebagian aktivis masih belum puas bermain, sehingga mereka melakukan pertandingan bola basket. Waktu pun berlalu, para aktivis yang bermain bola basket pun sudah lelah dan akhirnya istirahat. Acara ini diakhiri dengan pengumuman pelatihan untuk para aktivis Nippon Club, dan penyampaian rasa terima kasih dari ketua Nippon Club kepada para anggota yang telah datang ke Bonding Day.

Kami merasa senang karena telah diberikan kesempatan oleh Nippon Club untuk mengikuti acara Bonding Day yang seru ini. Terutama, karena kami bisa lebih dekat dengan para anggota Nippon Club. Kami berharap agar bisa memiliki kesempatan untuk mengikuti lagi acara Nippon Club yang akan datang. Nantikan artikel-artikel dari Nippon Club berikutnya ya!

Penulis : MiwMiw
Editor : Yaya


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Top