Halo minna-san, kembali lagi dengan artikel liputan Nippon Club. Kali ini kami berkesempatan untuk meliput Creator Super Stream Vol.2 atau CSS Vol.2 yang ditayangkan melalui situs web resmi mereka. Sebelumnya, mereka sudah pernah melakukan event ini dengan judul Creator Super Stream Vol.1. Untuk yang pertama ini mereka meraih kesuksesan dengan banyaknya streamer, mereka pun mengadakannya lagi dengan konten yang lebih meriah dan guest star yang lebih banyak dari yang sebelumnya.

Hari ini merupakan hari terakhir berlangsungnya CSS Vol.2 dan temanya adalah cosplay. Tentu dengan tema cosplay pasti harus ada yang namanya cosplayer, oleh karena itu CSS menghadirkan guest star cosplayer yang sudah berpengalaman di dunia cosplay dan sudah dikenal oleh banyak orang. Guest star atau cosplayer yang dihadirkan oleh mereka adalah Angie dari Malaysia, Hikarin dari Kanada, Thames Malerose dari Thailand, dan yang terakhir adalah Yukiko dari Singapura.

CSS Vol.2 dihosting oleh Virtual Youtuber atau V-tuber dari Nijisanji ID, dan pada hari ketiga ini yang menjadi host adalah Riksa Dhirendra, Miyu Ottavia, Nara Haramaung, dan Layla Alstroemeria. Sebelum dimulainya Live Stream,  fans sudah ramai berbincang di Live Chat tidak sabar menunggu mulainya stream. Kemudian dimulailah stream yang diawali dengan pembukaan dari V-tuber Riksa Dhirendra dan Miyu Ottavia. Pada pembukaan, Riksa dan Miyu menyapa fans dan saling bercanda sambil menunggu persiapan dari guest star untuk sesi pertama. Tidak lupa juga mereka mengumumkani quest, yaitu fans harus menemukan keyword rahasia pada stream CSS Vol.2, pemenang yang berhasil dan yang beruntung akan mendapatkan sebuah hadiah dari CSS.

Setelah itu, akhirnya guest star pun siap menyapa dan berbincang dengan fans dan host, dialihkan kepada V-tuber Nara Haramaung dan Layla Alstroemeria. Nara dan Layla menyapa guest star, tentu mereka sedang ber-cosplay juga. Pada saat itu, Angie berperan sebagai Chen dari Arknights, Thames sebagai Flamebringer dari Arknights, dan begitu juga dengan Yukiko yang bercosplay sebagai Gummy dari Arknights. Untuk Hikarin, Ia cosplay menjadi karakter original nya yang bernama Kai. Tidak hanya itu, fans ramai terkejut dengan Hikarin, Ia terkenal dengan cosplay karakter laki-lakinya yang terlihat sangat tampan dan berani, terungkap pada saat itu bahwa Hikarin ternyata seorang perempuan.

Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan mengenai aktivitas apa saja yang dilakukan oleh guest star belakangan ini. Mereka pun menjawab bahwa mereka belakangan ini tentu lebih banyak melakukan pekerjaan stay homeseperti streaming dan mereka juga melakukan photoshoot untuk cosplay mereka. Sesi pertama pun dilanjutkan dan diakhiri dengan mendengarkan Cosplay Journey guest star sambil melihat foto-foto cosplay mereka.

Host dikembalikan kepada Riksa dan Miyu, mereka pun ikut terpukau dengan cosplay journey dari guest star. Mereka pun melajutkan dengan mengumumkan merchandise yang tersedia di CSS official shop, merchandise ini masih kalian bisa beli sampai tanggal 12 Juli. Dilanjutkan dengan sesi Virtual Coscard Gacha,  iya benar sekali gacha guys! Eits, tapi tenang saja urusan hoki atau tidak, karena gacha disini hasilnya SSRsemua kok! Gacha ini berisi Cosplayer Card dari para cosplayer Indonesia yang akan menyapa kalian lho. Riksa dan Miyu yang akan memutar gachanya, dan karena keberuntungan mereka kita bisa melihat sebuah rekaman video yang berupa sapaan menghangatkan dari Mayumi Reena, Yuune, Kameaam, dan Larissa Rochefort.

Setelah itu, Host dialihkan kembali pada Nara dan Layla untuk sesi selanjutnya, yaitu adalah sesi games! Pada sesi ini Nara, Layla, dan guest star akan bermain bersama dalam permainan yang sudah tidak asing lagi bagi kalangan muda, terutama yang seorang gamer. Permainan ini cocok untuk dimainkan bersama, kapan saja, dan dimana saja nih guys! Kalian tau permainan apa itu? Ya, Apalagi kalau bukan Skribbl.io! Mulai pada sesi ini menjadi semakin seru nih, dikarenakan staff juga ikut nimbrung dengan fans untuk menebak apa yang akan digambar oleh Layla dan guest star. Tidak hanya itu, fans juga dikejutkan dengan keahlian gambar Thames disini yang sungguh Sugoi! Pada akhirnya Skribbl.io pun dimenangkan oleh Hikarin dan Ia dipuji-puji oleh fans, mereka mengakui bahwa Hikarin sungguh pintar.

Setelah permainan selesai, host pun dialihkan kembali kepada Riksa dan Miyu. Setelah melihat sesi permainan tadi, mereka juga ikut terpukau dengan kepintaran dan keahlian guest star dalam memainkan Skribbl.io. Kemudian sesi dilanjutkan dengan pengumuman projek yang akan datang dari Nijisanji ID, fans mereka pun tentu juga sungguh menantikan projek dari Nijisanji ID tersebut.

Sesi selanjutnya pun siap untuk ditayangkan dan host kembali dialihkan ke Nara dan Layla. Sesi selajutnya adalah sesi untuk menilai finalis kontes cosplayer Indonesia, tentunya guest starnya lah yang menilai performa mereka. Foto cosplay dari finalis pun membuat guest star terpukau melihat betapa kreatifnya para finalis. Di antaranya ada cosplay Gatot Kaca dari Mobile Legends, Aris dari Seven Knights, Scarecrow dari DC Comics Villain Series dan lain-lain. Setelah melihat para finalis yang kreatif, guest star kita pun merasa menjadi lebih semangat untuk bercosplay yang lebih keren lagi untuk selanjutnya.

Sambil meyiapkan sesi selanjutnya, host pun dilempar kembali kepada Riksa dan Miyu. Disini Riksa dan Miyu berbincang-bincang mengenai apa dan siapa karakter yang akan mereka coba untuk cosplay, kalau misalkan mereka berkeinginan untuk cosplay. Tidak lupa sekali lagi mereka mengumumkan merchandise apa saja yang tersedia di CSS official shop yang bisa kalian beli di situs web resmi CSS. Akhirnya sesi selanjutnya sudah siap, Riksa dan Miya pun melempar kembali tanggung jawab host kepada Nara dan Layla.

Nah, pada sesi ini merupakan sesi games lagi nih, guys! Kalau di sesi sebelumnya mereka bermain skribbl.io yang harus menggambar dan menebak, pada sesi ini guest star harus menebak anime dari emoji yang diberikan oleh Nara dan Layla! Disini, staff pun juga ikut permainannya dan tidak mau ketinggalan. Mereka ikut berpatisipasi dengan fans untuk menebak anime berdasarkan emoji yang diberikan oleh Nara dan Layla. Lucunya, kalian bisa melihat aksi dari guest star yang kebingungan, karena reaksi mereka yanag unik setelah mengetahui anime apa berdasarkan emojinya. Sesi permainan ini dimenangkan oleh Hikarin dan Yukiko yang berhasil menebak semuanya.

Sesi permainan kedua berakhir dan tanggung jawab host kembali dioper kepada Riksa dan Miyu. Nah, disini sesi yang ditunggu-tunggu lagi nih, yaitu sesi gacha bersama Riksa dan Miyu. Mereka akan menggunakan tangan keberuntungan mereka kembali untuk mendapatkan semua SSR yang tersedia nih! Akhirnya dengan tangan emas mereka, kita pun bisa melihat dan mendengarkan video sapaan yang manis dari Aphin, Ola Aphrodite, Echow, dan Nekonoi Katsu. Sesi selanjutnya telah siap, tentu saja Riksa dan Miyu sudah tidak sabar untuk melihat kembali guest star, dengan semangat mereka mengalihkan host kepada Nara dan Layla.

Kembali lagi dengan Nara dan Layla, dengan bersedih hati Nara dan Layla mengumumkan bahwa sesi ini adalah sesi penghujung stream hari terakhir. Sesi yang terakhir adalah talkshow, pada sesi ini Nara dan Layla bertanya kepada guest star tentang apa atau siapa yang menginspirasi mereka untuk tetap kreatif. Sungguh mengejutkan bahwa yang menginspirasi Angie dan Hikarin itu sama, yaitu BTS, mana nih suaranya Kpopers? Kemudian dilanjutkan dengan Thames, orang yang menginspirasi dia adalah Ayahnya. Ayahnya adalah seorang pelukis yang telah mengajarkan Thames banyak hal mengenai seni. Setelah melihat cosplay pun ia berpikir bahwa cosplay adalah seni yang cocok untuknya dan Ia menjadi serius untuk mendalaminya. Kemudian untuk Yukiko sendiri membuat Angie, Hikarin, dan Thames terharu, karena yang menginspirasi Yukiko adalah senior-senior dalam dunia cosplay seperti Angie, Hikarin, dan Thames.

Dilanjutkan dengan pertanyaan selanjutnya adalah mengenai mengenai projek atau apa yang bakal mereka lakukan untuk kedepannya. Untuk Angie, Ia akan melakukan cosplay Arknight dan tentu banyak juga photoshoot yang akan Ia lakukan. Kalau Hikarin, Ia ingin mencoba hal yang baru yaitu fokus untuk bercosplay dengan tema Webtoon dan game seperti Identity V, intinya Ia ingin mencoba cosplay selain dari anime. Untuk Thames sendiri, Ia akan meng-cosplay kembali karakter-karakter yang dia pernah cosplay dulu. Ia ingin membandingkan perkembangan karakter cosplaynya yang dulu dengan sekarang. Terakhir adalah Yukiko, Ia hampir sama seperti Angie, yaitu akan banyak cosplay sebagai karakter-karakter Arknights, selain itu dia juga akan cosplay karakter-karakter dari Azur Lane. Tentu saja Ia juga akan melakukan photoshoot cosplay untuk kedepannya. Kemudian mereka mempromosikan merchandise-merchandise mereka seperti photobook, poster, dan lain-lain, jika membeli merchandise mereka kita bisa men-support mereka untuk tetap semangat berkreasi di dunia cosplay.

Setelah itu, tidak lupa Nara dan Layla mengumumkan pemenang finalis cosplay kontes CSS. Pemenangnya adalah Freda Takao, Ia adalah orang yang cosplay menjadi Gatot Kaca dan Gisha Ardelia Salsabila yang cosplay sebagai Aris dari Seven Knights. Sebagai penutup sesi akhir, guest star menyampaikan kesan dan pesan mereka terhadap CSS dan kepada fans. Selesai sudah, tidak lupa Nara dan Layla mengucapkan terima kasih kepada guest star atas partisipasi mereka yang sudah meramaikan CSS. Bersedih hati, Nara dan Layla mengalihkan host kepada Riksa dan Miyu.

Riksa dan Miyu juga bersedih harus mengucapkan selamat tinggal kepada guest star dan kepada fans. Mereka berharap semoga akan ada CSS yang selanjutnya dan bisa menjadi host lagi. Demikian mereka mengakhiri stream dengan berlapang dada dan meratapi akhir pada CSS hari ini. Fans yang menonton dan staff pun ikut meratapi penutupan ini dengan meramaikannya di live chat, dengan begitu berakhirlah stream hari ketiga CSS.

Terima kasih kepada pihak CSS karena sudah mengadakan event yang sungguh meriah ditengah-tengah pandemi, dan juga sudah memberikan kami kesempatan untuk meliput event ini. Terima kasih juga kepada Nijisanji ID yang telah meramaikan 3 hari streaming sebagai host, dan tentunya juga terima kasih kepada guest star yang ikut berpartisipasi dalam meramaikan CSS Vol.2 ini. Sampai jumpa lagi di artikel liputan Nippon Club yang berikutnya ya!

Penulis : MiwMiw

Editor: Yaya