Konnichiwa minna-san! Apa kabar? Semoga minna-san baik-baik saja dan sehat selalu. Artikel Nippon Club minggu ini akan membahas tentang salah satu makanan Jepang yang sangat populer yaitu ssushi.

Sushi sendiri memiliki banyak jenis seperti Nigirizuzhi, Temakizuzhi, Makizuzhi, Sashimi dan lain-lain. Selain jenisnya yang banyak, bahan-bahan yang digunakan juga beragam. Sushi biasanya dihidangkan dingin dengan pelengkap hidangan berupa shoyu (kecap asin), gari (jahe) dan wasabi. Tapi apakah cara minna-san memakan sushi sudah benar?

Cara memakan sushi ada 2, yaitu menggunakan tangan secara langsung dan menggunakan sumpit. Sushi dimakan bersama sedikit wasabi dan shoyu. Orang Jepang biasanya tidak mencampurkan wasabi dengan shoyu pada mangkuk yang sama. Hal tersebut dapat merusak rasa shoyu dan sushi. Sangat tidak disarankan untuk mencampurkan wasabi dengan potongan sushi karena dapat merusak rasa sushi. Gari sebaiknya dimakan pada jeda antara memakan potongan sushi. Hal tersebut dikarenakan Gari memiliki rasa yang sangat kuat pada lidah.

Apakah minna-san biasanya mencelupkan nasi sushi ke dalam shoyu? Hal tersebut merupakan sesuatu yang dilarang karena dapat menyebabkan nasi berjatuhan dan rasa sushi tidak maksimal. Sebaiknya, hanya topping sushi saja yang dicelupkan ke dalam shoyu karena shoyu dapat memaksimalkan rasa sushi.

Apakah minna-san sering memakan sushi dengan cara digigit menjadi beberapa potongan? Hal tersebut juga tidak disarankan karena dapat membuat potongan-potongan sushi berjatuhan. Orang Jepang menyarankan untuk memakan potongan sushi secara utuh. Pada umumnya ukuran satu buah sushi dapat masuk ke dalam mulut.

Cara lainnya yang agak rumit ketika memakan sushi adalah memakan sushi dengan posisi nasi berada di atas toppingnya. Artinya sebelum dimasukkan ke dalam mulut, sushi tersebut dibalik terlebih dahulu, dicelupkan ke dalam shoyu lalu dimasukkan ke dalam mulut. Hal tersebut dapat membuat sushi lebih nikmat karena topping yang langsung dikecap oleh lidah.

Ada beberapa jenis sushi yang sebaiknya dimakan secara langsung, misalnya sushi dengan jenis sashimi. Sashimi adalah sushi yang tidak memiliki nasi sama sekali. Cara memakan yang baik adalah tanpa menggunakan sumpit karena dapat merusak tekstur ikan. Oleh karena itu, cara yang paling tepat ketika memakan sashimi adalah menggunakan tangan. Jangan lupa untuk mencelupkan potongan sashimi kedalam shoyu untuk memaksimalkan rasanya.

Chef akan sangat menghargai kita sebagai konsumen ketika memiliki etiket yang baik saat memakan sushi buatan mereka. Butuh waktu yang panjang dan proses yang rumit untuk mejadi koki sushi professional. Untuk membuat nasi sushi yang baik saja diperlukan minimal sepuluh tahun lho! Minna-san, jangan lupa untuk makan makanan sehat dan bergizi, rajin mencuci tangan, serta menerapkan physical distancing. Sekian untuk artikel kali ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya minna-san!

Source:

https://www.tripsavvy.com/how-to-eat-sushi-1458298

https://www.tablespoon.com/posts/know-your-sushi-types-and-terms-before-ordering

Author: Aditchii

Editor: NvM