Apakah Jepang menjadi salah satu destinasi liburan musim semi anda selanjutnya? Artikel kali ini akan membahas salah satu destinasi wisata di Negeri Sakura. Apakah Minna-san pernah melihat bangunan yang terbuat dari emas?

Melihat cincin emas, gelang emas, berbagai perhiasan emas merupakan hal yang biasa. Tetapi melihat bangunan yang terbuat dari emas, ini merupakan hal yang luar biasa. Kuil Kinkakuji(金閣寺、Golden Pavilion)merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika singgah ke kota Kyoto. Kyoto sendiri merupakan salah satu kota di Jepang yang terkenal karena warisan budayanya. Banyak bangunan kuno yang sampai saat ini masih terawat dan dijadikan objek wisata.

Kinkakuji terletak di bagian utara Kota Kyoto. Dinding lantai dua dan tiga Kinkakuji dilapisi kertas emas yang membuat Kinkakuji terlihat mengagumkan dari kejauhan. Bangunan asli Kinkakuji terbakar pada tahun 1950. Bangunan yang ada sekarang merupakan replika. Desain arsitekturnya juga sedikit diubah, misalnya penambahan patung Phoenix pada atap kuil dan desain atap yang berbentuk piramida.

foto Kinkakuji yang diambil pada tahun 1930

Di sekitar Kinkakuji juga dibangun taman yang dinamai kaiyū-shiki-teien (回遊式庭園). Taman atau paviliun ini sering disebut juga The Golden Pavilion. Selain paviliun ini, ada juga kolam yang dinamai Kyōko-chi (鏡湖池, Mirror Pond). Taman ini dibangun sesuai desain era Muromachi. Desain taman ditandai oleh pengurangan skala, tujuan yang lebih sentral dan pengaturan yang berbeda. Pendekatan minimalis dibawa ke desain taman, dengan menciptakan lanskap yang lebih besar dalam skala yang lebih kecil di sekitar struktur utama.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kinkakuji adalah musim semi dan musim gugur. Siang hari yang terik merupakan saat terbaik untuk berswafoto di tempat ini karena warna emas Kinkakuji akan terlihat sangat menawan. Kombinasi antara warna dedaunan merah-kuning musim gugur atau bunga sakura dengan Kinkakuji juga akan meningkatkan estetika foto.

Bagi para pecinta fotografi, memotret Kinkakuji di saat yang tepat merupakan kepuasan tersendiri. Sekitar pukul dua hingga empat sore merupakan saat yang tepat karena cahaya matahari menyinari bagian selatan kuil. Untuk harga tiket masuk ke lokasi wisata ini adalah ¥400 (sekitar Rp 52.000,-). Cukup murah bukan?

Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk melihat keindahan Kinkakuji secara langsung? Sebaiknya, kalian menunggu kesempatan yang tepat setelah keadaan membaik ya. Jangan lupa untuk makan makanan sehat dan bergizi, rajin mencuci tangan, serta menerapkan physical distancing. Sekian artikel kali ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Source:

https://www.ultrawidelife.com/kinkakuji-temple-golden-pavilion-and-sakura-in-shijo-dori/

https://en.wikipedia.org/wiki/Kinkaku-ji

Penulis: Aditchii

Editor: NvM