Pembalap sim racing asal Indonesia , Ilham 'Alphablue' Shaq berhasil lolos ke babak perempat final regional Asia Pasifik di kejuaraan bergengsi Logitech McLaren G Challenge Asia Pacific 2020. Ia menduduki peringkat ke-6 dari lebih dari 200 pembalap esport yang terdaftar pada musim pertama kejuaraan kali ini. Penentuan peringkat dari pembalap yang lolos ditentukan oleh mode time trial, di mana masing-masing pembalap harus mencatatkan catatan terbaiknya dalam 6 minggu berturut-turut di sirkuit yang berbeda.

Ilham 'Alphablue' Shaq memulai 6 minggu perjuangannya untuk lolos ke babak perempat final regional Logitech G Challenge Asia Pacific 2020 dengan tidak mudah. Ilham mengatakan bahwa pada awalnya ia cukup kesulitan untuk beradaptasi dengan platform Project Cars 2 yang digunakan pada turnamen kali ini.
"Project Cars 2 memberikan tantangan yang sedikit berbeda karena memiliki handling yang cukup berbeda dibandingkan dengan platform lainnya, sehingga saya harus belajar ekstra keras selama 6 minggu ini untuk mendapatkan hasil terbaik," imbuhnya.

Di minggu pertama, Ia harus berusaha ekstra keras untuk menempati peringkat ke-7 pada sirkuit Indianapolis yang ada di Amerika menggunakan mobil McLaren 650s GT3. Namun setelah itu, performanya yang konsisten membuat ia tidak pernah terlempar dari posisi 10 besar pada klasemen setiap minggunya, dan ia mencatatkan hasil terbaik pada minggu ke-5 di sirkuit Nurburgring dengan meraih peringkat 5.

Pembalap esport yang kini tergabung dalam tim Gamasala Racing Esport ini mengatakan bahwa ia akan berusaha semakin keras untuk babak perempat final yang akan dilaksanakan secara online, untuk bisa mendapatkan tiket ke final regional Asia Pasifik. "Hal ini pasti berat karena Asia Pasifik memiliki banyak pembalap esport bertalenta seperti rekan saya Andika ataupun Fadhli, dan juga Daniel dari Australia yang merupakan mantan pembalap dari Mercedes eSport, namun saya akan mencoba sebaik mungkin karena ini merupakan suatu kesempatan yang langka." , pungkasnya.

Kejuaraan bergengsi Logitech McLaren G Challenge merupakan kompetisi yang dihasilkan dari kerjasama antara Logitech dan McLaren untuk mencari talenta berbakat dari dunia balap simracing, yang nantinya akan mendapat kesempatan untuk menjajal mobil balap sungguhan dari McLaren. Selain Ilham, Indonesia juga mengirimkan 2 wakil lainnya dari musim pertama, yakni Andika Rama Maulana dan juga Fadhli Rachmat.