Halo minna-san! Kembali lagi dengan kami dari divisi jurnalistik Nippon Club. Kali ini kami akan membahas tentang acara seminar online yang dilaksanakan oleh Nippon Club, yaitu Seminar Maintenance Model Kit. Seminar ini dilaksanakan pada Minggu, 27 September 2020 lalu melalui aplikasi Microsoft Teams. Pada acara ini, Nippon Club telah mengundang seorang narasumber untuk memberitahu cara atau tips dalam merawat model kit. Silahkan simak detailnya lebih lanjut di artikel ini ya!

Acara dibuka dengan sambutan oleh Antonio Michael Kurniawan dan Vincent Thorian. Setelah itu, mereka berbincang sedikit dengan peserta-peserta seminar mengenai apa itu model kit. Antonio dan Vincent menjelaskan secara singkat, bahwa model kit adalah sebuah hobi yang digemari oleh banyak orang yang suka dengan film atau animasi Jepang. Model kit ini sendiri rata-rata diangkat dari film atau animasi terkenal yang pasti tidak asing di telinga kalian, yaitu Gundam. Setelah itu mereka mempersilahkan narasumber kita untuk acara ini, Batara Indraghani. Setelah meperkenalkan dirinya secara singkat, Batara pun memulai seminar dengan topik pertama yaitu placement.

Pada topik pertama ini, Batara menjelaskan tentang cara penempatan yang bagus untuk model kit. Menurut Batara, model kit bebas untuk diletakkan di meja, dipajang rak, bahkan bisa ditaruh di dalam kotak pc. Tetapi, ada beberapa tempat yang tidak boleh untuk menaruh model kit ini, yaitu tempat yang terkena sinar matahari. Plastik dari model kit dapat memuai bahkan rusak apabila terkena sinar matahari terlalu lama. Selain itu, kalian juga harus memperhatikan seberapa tebal bahan plastik pada model tersebut. Apabila plastik model kit lumayan tipis, maka model kit disarankan untuk tidak diletakkan di tempat yang panas karena plastik akan lebih cepat memuai.

Setelah itu Batara melanjutkan ke topik kedua pada seminar ini, yaitu cleaning atau cara membersihkan model kit. Untuk memperpanjang umur dari model kit, model kit tersebut harus dibersihkan beberapa bulan sekali. Selain itu, Batara juga menjelaskan cara untuk membersihkan model kit yang tidak dicat, caranya adalah dengan menggunakan kain atau tisu. Namun, jika ingin lebih aman, kalian bisa menggunakan kain halus yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata, dengan catatan jangan terlalu kasar ketika membersihkannya ya guys!

Contoh Model Kit dari Bandai (Kiri), Kotobukiya (Tengah), dan Aoshima (Kanan)

Jika ingin membersihkan model kit yang sudah dicat, kalian bisa menyemprotnya dengan menggunakan Air Brush. Jika kalian tidak mempunyai air brush, kalian bisa menggunakan kuas yang biasa dipakai untuk makeup. Beberapa model kit yang sudah sangat berdebu bisa dibersihkan dengan cara mencucinya dengan air. Cara mencuci model kit bisa dengan menggunakan air mengalir atau mencucinya langsung di baskom.

“Model kit tanpa cat (Kiri), Model kit dengan cat (Kanan).”

Lanjut ke topik selanjutnya yang merupakan topik terakhir pada seminar ini yaitu damage check and repair. Pada topik ini, Batara membahas tentang cara dan tips memperbaiki kerusakan-kerusakan yang dapat terjadi pada model kit. Kerusakan yang pertama adalah ketika ada joint atau sendi yang menjadi kurang licin karena sudah tua. Hal ini dapat diatasi dengan memberikan cement untuk melicinkannya kembali.

Tipe kerusakan kedua adalah ketika bagian model kit patah. kalian bisa menghubungkannya dengan menggabungkanlarutan dari cement dan potongan kecil plastik dari runner model kit. Batara menambahkan bahwa potongan kecil runneryang digunakan harus memiliki kesamaan warna dengan bagian yang patah. Setelah itu, untuk model kit yang warnanya mulai pudar dapat dicat ulang menggunakan painting spray atau bisa juga dengan menggunakan spray can. Biasanya cat khusus untuk model kit juga dijual di beberapa online shop.

Acaranya tentu tidak selesai sampai disitu saja, acara ini dilanjutkan dengan berbincang-bincang dengan peserta seminar. Hal-hal yang dibicarakan mulai dari saran model kit yang mudah dirakit, model kit apa saja yang sudah pernah dirakit, dan lain-lain. Dari banyaknya perbincangan, ada salah satu perbincangan yang seru, yaitu ketika membicarakan tentang model kit yang paling seru untuk dirakit. Ketika membicarakan ini, Batara sangat semangat membicarakannya. Menurut Batara, model kit yang paling seru untuk dirakit dibanding dengan model kit yang lain adalah model kit Zoids. Zoids itu sendiri adalah salah satu animasi Jepang yang bertema Mecha, yang dimana robot-robot pada animasi tersebut semuanya berbentuk binatang.

Kami berterimakasih kepada para staff dari Nippon Club yang sudah mengadakan seminar online ini. Terima kasih juga kepada narasumber karena sudah menyempatkan diri untuk datang dan membagikan ilmu-ilmu yang bermanfaat ini. Sekian liputan untuk acara Seminar Maintenance Model Kit ini, nantikan artikel liputan Nippon Club selanjutnya ya!

Author: Red & MiwMiw

Editor: Aditchii